Cara Bermain Catur Online di Chess.com

Main Catur Online di Chess.com


Bermain catur cukup popular di negara kita dan biasanya di tempat umum juga banyak kita temui orang-orang sedang bermain catur. Bahkan ada juga yang mengadakan semacam kuis di jalanan atau di terminal buat siapa saja yang bisa mengalahkannya dalam beberapa langkah berhak mendapatkan hadiah yang sudah disediakan (biasanya rokok). Sekarang kalian tidak perlu susah-susah buat main catur karena sekarang sudah bisa main catur online melawan komputer atau juga bisa melawan orang lain di mana pun. Sudah banyak situs atau aplikasi yang menyediakan permainan asah otak yang satu ini, salah satunya adalah chess.com.


Sejarah Catur

Dikutip dari situs Wikipedia dijelaskan bahwa permainan catur ini sudah ditemukan sejak abad ke 7, tepatnya di India yang berasal dari permainan India bernama chaturanga dan nama inilah diyakini menjadi asal muasal sebutan catur di Indonesia. Jenis catur pada saat itu sebenarnya banyak dan mungkin beberapa ada yang masih eksis sampai sekarang, seperti catur Jepang atau catur Korea yang hanya memainkan bidak-bidak berbentuk bundar yang berwarna hitam dan putih.

Pengenalan Catur

Papan Catur Tampak Atas

Catur adalah sebuah permainan di atas bidang kotak-kotak berukuran 8x8 yang identik dengan warna hitam dan putih yang dimainkan oleh dua orang saja. Pemain diberikan buah catur sebanyak dua baris (depan dan belakang) dan diisi oleh buah-buah yang berbeda dan memiliki jenis langkah yang berbeda-beda.

Masing-masing pemain diberikan buah catur seperti raja, menteri, gajah, kuda, benteng dan pion. Raja dan menteri masing-masing berjumlah satu buah dan prajurit lainnya seperti gajah, kuda dan benteng masing-masing berjumlah dua yang dijajarkan di samping kanan dan kiri raja dan menteri. Sementara buah pion sebanyak delapan buah dibariskan di barisan depan melindungi buah-buah catur lainnya di barisan belakang.

Beberapa Aturan Dasar Bermain Catur

Secara dasar permainan catur dimainkan oleh dua orang dan dimulai dari pemain yang memilih buah catur berwarna putih. Setelah pemain menjalankan buah catur maka akan dilanjutkan dengan pemain lawan menjalankan langkahnya, tidak boleh ada skip langkah.

Semua buah catur bisa bergerak bebas maju dan mundur sementara buah pion hanya boleh maju ke depan (tidak boleh mundur) dan jika sudah mentok sampai depan buah pion boleh ditukar dengan buah catur lainnya yang sudah mati. Tujuan utama bermain catur adalah mematikan raja lawan yang disebut dengan skak-mat atau checkmate dalam istilah internasionalnya.

Grandmaster Catur dari Indonesia

Chelsie Monica Saat Turnamen Catur

Indonesia juga tidak kalah bersaing di dunia catur internasional. Indonesia sendiri memiliki 8 Grandmaster sampai saat ini (dikutip dari laman Wikipedia). Mereka adalah Novendra Priasmoro, Utut Adianto, Edhi Handoko, Cerdas Barus, Ruben Gunawan, Ardiansyah, Susanto Megaranto (Grandmaster termuda) dan Herman Suradiradja (Grandmaster pertama). Grandmaster itu sendiri adalah sebuah gelar tertinggi yang bisa dicapai oleh seorang pecatur dan gelar ini merupakan gelar seumur hidup.

Permainan Catur yang Semakin Terkenal

Di tahun 2020 Netflix sebagai penyedia tontonan streaming film mengeluarkan film serial pendek terbarunya yang berjudul The Queen's Gambit. Film ini menceritakan tentang seorang anak perempuan yang kehilangan orang tuanya yang kemudian dititipkan di panti asuhan. Di sana dia melihat seseorang bermain catur dan mulai mempelajarinya hingga dia mengalahkan semua orang di sekolahnya dan masuk ke klub catur sekolah. Yang sampai dewasa memenangkan banyak turnamen catur hingga  ke seluruh dunia. Film ini ternyata cukup diminati penonton Indonesia dan masyarakat banyak yang mulai membicarakan mengenai catur.

Serial Netflix, The Queen's Gambit

Ditambah lagi adanya kasus yang baru saja terjadi beberapa waktu lalu di mana salah seorang pemain Indonesia bernama Pak Dadang atau sering disebut dengan DewaKipas mengalahkan salah seorang pecatur hebat melalui aplikasi chess.com. Kasus itu semakin hype sejak Pak Dadang dilaporkan karena melakukan kecurangan dalam memainkan catur melalui platform tersebut. Pak Dadang dilaporkan dan akunnya sampai diban oleh chess.com. Kasus ini sempat viral dan membuat netizen Indonesia bergerilya menyerang pecatur luar negeri yang berakun GothamChess itu.

Kedua berita di atas semakin membuat catur popular khususnya di Indonesia. Sempat dikabarkan bahwa penjualan bidak catur meningkat tajam sejak itu dan ludes terjual. Sejak itu juga banyak orang yang baru ingin mempelajari bagaimana cara bermain catur. Bukan hanya bermain langsung di atas papan catur, keinginan main catur online di chess.com juga sangat meningkat tajam dan postingan kali ini kita bahas apa sih sebenarnya chess.com itu.

Apa Itu Chess.com?

Chess.com adalah sebuat aplikasi online yang memungkinkan kalian untuk bermain catur online, kalian bisa bermain catur online melawan komputer atau juga dengan orang lain yang real. Kalian juga bisa bermain sebagai tamu jadi tidak perlu mendaftarkan akun sehingga cocok buat kalian yang ingin coba-coba dulu. Aplikasi ini bisa kalian temukan langsung di situs chess.com atau juga kalian bisa bermain lewat aplikasi di playstore, ketikkan saja chess.com pasti langsung ketemu.

Cara Bermain Catur Online di Chess.com

Tampilan Menu Play di Chess.com

Kalian cukup buka situsnya dan langsung kelihatan pilihan permainannya, kalian bisa bermain dengan orang secara random, kalian bisa bermain melawan komputer, ada puzzle juga, bahkan sampai ada pelajarannya juga kalau kalian mau serius mempelajari bermain catur.

Untuk permulaan kalian bisa langsung play online saja dan sistem akan mencari lawan secara online. Mainkan pertandingan pertama kalian, waktu yang diberikan maksimal 10 menit dan jika waktu habis belum ada pemenang maka akan dihitung berdasarkan poin buah catur yang tersisa.

Setiap habis bermain, poin kalian akan dihitung dan akan diakumulasikan terus dan dimasukkan ke dalam leaderboard jika sudah berada di poin yang cukup tinggi.

Keunggulan Chess.com

Chess.com memiliki perbedaan dari aplikasi bermain catur online sejenis lainnya, seperti yang saya jelaskan barusan di chess.com kalian bisa bermain langsung dengan orang lain secara realataupun melawan komputer. Poin yang kalian dapatkan juga akan dihitung dan selalu diakumulasikan untuk ditandingkan dengan poin pemain-pemain lainnya. Ini tentu akan menambah semangat untuk terus bermain dan berkompetisi dengan pemain-pemain lainnya.

Tampilan Menu Lesson di Chess.com

Selain itu juga ada puzzle yang bisa kalian mainkan di aplikasi ini, sambil bersantai kalian bisa kira-kira menebak langkah apa yang paling cocok untuk menyelesaikan puzzle. Ini membuat bermain catur tidak melulu seperti itu dan akan tidak membosankan.

Keunggulan yang tidak kalah pentingnya adalah analisa, ya, setiap langkah kalian dianalisa jika bermain melawan komputer sehingga kalian bisa bermain sambil belajar. Bukan hanya itu, setelah selsai bermain juga aplikasi akan melakukan analisa terhadap permainan kalian barusan, kesalahan kalian ada di mana dan langkah-langkah terbaik kalian ada di mana. Tapi untuk analisa yang lebih dalam lagi kalian perlu mendaftarkan diri sebagai premium member. Kurang yakin? Kalian bisa kok mencobanya dulu dengan layanan free trial dari mereka selama tujuh hari ke depan dan kalian bisa menentukan apakah aplikasi ini benar-benar bisa mengajarkan kalian catur atau tidak.

Kesimpulan

Bermain catur sudah tidak susah-susah lagi harus membeli papan catur dan mencari-cari teman yang bisa diajak bermain. Cukup menggunakan ponsel, kalian bisa main catur online dengan orang lain di seluruh dunia ini. Belajar catur juga bisa dilakukan melalui platform ini sehingga sangat cocok buat kalian yang ingin serius menekuni dunia catur.

16 Komentar

  1. Tau aturan permainnya, tapi paling ga bisa maen catur. Gara2 Queen Gambit sama Pa Dadang, catur jadi makin ngehits gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, katanya penjualan online papan catur meningkat pesat karena fenomena ini 😁

      Hapus
  2. dulu suka banget main catur, sekarang tidak lagi karena kesibukan dunia nyata, he-he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa gan, semua punya prioritasnya masing-masing. Bermain hanya untuk menghilangkan stress 😁

      Hapus
  3. aku paling ga ngerti sama permainan yang satu ini.. wakakak.. cupu ya.
    enak sekarang bisa main online ga perlu beli papan catur lagi.. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara bermainnya simple sebenarnya mbak, tapi ternyata gerakinnya gak asal-asalan kayak orang kebanyakan. Sudah ada rumus-rumusnya :D

      Hapus
  4. Permainan catur mencuat gegara dewa kipas ni...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi gan, jadi banyak yang baru nyadar gitu sama catur

      Hapus
  5. bagi kiat sukses untuk menang dalam bermain catur dong mas. paham teori tapi pas eksekusi kalah mulu wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di chess.com sendiri ada cara bermainnya kok bahkan sampai cara yang benar2 profesional, tapi memang harus jadi member premium 😁

      Hapus
  6. dulu paling seneng main catur, sekarang udah enggak pernah nyentuh lagi permainan itu, memenang udh jarang main game sih, lebih suka jadi penonton aja.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton main catur bisa ngantuk banget rasanya gan 😆

      Hapus
  7. Halo bang, mengenai chess.com aku baru megetahuinya sejak beberapa waktu yg lalu viral nih. Dari akun Dewa Kipas yang mengalahkan Gotham Chess yaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga baru tahu, tapi ternyata sudah lama eksis dan pemain-pemain pro banyak main di sana

      Hapus
  8. Saya juga sering bermain catur di chess.com, tapi tidak pernah buat akun karena mainnya buat melepas bosan saja. Cuma ya itu, kalau tidak buat akun, tidak bisa lihat analisis pertandingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya bener gan. Main di sana juga bisa naik level gitu. Bisa saingan juga jadinyabsama temen 😁

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama