5 Tips Hemat Beli Game Nintendo Switch

Tips Hemat Beli Game Nintendo Switch

Tips Hemat Beli Game Nintendo Switch - Harga game biasanya di awal peluncurannya akan sangat tinggi di ranah dunia game konsol seperti PlayStation atau Nintendo. Untuk sekelas game AAA di awal peluncurannya bisa dibanderol mulai dari 600 ribuan sampai di atas 1 juta rupiah untuk satu gamenya. Kalau untuk game yang levelnya ada di bawah AAA biasanya dibanderol sekitar 300 ribu sampai 600 ribu per game. Tidak heran banyak pengguna yang menunggu hypenya mereda dulu agar harga game-game tersebut bisa turun sedikit demi sedikit.

Tapi fenomena harga game yang turun itu paling identik dengan konsol PlayStation, contohnya saja seperti game Uncharted 4 di PlayStation 4 dulu. Di awal peluncuran harga normalnya masih mahal sekali, mulai dari 600 ribu ke atas. Tapi coba lihat harganya sekarang, karena sudah lama berlalu maka harga kaset barunya pun tinggal sekitar 300 ribu sampai 400 ribu dan belum lagi jika ada diskon dari toko tertentu.

Fenomena tadi agak berbeda dengan konsol Nintendo yang sangat terkenal akan gamenya yang mahal. Kenapa mahal? Karena harganya tidak turun walaupun hype game tersebut sudah habis. Contohnya saja game-game mario seperti Mario Odyssey yang sudah diluncurkan sejak 2017, itu artinya sudah 4 tahun berlalu dan lihat saja harganya berapa? Masih di sekitaran game Mario lainnya yang baru saja dilaunching seperti Super Mario 3D World.

$ads={1}

Tips Hemat Beli Game Nintendo Switch

Maka dari itu banyak pengguna nintendo yang mencari akal bagaimana untuk menekan biaya untuk membeli game Nintendo Switch. Tips berikut ini bisa kalian coba jika kalian tidak mau mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk bermain Nintendo Switch.

1. Beli Game Fisik

Beberapa waktu yang lalu blog anakdomba sudah pernah membahas plus minusnya membeli game fisik atau digital Nintendo Switch. Ini merupakan salah satu keuntungan jika kalian membeli game fisik, bisa dijual kembali. Sebagai contoh kalau kalian membeli game Zelda dengan harga sekitar 700 ribu, kalian mainkan dan sudah tamat, kalian bisa menjualnya kembali dengan harga 400 ribu sampai 500 ribu. Dengan kata lain kalian bisa puas memainkan Zelda dengan harga sekitar 200 ribu sampai 300 ribu saja.

Tapi buat kalian yang ingin membeli game sekaligus mengoleksinya seperti saya ya cara ini tentu tidak akan cocok. Untuk melakukan jual beli game bekas juga kalian harus perhatikan aturan-aturan seperti masalah primary dan secondary account yang bisa berakibat paling fatal adalah konsol kalian nantinya bisa dibanned oleh Nintendo.


2. Secondary Account

Melanjutkan topik di atas tadi, kalian juga bisa menghemat membeli game dengan membelinya sebagai secondary account. Maksudnya gimana? Maksudnya adalah kalian sebagai tangan kedua di mana game itu aslinya dipegang oleh si penjual karena game Nintendo memang bisa dimainkan di beberapa konsol tapi hanya satu konsol yang bisa dijadikan sebagai pemegang game "asli"nya.

Apa kelebihan dan kekurangan menggunakan cara ini? Kelebihannya sudah pasti lebih murah. Kalau kalian sering menemukan harga game murah di market place jangan langsung mengira itu penipuan, bisa jadi seller menggunakan cara ini. Tapi metode ini juga memiliki kekurangan, jika seller kurang bertanggung jawab maka kalian bisa saja langsung didepak dari secondary accountnya dia karena primary account bebas menambah atau mengurangi akun yang tergabung ke dalam akunnya tanpa persetujuan akun itu sendiri.

3. Manfaatkan Diskon

Manfaatkan Diskon Beli Game

Kalau kalian sering membeli game fisik melalui online shop kalian bisa manfaatkan diskon yang biasanya diadakan harbolnas. Lumayan kan, bisa memotong harga game yang tadinya 700 ribu bisa berkurang hampir 50 ribu.

Kalau kalian lebih sering membeli game digital melalui eshop juga kalian bisa menunggu deal yang seru dari Nintendo. Nintendo sering melakukan cuci gudang untuk game-gamenya walaupun biasanya game andalan mereka sangat jarang mendapatkan diskon. Tapi untuk game lainnya kalian bisa banget menikmati diskon yang sangat besar. Pengalaman saya pernah membeli game melalui eshop dengan potongan harga 70% dan bahkan hampir 100% pun ada.

4. Sewa Game

Di market place juga kalian sudah bisa banyak menemukan jasa sewa game, prinsipnya sih hampir sama dengan secondary account tadi di mana kalian meminta untuk masuk ke akun primarynya. Untuk game fisik juga sepertinya ada jasa sewa game, kalian bisa meminjam kaset fisiknya untuk jangka waktu tertentu misalnya sebulan kemudian mengembalikannya lagi di akhir masa peminjaman.

5. Selesaikan Completion

Cara ini merupakan cara yang sering saya gunakan juga, caranya unik yaitu dengan memilih game dengan jumlah jam bermain yang bisa dikatakan lama seperti Zelda. Kalau kalian hanya mau menyelesaikan misi utamanya saja, Zelda bisa ditamatkan dalam waktu yang singkat. Tapi kalau kalian sudah pernah bermain Zelda pasti tahu berapa banyak completion yang bisa dilakukan di game ini. Selain misi utama kalian memiliki misi sampingan di game ini, hanya tugas-tugas yang ringan saja tapi sangat banyak.

Belum lagi yang terkenal dari game ini adalah mengumpulkan korok seed sebanyak 900 buah yang tersebar di seluruh peta dunianya. Membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan game ini jika kalian mau mendapatkan completion game 100%. Tapi keuntungan dari itu adalah kalian bisa fokus ke satu game ini saja sambil kalian bisa menabung untuk membeli game kalian berikutnya. Intinya kalian cari game yang memiliki gameplay yang panjang agar lebih worth it untuk meminangnya.

Penutup

Nintendo Switch memang terkenal dengan apa-apanya yang serba mahal. Tapi masih bisa diakalin kok dengan beberapa cara seperti di atas. Tapi tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Sebaiknya juga kalian pelajari terlebih dahulu apabila harus melakukan transaksi dengan metode di atas tadi.

2 Komentar

  1. Tipsnya boleh di coba nih mas, mengingat harga game sekarang semakin mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dicoba mas. Yang terakhir paling ampuh 😁

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama