Perbedaan Cloud IaaS Dengan VPS Serta Kegunaannya

Perbedaan Cloud IaaS dan VPS

Perbedaan Cloud Iaas Dengan VPS Serta Kegunaannya
- Dengan berkembangnya virtualisasi dan operasi jarak jauh, solusi cloud IaaS menjadi sangat digandrungi sekarang ini karena dapat menjawab hampir semua masalah IT. Mulai dari perusahaan startup hingga perusahaan besar memilih solusi cloud untuk meningkatkan kinerja sistem IT.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang perbandingan antara cloud IaaS dan VPS hosting, kita dapat membahas terlebih dahulu tentang virtualisasi dan cloud. Secara sederhana, cloud dan virtualisasi adalah membuat versi maya atau virtual dari suatu resource atau sumber daya, sehingga dengan menempatkan satu sumber daya fisik, beberapa sumber daya virtual dapat dijalankan atau disimpan sekaligus.

$ads={1}

Pada dasarnya, dengan teknologi yang dimiliki Cloud IaaS dan VPS hosting, pelanggan tidak perlu lagi memiliki infrastruktur fisik (CPU, RAM, Storage) dan sistem operasi terpisah, melainkan cukup menggunakan arsitektur cloud. Bukan hanya itu saja, pelanggan juga tidak perlu memikirkan tentang investasi dan perawatan pusat data, juga perawatan server agar server tersebut berjalan sepanjang waktu. Konsep dasar Cloud IaaS dan VPS Hosting hampir mirip secara teknologi. Namun keandalan, fleksibilitas dan ketersediaan menjadi indikator pembeda di antara keduanya.

Menurut IBM, IaaS adalah bentuk cloud computing yang memberikan sumber daya komputasi, jaringan, dan penyimpanan dasar kepada konsumen sesuai permintaan. Layanan IaaS dapat berjalan melalui internet dan biayanya relatif lebih efisien karena menggunakan sistem pembayaran pay-as-you-go.

Jika disimpulkan, layanan cloud IaaS pada dasarnya merupakan gabungan server fisik dan komputer virtual. Para penyedia layanan IaaS menyediakan resource cloud, seperti server, jaringan, ruang simpan, dan ruang data.

Dengan berbagai fiturnya, IaaS menawarkan segudang keuntungan yang dirasakan oleh penggunanya, antara lain :
● Tidak perlu repot mengatur konfigurasi dan melakukan perawatan rutin.
● Model cloud computing sangat fleksibel.
● Mudah melakukan distribusi penyimpanan data, server, jaringan, dan meningkatkan kemampuan pemrosesan secara otomatis.
● Layanan dapat dibeli sesuai dengan konsumsi.
● Pengguna memegang kendali penuh terhadap infrastruktur layanan.
● Resource dibeli berdasarkan kebutuhan

Salah satu penyedia cloud IaaS yang dapat dijadikan referensi untuk berlangganan cloud server provider Indonesia adalah lini bisnis cloud dari neuCentrIX dengan salah satu produknya neuCloud, yang menawarkan safe, secure & scalable cloud service. Didukung dengan data center colocation bersertifikasi Tier 3 menjadikan neuCentrIX sebagai perusahaan yang harus dijadikan prioritas utama untuk menjawab solusi cloud server.

Cloud IaaS sendiri bisa dibilang lebih unggul karena memiliki pilihan untuk mengintegrasikan resource komputasi tambahan jika diperlukan, seperti RAM, storage, CPU, bandwidth, dll. Semua ini bisa ditambahkah hanya dengan beberapa klik saja saat dibutuhkan, dan memungkinkan untuk dikurangi kembali apabila sudah tidak dibutuhkan lagi. Dengan kata lain Cloud IaaS dapat didefinisikan sebagai solusi yang menyediakan computing resource sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari customer.

Sumber gambar :
websiteplanet.com

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama