Review Game Stardew Valley

Review Game Stardew Valley

Review Game Stardew Valley
- Mungkin banyak dari kalian yang menyukai game simulator berkebun seperti Harvest Moon yang legendaris saat zaman PS1 dulu. Setelah Harvest Moon sukses menjadi pionir game berkebun maka bermunculanlah banyak game lainnya dengan menggunakan konsep yang sama dan bahkan Harvest Moon itu sendiri membuat sekuelnya hingga ke PS2 dan konsol lainnya. Kali ini ada Stardew Valley yang akan kita bahas, mengusung konsepnya yang sama dengan Harvest Moon tapi yang membuat perbedaan yang mencolok adalah grafik dari game ini yang sangat sederhana. Kenapa sederhana? Karena masih menggunakan piksel yang besar-besar alias grafis kotak-kotak.

Tampilan Game Stardew Valley

Tampilan Game Stardew Valley

Tampilannya benar-benar sangat sederhana di mana piksel yang digunakan masih sangat besar sehingga gambarnya masih terlihat kotak-kotak sekali. Developer game dengan sangat pede membuat game dengan tampilan yang sesederhana ini di saat sekarang game berlomba-lomba untuk menyajikan grafis yang menyejukkan mata. Memang sih game ini bukan baru banget diluncurkan, tepatnya tahun 2016, tapi di tahun itu juga masih banyak game lainnya yang menggunakan grafis yang jauh lebih baik.

Tapi apakah dengan grafis itu game ini tidak punya peminat? Salah besar, di sisi lain justru karena game ini memiliki grafis yang sederhana jadi bisa dimainkan di device mana pun di zaman sekarang ini tanpa adanya lag yang mengganggu dan bisa dibilang fpsnya cukup baik. Tidak heran game ini disebar di semua device untuk bermain mulai dari pc, konsol hingga mobile dengan menggunakan ponsel.

Baca Juga : 5 Game Android Yang Mengasah Otak {alertInfo}

Inti Permainan Stardew Valley

Sama dengan pendahulunya Harvest Moon, game ini adalah sebuah game yang menjadikan kita sebagai tokoh untuk mengurus sebuah ladang milik keluarganya. Setiap harinya kita harus berkebun dengan cara menanam tanaman kemudian memanennya jika sudah berbuah, dilanjutkan juga dengan berternak hewan seperti ayam, sapi, domba, lebah dan lainnya. Hewan ternak itu semua akan menghasilkan juga dan masuk ke kantong kita sebagai pundi-pundi uang.

Selain berkebun juga kita harus bersosialisasi dengan warga sekitar, berhubungan baik dengan orang lain dan bisa memberikan hadiah jika seseorang sedang berulang tahun. Bersosialisasi juga bisa dilakukan dengan menghadiri festival yang diadakan di alun-alun desa. Selain itu juga kita bisa mencari pasangan hidup kita dan bisa menikahinya juga, sama seperti Harvest Moon.

$ads={1}

Perbedaan Stardew Valley dan Harvest Moon

Yang pertama adalah jelas dari segi grafisnya, walaupun Harvest Moon diluncurkan sudah lebih dari 20 tahun yang lalu tapi grafis Harvest Moon setidaknya lebih baik dari Stardew Valley yang pixel art. Dari segi permainan, Stardew Valley mengembangkan beberapa cara bermain sehingga tidak monoton hanya berkebun saja. Di Stardew Valley kalian bisa sekaligus menghias seisi ladang kalian semuanya dengan barang-barang yang ada di inventory.

Bukan hanya itu saja, barang-barang yang ada di game ini bukan hanya dibeli tapi juga bisa dibuat sendiri menggunakan material yang bisa didapat dari alam seperti bebatuan alam. Game ini mengombinasikan cara berkebun dan juga crafting barang-barang yang jika dijumlah mungkin ada hingga ratusan atau bahkan ribuan benda yang ada di dalam game ini.

Selain itu juga di game ini memungkinkan player akan bertemu dengan monster-monster saat menambang di dalam tanah. Kalian bisa menggunakan pedang untuk menyerang dan pelindung untuk bertahan dari serangan musuh. Sehingga saat menambang di dalam tanah, kalian diberikan dua buah bar yang menunjukkan stamina kalian untuk menggali dan juga bar yang lain menunjukkan nyawa yang kalian miliki jika bertarung dengan monster-monster.

Yang Spesial dari Game Stardew Valley

Kabarnya sih di game ini kalian bisa menikah sampai berkali-kali, tapi saya sendiri belum membuktikannya karena belum menikah. Selain itu juga game ini memiliki banyak sekali peralatan yang dibutuhkan saat crafting sehingga untuk membuat benda A membutuhkan benda B di mana untuk mendapatkan benda B kita harus membuat benda C terlebih dahulu. Itulah yang membuat banyak player ketagihan dengan game ini karena begitu banyak achievement yang harus dikerjakan untuk mendapatkan barang-barang yang ada.

Penutup

Grafis yang sederhana tidak memutuskan asa game ini untuk mendapatkan tempat di hati penggemarnya. Terbukti game ini sukses di semua device permainan dan pernah juga mendapatkan penghargaan sebagai game terbaik. Untuk memainkannya di ponsel kalian juga bisa download game Stardew Valley ini di PlayStore tapi tidak gratis tentunya, kalian harus membayar sekitar 70 ribu rupiah untuk menikmati game ini. Selamat mencoba.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama