Tips Merawat Handphone Agar Tetap Awet

Tips Merawat Handphone Biar Awet

Tips Merawat Handphone Agar Tetap Awet
- Handphone yang dulunya merupakan kebutuhan tersier atau termasuk golongan barang mewah, sekarang ini handphone sudah bisa dikategorikan sebagai barang primer atau kebutuhan utama. Ini bisa dilihat dari lingkungan kehidupan kita sehari-hari, hampir semua orang saat ini pasti memiliki handphone untuk melakukan aktivitas setiap harinya.

Ini juga tidak bisa dihindari karena handphone sudah menjadi bagian dari identitas diri. Sekarang ini bahkan jika ada tindak kejahatan atau hal lain, yang diperiksa pertama kali adalah handphone. Ini menunjukkan karena memang aktivitas masyarakat banyak dilakukan melalui handphone.

Tips Merawat Handphone Kalian Agar Tetap Awet

Karena penggunaannya yang sangat lama setiap harinya, bisa dibilang lebih dari 75% aktivitas setiap harinya menggunakan handphone maka sebaiknya kalian menjaga dengan baik ponsel kalian agar tetap awet. Berikut ini beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menjaga keawetan ponsel kalian.

$ads={1}

Jangan Ngecas Sambil Dipakai

Saya pribadi biasanya ngecas handphone itu di malam hari saat tidur jadi besok paginya sudah terisi penuh dan siap digunakan. Biasanya kalau handphone masih baru maka baterainya masih sangat awet, satu kali pengecasan akan awet seharian dan bahkan bisa saja sampai di malam harinya tidak menyentuh setengahnya.

Beda lagi kalau kalian sangat sering menggunakannya untuk menonton video misalnya atau bermain game, pasti handphone kalian akan semakin cepat kehabisan daya. Biasanya kalau sudah kehabisan daya kita tidak sabar untuk menunggu atau mungkin ada yang nanggung jadi mau tidak mau handphonenya dicas sambil digunakan.

Kebiasaan ini sangat tidak disarankan karena akan menyebabkan aliran listrik di dalam perangkat ponsel kalian tidak stabil karena adanya aliran listrik yang masuk dan keluar. Kebiasaan ini yang sering membuat baterai ponsel kalian menggembung dan kalau sudah begitu pasti sudah soak dan harus diganti. Kasus terparahnya adalah handphone bisa meledak.


Jangan Terlalu Panas, Merusak Layar

Pemakaian yang terlalu lama akan membuat baterai menjadi panas. Karena ponsel bentuknya kecil maka panas tersebut akan terus menjalar ke semua bodi dan membuat ponsel itu menjadi panas seluruhnya.

Ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena ponsel yang panas akan membuat layar handphone juga panas. Layar yang terlalu panas bisa membuat kerusakan lama kelamaan. Kecerahan layar bisa berkurang dan kasus terparah bisa membuat beberapa titik layar akan mati dan terlihat bintik-bintik hitam.

Gunakan Case dan Anti Gores

Banyak alat-alat yang sekarang ini diperjualbelikan sebagai aksesoris handphone kalian, di antaranya adalah seperti casing dan anti gores. Kedua aksesoris ini bukan hanya sebagai hiasan tapi juga sangat menjaga ponsel kalian dari kecelakaan ringan dan tentunya akan semakin awet. Terlebih lagi buat kalian yang suka menjual kembali handphone lama kalian maka alat-alat seperti ini wajib kalian miliki.

Casing dan anti gores ini sangat berguna untuk menjaga bodi handphone kalian dari lecet karena seringnya digesek di saku ataupun tas. Casing juga bisa menjaga bodi handphone kalian dari benturan jika terjatuh. Saya pernah punya pengalaman handphone baru dua hari dibeli sudah jatuh dan langsung ada bekas lecetnya. Makanya alat ini sangat berguna.

Gunakan Airplane Mode Untuk Menghemat Baterai

Airplane mode memang sesuai namanya digunakan saat kita bepergian naik pesawat agar semua sambungan bisa terputus. Trik ini juga bisa kalian terapkan agar menghemat baterai sekalipun tidak sedang di pesawat. Itu karena airplane mode akan mematikan sambungan operator atau wifi dan bahkan sambungan bluetooth.

Jika semua sambungan ini dimatikan maka baterai kalian akan sangat awet. Dan juga saat mengisi baterai atau mengecas kalian bisa sambil aktifkan airplane mode ini untuk mempercepat pengisian baterai.

Bersihkan File yang Tak Dipakai

File-file di file manager kalian pasti ada saja yang tidak digunakan dan akan semakin banyak junk di handphone kalian. Semakin banyak junk maka storage handphone akan semakin tidak efektif karena terbebani banyaknya data yang padahal tidak semuanya dibutuhkan.

Banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk membersihkan file-file sampah semacam ini. Bahkan di beberapa handphone sekarang sudah ada aplikasi bawaannya untuk melakukan maintenance perangkat termasuk membersihkan file junk.

Penutup

Cara-cara di atas bisa kalian lakukan untuk membuat handphone kalian semakin awet. Umur handphone pada umumnya dengan pemakainan normal akan tahan hingga lima tahun dan biasanya handphone harus diganti karena aplikasi dan sistem yang semakin tinggi requirementnya.

9 Komentar

  1. Secara teori saya tahu kalau tidak baik memakai HP saat dicas, tapi susah sekali menolaknya. Apalagi kalau ada urusan penting dengan HP itu. Harus lebih disiplin biar usia pakai HP jadi lama ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang mas, kalau memang tidak berlama-lama juga tidak terlalu merusak 😄

      Hapus
  2. ngeces sambil dipake itu hal dasar yang harus dihindari
    tapi kadang susah ya makanya kalau bisa diset ngeces pas kita engga ada urusan atau pegang HP seperti saat mandi atau tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas tidur memang waktu terbaik buat ngecas sih gan

      Hapus
  3. Saya sangat menghindari ngecas hape sambil dimainin. Saya juga selalu mengingatkan anak saya demikian. Hape saya selalu dipakai untuk hotspot, jadinya baterai cepat habis. Sehari bisa ngecas maksimal 3 x. Saya pakai OPPO Reno6 yang notabene kapasitas baterainya besar, tapi saat dijadikan hotspot, cepat terkuras habis. Jadi jangan deh dipakai hotspot, sebaiknya beli saja modem WiFi.

    Terima kasih banyak atas tipsnya. Insya Allah saya ingat baik-baik, biar bisa diterapkan di hape saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah apalagi kalo jadi modem tuh cepet banget panas apalagi kalo cas sambil nyala 😯

      Hapus
  4. Wah, aku pernah nih layarnya mati karena kepanasan. Parah banget kan sampai harus ganti lcd huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sampe ganti layar mahal banget itu mbak 😅

      Hapus
  5. Nah ini, penyakit lama, ngecas tapi sambil mainin hp, dalihnya karena ada chat penting yang harus di balas, trus malah lupa n bablas buka sosmed. agak susah memang

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama