Game PS1 Terbaik Paling Memorable

Game PS1 Terbaik Paling Memorable

Game PS1 Terbaik Yang Paling Memorable
 - Sejarah perubahan grafis game terbaik salah satunya adalah saat PS1 diluncurkan dulu di tahun 1994 tepatnya di Jepang, kemudian masuk ke Indonesia kemungkinan beberapa tahun setelahnya dan pada saat itu saya mungkin masih SD. Untuk mendapatkan sebuah konsol PS1 pada saat itu Ayah saya menjanjikannya jika ada dari antara saya dan saudara saya yang memperoleh peringkat 3 besar di sekolah. Dan ternyata adik saya mendapatkannya dan Ayah saya pun menepati janjinya.

PS1 memberikan banyak sekali memori indah yang sampai sekarang masih banyak dikenang oleh penggunanya. Tidak heran masih banyak youtuber gaming khususnya di Indonesia yang masih memainkan game PS1 untuk sekedar bernostalgia kembali. Banyak game yang menjadi daya tarik PS1 pada saat itu dan di postingan kali ini kita mau bahas beberapa game yang asyik untuk dikenang sampai sekarang.

Game PS1 Terbaik Paling Memorable

$ads={1}

1. Harvest Moon

Harvest Moon PS 1

Siapa yang tidak tahu game yang satu ini, Harvest Moon. Sebuah game simulator untuk berkebun dan bertani dan juga bisa menata kehidupan dengan menikahi seorang gadis pujaan dan memiliki anak. Kalau dipikir-pikir grafisnya masih sangat sederhana dan terlihat masih kaku tapi dulu melihat game ini seperti melihat sebuah mahakarya. Sampai sekarang pun saya masih bisa mengingat dengan baik senandung lagu soundtrack di dalam game ini.

Penggemarnya tidak hanya laki-laki sejak dulu, teman saya yang perempuan pun ada juga yang memainkannya. Saking suksesnya Harvest Moon membuat sebuah game RPG yang berbeda dari yang lainnya, hingga dibuat sekuelnya yang berkepanjangan hingga ke PS2 dan PS Vita. Saat ini pun mungkin sudah ada ratusan game simulator bertani dengan basic yang sama dengan Harvest Moon.

Baca Juga : Review Game Stardew Valley {alertInfo}

2. Bishi Bashi

Bishi Bashi PS 1

Game yang satu ini merupakan sebuah game yang bisa dimainkan oleh dua orang menghadapi tantangan yang sama untuk mendapatkan nilai yang paling tinggi. Sebelum memulai permainan akan selalu diberikan petunjuk bagaimana cara memainkannya dan mendapatkan poin. Kata-kata yang sangat khas dalam game ini adalah "Attention!".

Banyak jenis permainan yang bisa dimainkan di game Bishi Bashi ini, mungkin jumlahnya mencapai puluhan. Ada tipe permainan yang membutuhkan konsentrasi karena harus mengatur timing yang tepat dan ada juga tipe permainan yang mengandalkan kecepatan tangan untuk memenangkan pertandingan. Tidak heran game ini terkenal dengan sebutan game yang paling merusak stick (controller).

3. Pepsiman

Pepsiman PS 1

Setiap mendengar kata Pepsiman disebutkan, di dalam hati saya sontak membacanya dengan nada karena dulu di game ini sambutan awalnya adalah menyebutkan kata Pepsiman itu dengan nada khas. Bagaimana dengan kalian? Game ini membutuhkan kecekatan pemainnya untuk bermain karena tipe bermainnya adalah Pepsiman akan berlari terus menerus tanpa bisa berhenti dan harus melewati berbagai macam rintangan di perjalanan.

Pepsiman bisa menghindarinya dengan melompat atau merosot ke bawah, Pepsiman juga bisa mempercepat larinya atau pun agak sedikit mengerem. Di perjalanan Pepsiman harus mengumpulkan kaleng Pepsi yang berjumlah seratus dan di akhir perjalanan selalu berhenti di mesin penjual minuman otomatis dan dia meminum sekaleng Pepsi. Buat kalian yang sulit membayangkannya, game sekarang ini yang mengikuti prinsip bermain Pepsiman adalah Subway Surfer.

4. Super Shoot Soccer

Super Shoot Soccer PS 1

Banyak penggemar sepakbola yang juga bermain game sepakbola di konsol Playstation, katakanlah Winning Eleven atau FIFA. Tapi bagaimana dengan bermain bola menggunakan skill kungfu yang sebenarnya tidak masuk akal di dalam kehidupan nyata? Inilah Super Shoot Soccer, sebuah game sepakbola yang sejatinya lebih mengedepankan hiburannya daripada taktik atau formasi untuk bermain.

Setiap negara memiliki skill khususnya masing-masing dan sangat unik. Saat skill diaktifkan akan ada efek-efek yang menambah efek dramatis dalam bermain game ini. Nama-nama pemain bola di game ini semuanya disamarkan, tidak ada yang menampilkan nama asli, mungkin karena game ini tidak mau membayar lisensi untuk itu. Jagoan saya dulu adalah Argentina dan pada saat itu bintangnya adalah Batistuta yang di game itu berubah namanya menjadi Lagosteta. Skill negara Argentina adalah melakukan tendangan super kencang dan 99% akan menciptakan gol dan bahkan dalam jarak yang sangat jauh sekalipun.

5. Crash Team Racing (CTR)

Crash Team Racing CTR PS1

Ya
, game ini masih ada sampai sekarang dan bahkan hingga ke PS5 masih di-remastered. Tapi tahukan kalian cikal bakal game ini adalah sejak PS1 dulu. Permainan ini adalah balapan gokart seperti biasanya tapi dibedakan dengan adanya senjata dan jebakan yang bisa digunakan saat balapan. Game ini sangat fun dimainkan bersama keluarga atau teman-teman karena akan banyak canda tawa saat bermain game ini.

Jika dulu saya bersama saudara dan teman saya bisa memainkannya hingga 4 player dengan menggunakan alat khusus, sehingga layar TV akan terbagi 4 yang membuat tampilannya semakin kecil, di zaman sekarang ini sudah ada fitur online yang memungkinkan bermain dengan orang lain di mana pun dan bisa muat hingga 8 player untuk satu balapan. Tapi sekarang ini game ini lebih mengarah ke kompetitif dengan memanfaatkan speed booster dan sudah banyak pro player online untuk game CTR ini.

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi game-game menarik yang memorable di zaman PS1 dulu seperti Metal Slug ataupun Suikoden, tapi lima game di atas cukup mewakili beberapa game yang bisa dibilang hampir semua orang tahu game itu saking terkenalnya. Game dulu dan sekarang sudah agak berubah di mana game dulu masih mengedepankan fun ketimbang grafisnya dan sebaliknya game zaman sekarang lebih mengutamakan grafis dan sudah jarang menemukan game yang fun karena lebih mengarah ke game yang kompetitif.

12 Komentar

  1. Semuanya pernah main hihi. Tapi yg paling berkesan Final Fantasy 9, soalnya sambil belajar Bahasa Inggris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nih mantab, sambil menyelam minum air 😁 saya juga dulu banyak tahu istilah english dari game gan 😁

      Hapus
  2. Harvest Moon dan CTR memorable banget buat saya. Cuma kalau pengen seru-seruan main ramai-ramai, enak main CTR

    BalasHapus
  3. Dari semuanya aku cuma tau harvest Moon hha, kalau yang lainnya tau tapi belum pernah mainin.. Wah sayang banget gak nyobain semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah ada emulator kok gan, bisa dicobain semuanya 😁

      Hapus
  4. Hadir dan ikut menyimak, Bang Siregar.

    BalasHapus
  5. Yang pernah aku mainin itu Harvest Moon dan Pepsiman. Tapi, Pepsiman sering banget mati jadi kesel sendiri hahaha. Kalo Harvest Moon emang legend banget sih. Udah nyobain juga di PS selanjutnya kayak PS 2 gitu tapi aku tetep suka yang di PS 1. Mungkin karena lebih sederhana dan lebih familiar makanya seneng dengan yang versi PS1. Dulu rasanya bangga banget maen Harvest Moon tanpa pake cheat hahaha 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru pake cheat jadi gak seru ya 😆 saya pernah pakai cheat malah jadi bosen karena udah kaya duluan

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama