5 Game Android Yang Mengasah Otak

Game Android Yang Mengasah Otak

Game Android Yang Mengasah Otak
- Siapa bilang game hanya bisa membawa efek buruk buat pemainnya? Anggapan itu sebjatinya sudah ditinggalkan sejak lama karena bermain terbukti bisa membantu kita untuk menghilangkan stress asalkan dimainkan di porsi yang sewajarnya dan tidak memainkan game yang terlalu kompetitif yang justru bisa menambah stress.

Berikut ini adalah beberapa game yang bisa kalian mainkan dan terbukti bisa mengasah otak dan bahkan saking mengasah otaknya masih banyak orang yang tidak mengerti bagaimana trik memainkannya. Beberapa dari kalian mungkin sudah pernah memainkan beberapa game yang berikut ini.

$ads={1}

Game Android Yang Mengasah Otak

1. Sudoku

Game yang berasal dari negara Jepang ini bisa kalian mainkan saat santai di rumah. Buat kalian yang belum pernah memainkannya sama sekali bisa memulainya dari level terendah dulu. Tapi jika sudah semakin mahir dan merasa tertantang untuk yang lebih sulit bisa mencoba yang level master atau expert.

Inti permainan ini adalah menempatkan angka 1 sampai 9 di kotak berukuran 3x3 tanpa adanya pengulangan, sehingga masing-masing angka 1 sampai 9 menempati 1 kotak di matriks 3x3 tersebut. Selain 3x3 kecil ada juga kotak 3x3 yang lebih besar sehingga total kotak dalam permainan ini berukuran 9x9.

Jika tadi disebutkan angka 1 sampai 9 masing-masing ada di kotak 3x3 yang kecil, angka 1 sampai 9 juga ditempatkan masing-masing di garis horizontal dan vertikal. Itu artinya dalam satu garis lurus mendatar atau menurun ada angka 1 sampai 9 tanpa pengulangan (dalam satu garis tidak akan ada angka yang sama).

Belakangan formasi kotak permainan ini bukan hanya monoton 9x9 saja tapi divariasikan dengan bentuk-bentuk yang lebih menarik. Dan juga ada beberapa bidang permainan yang memungkinkan garis diagonal berisikan angka 1 sampai 9 sehingga lebih memudahkan pemain untuk mengisi angka yang tepat.

2. Nonogram

Permainan ini juga tidak kalah serunya, permainan ini di negara eropa zaman dulu banyak dikerjakan oleh orang-orang di surat kabar saat menunggu kereta di stasiun. Sekilas terlihat simple tapi permainan ini juga tidak bisa asal menempatkan titiknya.

Dasar permainan ini adalah menitikkan titik hitam di kotak-kotak yang telah disediakan. Bantuannya adalah adanya angka-angka yang sudah disediakan di mana angka tersebut menjelaskan berapa banyak titik yang bisa digambarkan tetapi posisinya tidak ditentukan sehingga kita harus pintar-pintar menghitung kotak yang tersedia.

Untuk level awal terlihat seperti kotak biasa saja yang diisi titik-titik tetapi untuk level tinggi yang kotaknya sudah sangat banyak maka akhirnya titik-titik tersebut akan menghasilkan sebuah gambar yang menarik.

3. Chess

Siapa yang tidak tahu permainan yang satu ini, catur sudah ditemukan sejak lama dan konon berasal dari negara India dulunya. Permainan catur dimainkan oleh dua orang yang berada di sisi putih dan hitam.

Permainan catur menggerakkan sejumlah bidak di atas papan kotak-kotak berwarna hitam dan putih berukuran 8x8. Bidak yang dimainkan memiliki fungsinya masing-masing dan mempunyai tugas berbeda-beda.

Zaman sekarang bermain catur sudah bisa dimainkan dimana pun dengan memanfaatkan teknologi. Kalian bisa memainkannya melalui ponsel atau website. Kalian juga tidak perlu khawatir jika tidak mempunyai teman yang ingin bermain karena sekarang sudah ada fitur online yang memungkinkan kalian bermain dengan siapapun dari belahan dunia lainnya.

Baca Juga : Cara Bermain Catur Online di Chess.com {alertInfo}

4. Water Puzzle

Salah satu game android ini yang juga kebetulan saya mainkan cukup menarik walaupun sederhana. Menuangkan cairan dari gelas kaca yang satu ke gelas kaca lainnya tapi dengan aturan hanya bisa mempertemukan warna yang sama.

Inti permainannya sebenarnya hampir mirip dengan solitaire yang dulu sangat dikenal karena permainan wajib yang ada di komputer Windows. Tidak terasa ternyata saya bermain game ini sudah sampai level 400 lebih dan belum tahu maksimalnya ada di level berapa.

5. Minesweeper

Minesweeper juga merupakan game wajib yang ada di komputer Windows sejak dulu. Buat pengguna Windows apalagi angkatan tua pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan ini.

Inti permainannya adalah menebak di mana kotak-kotak yang aman, tidak ada ranjau daratnya. Jika kita memilih kotak yang ada ranjau daratnya maka semua akan meledak dan langsung kalah.

Jujur dulu saya tidak mengerti cara bermainnya, saya kira hanya sekedar tebak-tebak asal saja kotak yang mana yang kira-kira aman dari ranjau. Ternyata angka-angka yang ditunjukkan merupakan petunjuk di mana ranjau itu berada. Kita harus berpikir dan menganalisa kira-kira di mana letak ranjaunya dengan melihat petunjuk angka-angka tersebut.

Penutup

Masih banyak permainan lainnya yang mengasah otak dan bahkan bisa dibilang sebagai penguji IQ seseorang. Semua permainan tadi sudah bisa kalian mainkan melalui playstore ataupun appstore secara gratis. Walaupun beberapa game masih memiliki banyak iklan di dalamnya, tapi tidak terlalu mengganggi kok. Selamat mencoba.

4 Komentar

  1. Nenek ndeso buta game hadir, Bang Siregar. Ikut menyimak. He he ....

    BalasHapus
  2. wah minesweeper.. games buat ngisi waktu istirahat di kantor, lumayan juga buat pamer sama temen di sebelah.. hahahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama