Kemudahan Proses Belajar dan Sertifikasi Guru Indonesia Melalui GuruInovatif.id

sertifikasi guru indonesia
Sertifikasi Guru Indonesia oleh GuruInovatif.id. Sumber : freshservice.com

Dunia pendidikan tentu menjadi sarana yang sangat penting dalam tatanan hidup semua orang. Sejak dulu juga kita sudah ditanamkan nilai-nilai pendidikan baik itu pendidikan formal melalui sekolah ataupun pendidikan informal melalui kehidupan kita sehari-hari. Keberhasilan tiap individu dalam memperoleh pendidikan juga harus ditopang dari banyak hal, seperti kesadaran masyarakat, sarana pendidikan yang memadai, biaya yang terjangkau dan juga kecakapan para pengajar dalam memberikan ilmu pelajaran.

Jangan Mau Kalah dengan Teknologi
Khususnya di masa pandemi sekarang ini proses belajar mengajar mendapatkan rintangan yang cukup besar. Kesulitan untuk bertatap muka tentunya akan mengurangi efisiensi proses belajar mengajar. Sehinggaa dibutuhkan cara yang inovatif dari guru. Namun untungnya itu semua bisa diselamatkan karena adanya teknologi yang terus berkembang menjadi seperti sekarang ini.

Seorang guru yang kita tahu pastinya adalah sosok yang tugasnya adalah mengajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya. Tapi apakah tugas guru hanya sebatas mengajarkan? Tentu tidak. Guru juga perlu meningkatkan kemampuan mereka masing-masing baik dalam ilmu yang selama ini mereka tekuni ataupun hal-hal baru yang bisa menambah wawasan mereka. Bukan hanya perlu mempersiapkan materi yang akan diajarkan setiap harinya tetapi juga guru belajar memberikan variasi dalam cara mengajar atau guru belajar menggunakan teknologi zaman sekarang ini untuk menunjang proses belajar mengajar.

online certification GuruInovatif.id
Sumber : hugo.team

Saya memanglah bukan seorang guru. Tetapi saya memiliki beberapa teman yang berprofesi sebagai guru dan beberapa dari mereka sering membahas mengenai proses pelatihan guru dan juga sertifikasi guru. Ntah itu untuk menunjang karir mereka atau juga mereka bisa berbagi pengalaman dengan rekan-rekan lainnya sesama guru. Karena ilmu itu tidak akan habis walaupun dibagi sebanyak apapun, justru ilmu akan semakin bertambah karena fungsi dari sharing itu dapat membuka pengetahuan masing-masing dan saling mengisi jika ada kekurangan.


Semudah Membalikkan Telapak Kaki
Kenapa telapak kaki bukannya telapak tangan? Membalikkan telapak kaki kan susah. Sebagian orang pasti berpikiran seperti itu padahal sebenarnya membalikkan telapak kaki sangat mudah hanya saja tidak tahu caranya. Membalikkan telapak tangan kita tinggal memutar tangan sedangkan membalikkan telapak kaki tentu sulit jika kita memutarnya sehingga kita harus melipat kaki kita ke belakang dan telapak kaki akan menghadap ke atas.

Ilustrasi barusan sama halnya dengan mengenai bagaimana guru bisa mengupgrade kemampuan mereka masing-masing di zaman sekarang ini. Di zaman sekarang yang sudah semakin canggih ini tentunya kita harus bisa bersaing dengan orang lain untuk menjadi yang terbaik. Pepatah lama yang berbunyi "biar lambat asal selamat" sudah tidak berlaku lagi di zaman ini, sekarang harus berubah menjadi "siapa yang cepat dia yang dapat". Zaman teknologi canggih sekarang ini sudah sangat memudahkan kita bahkan dalam hal pendidikan pun kita bisa memperolehnya hanya dengan genggaman tangan ataupun hanya tetap di rumah saja menggunakan gadget yang ada.

upgrade skill
Sumber : meritstore.in

HAFECS melalui platformnya yaitu GuruInovatif.id memberikan segala kemudahan untuk para guru inovatif yang ingin mendapatkan pembelajaran untuk metode belajar yang sudah pasti dengan teknologi yang kekinian. Belanja online sudah ada sejak lebih dari sepuluh tahun yang lalu, kita tidak perlu lagi capek-capek pergi ke toko untuk membeli barang yang kita inginkan. Sama halnya dengan ini, guru inovatif bisa memperoleh metode pengajaran dan pelatihan hanya dengan memanfaatkan teknologi. Para guru inovatif bisa memanfaatkan gadget yang ada untuk mendapatkan layanan dari GuruInovatif.id.

produk layanan GuruInovatif.id
Sumber : guruinovatif.id

Secara garis besar, GuruInovatif.id memberikan empat layanan; Online Certification (sertifikasi online untuk para guru dengan berbagai topik sesuai dengan minatnya), Mini Course (berbagai pilihan kursus online yang bisa diakses secara gratis atau berbayar dan bersertifikat), Productivity Course (meningkatkan kemampuan bagaimana cara mengajar yang efektif, efisien dan tentunya inovatif) dan yang terakhir adalah Live Webinar (seminar online dari berbagai narasumber berpengalaman di bidang pendidikan).

Di GuruInovatif.id para guru inovatif bisa mendapatkan segudang keuntungan mulai dari kursus untuk meningkatkan soft skill, ada juga event yang bisa mendapatkan pengetahuan dari orang-orang yang berpengalaman pastinya hingga adanya sertifikasi dari setiap kursus ataupun event yang sudah kita tempuh melalui platform ini. Di samping itu juga ada kompetisi yang diadakan oleh GuruInovatif.id yang bisa juga memotivasi para guru inovatif di seluruh Indonesia.

contoh materi pelatihan GuruInovatif.id
Sumber : guruinovatif.id

Di pilihan Online Event kita bisa bebas memilih topik yang ingin kita pelajari. Semua materi sudah disiapkan oleh narasumber yang berpengalaman dan disuguhkan dalam bentuk video sehingga sangat memudahkan kita memahami setiap penjelasan dari pembicara. Semua materi dimulai dari yang bisa didapatkan secara gratis sampai yang berbayar. Deskripsi mengenai materi yang akan kita dapatkan sudah dituliskan di halaman depan sehingga kita bisa menentukan cocok tidaknya materi tersebut untuk kita. Ulasan dari pengguna lain juga dicantumkan sehingga kita bisa melihat rating dari materi pembelajaran.

Sehingga dalam sebuah kursus materi pembelajaran kita akan mendapatkan video penjelasan mengenai materi, materi dalam bentuk dokumen, tugas yang berfungsi merefresh kembali hasil pembelajaran dan tentunya adanya online certification sebagai bukti keikutsertaan dan keberhasilan memahami materi. Jika masih ada yang masih kurang dipahami juga sudah disediakan kolom diskusi sehingga antar sesama pengguna pun bisa saling sharing tanya jawab. Materi yang disuguhkan juga ada masa berlakunya mulai dari sebulan, dua bulan bahkan enam bulan. Jadi jangan takut jika kita ingin mengulang pembelajaran kita bisa membuka ulang materi kita.

Sepertinya Tertarik Nih
Untuk mulai proses sertifikasi guru di GuruInovatif.id ini hanya dengan menjalankan lima langkah mudah. Pertama-tama pastinya silahkan membuat akun terlebih dahulu, gratis. Masukkan data diri dan ingat email dan kata kunci yang digunakan untuk masuk ke dalam dashboard GuruInovatif.id.

tampilan dashboard GuruInovatif.id
Tampilan Dashboard GuruInovatif.id. Sumber : guruinovatif.id

Selanjutnya kita bisa memilih program yang kita inginkan. Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa platform ini menyediakan empat layanan utama yaitu Online Certification, Mini Course, Productivity Course dan Live Webinar. Bisa dicek apakah mau dimulai dengan yang gratis atau langsung berbayar. Untuk mempelajari materi kita bisa mendapatkan beberapa yang gratis tetapi untuk dokumen materi dan sertifikat kita harus melakukan pembayaran.

Setelah kita memilih dengan mantap kursus yang mau kita jalani, segera lakukan pembayaran. Jangan terlalu memusingkan biaya karena materi yang gratis pun sudah dikemas sedemikian rupa yang membuat pendengarnya bisa mudah untuk dimengerti dan dipahami. Jadi semua yang disuguhkan tentunya sudah sangat bermanfaat, kita tentunya mendapatkan segudang manfaat dari semua yang kita bayarkan.

Setelah itu kita sudah bisa memulai belajar materi yang sudah kita pilih dengan fleksibel, di mana pun dan kapan pun. Lakukan semua urutan materi mulai dari menonton video materi, mempelajari dokumen materi dan juga mengerjakan tugas yang sudah disiapkan untuk mengulang materi.

Setelah semuanya dijalankan dan memahami keseluruhan isi materi pembelajaran kita bisa mendapatkan e-certificate yang diterbitkan sebagai tanda bahwa kita sudah memahami satu bidang ilmu tertentu.

Keunggulan GuruInovatif.id
Jika kita membandingkan dengan zaman dulu di mana kita sering membeli buku untuk menambah ilmu sedangkan zaman sekarang sudah dimudahkan dengan adanya teknologi. Sehingga kita cukup memanfaatkan peralatan yang kita punya dan kita dapat menambah ilmu hanya lewat internet.

Selain itu juga khususnya selama pandemi ini di mana ruang gerak kita terbatas, kita tidak bisa pergi ke mana saja dengan bebas. Dengan adanya teknologi seperti GuruInovatif.id ini sangat membantu kita bisa tetap produktif tetap belajar tetap berlatih walaupun tidak harus bertemu langsung dengan orang lain.

Keunggulan lainnya adalah materi yang disajikan sangat jelas karena juga dilengkapi dengan video dan materi dokumen plus juga diakhiri dengan adanya tugas sehingga proses belajar bisa berulang-ulang.

Harga yang ditawarkan juga tidak mahal jika kita lihat dengan apa yang kita dapatkan, paket komplit. Yang mungkin kalau kita harus mengambil pelatihan atau sertifikasi di suatu lembaga akan memakan biaya yang lebih mahal.

Penutup
Sangat mudah, bukan? Ya, seperti yang saya katakan di awal. Semudah membalikkan telapak kaki. Sebenarnya mudah kalua saja kita tahu caranya. Kita tentunya mengharapkan GuruInovatif.id semakin berkembang baik dari jangkauan penggunanya juga dari segi materi yang disuguhkan. Peran GuruInovatif.id

lomba blog GuruInovatif

8 Komentar

  1. Keren nih, bisa sertifikasi online jadi guru-guru makin di upgrade terus. Sekarang emang jamannya teknologi, mau nggak mau harus terampil ngajar online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak. Zaman teknologi sebenarnya sangat membantu kita, apalagi di zaman pandemic begini :)

      Hapus
  2. Semua memang dimudahkan oleh teknologi di zaman sekarang, pelatihan guru juga bisa lewat online di guruinovatif.id, ada kursus online baik gratis maupun berbayar, ada cara mengajar yang baik dan efektif, webinar dan tentu saja sertifikat online.

    Hidup guru Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat dimudahkan memang mas apalagi di zaman pandemi begini serba keterbatasan jadi sangat cocok.

      Hapus
  3. Kita samaan punya banyak kenalan profesinya guru, mas ...wwkk.
    Tapi aku kurang paham seluk beluk tentang sertifikasi, taunya pelatihan biar mereka itu diangkat jadi PNS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang ada semacam syarat gitu mas kalau macam mau naik golongan atau jabatan

      Hapus
    2. Jadi, bener juga ya mas ... itu syarat biar naik kelas, *eh golongan.

      Mas Frans admin anakdomba, ngga milih profesi jadi gurukah ?

      Hapus
    3. Haha nggak mas, saya lebih baik belajar daripada ngajarin. Dulu ngajarin adek belajar ngerjain PR aja malah marah-marah 🤣

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama