Tips SEO Blogger Pemula

Website Audit

Tips SEO Blogger Pemula
- Menjadi blogger pada dasarnya adalah membuat sebuah blog yang berisikan beragam informasi sesuai dengan apa yang ingin kita bagikan. Sederhananya hanya seperti itu.

Blog bisa hanya sebagai curahan isi hati kita atau juga sebagai tempat menuangkan memori-memori yang sudah kita jalani agar bisa terekam dan jika suatu saat ingin mengenangnya bisa melihatnya kembali.

Tapi blog juga bisa dijadikan sebagai tempat yang berisikan informasi yang mungkin banyak dibutuhkan orang-orang di luar sana. Blogger yang menjadikan blognya bukan hanya sebagai diary pasti harus tahu trik dan tips apa saja agar blogger pemula bisa mendapatkan kunjungan ke blognya.

SEO sudah menjadi barang tentu untuk mendapatkan pengunjung yang organik. Tips dan trik SEO saat ini sudah sangat beragam, mulai dari yang dasar hingga yang tahap expert.

Tips SEO Blogger Pemula

Kali ini kita mau bahas tips seo yang simple saja dan gampang diikuti oleh blogger pemula. Buat blogger yang sudah berpengalaman mungkin konten ini bisa dilewatkan saja karena ini memang dasarnya saja.

Tentukan Niche Blog

Niche adalah kategori konten yang kalian pilih untuk informasi-informasi di dalam blog kalian. Kategori ini penting karena search engine akan semakin mudah mengenali blog kalian karena adanya pengulangan kata-kata dan konsistensi dari konten yang kalian suguhkan.

Sebagai contoh, blog anakdomba ini berisikan informasi mengenai game, teknologi dan internet. Sebenarnya akan lebih baik lagi jika kalian bisa menentukan niche hanya satu saja. Jadi konten blog kalian akan sangat fokus di satu kategori saja.

Seperti blog ini yang memiliki tiga kategori sebaiknya bisa dipusatkan ke satu kategori saja, game misalnya. Jadi semakin fokus konten blog tersebut maka search engine akan semakin mudah menemukan blog kalian berdasarkan niche yang sudah kalian tentukan.

Optimasi Blog

Jika kalian sudah membuat isi blog kalian dengan tulisan-tulisan maka kalian harus melakukan optimalisasi di blog kalian sehingga situs blog kalian akan semakin duduk di peringkat tinggi dan halaman pertama google.

Salah satu optimasi tersebut adalah dengan membuat keyword yang tepat dan dicari banyak orang maka akan memperbesar kemungkinan blog kalian ditelusuri oleh mesin google. Sebagai contoh blog ini akan muncul di halaman pertama google jika kalian menuliskan "pengalaman kerja".

Pencarian keyword yang tepat ini bisa kalian dapatkan caranya di internet. Ada yang gratisan dan ada juga yang berbayar, masing-masing memiliki nilai plus dan minus.

Selain keyword juga kalian butuh backlink dari situs lain terutama dari situs yang kredibilitasnya lebih baik dari kalian. Sehingga google bisa saja mendapatkan blog kalian melalui alamat situs lain karena blog kalian sudah saling berhubungan.

Buat Domain

Agar terlihat lebih simple, cantik dan keren maka tidak ada salahnya kalian memilih domain untuk situs kalian. Pemilihan nama domain ini juga sebenarnya ada beberapa tips dan trik.

Jangan memilih domain yang terlalu panjang karena akan sulit untuk diingat pengunjung. Penggunaan huruf dan tanda baca lainnya juga tidak dianjurkan digunakan karena pengunjung akan sangat sulit mengingatnya dan akan ada kemungkinan kesalahan penulisan alamat situs nantinya.

Ekstensi domain juga kalian bisa pilih yang sering digunakan seperti .com, .net atau juga .id karena pengunjung sudah familiar dengan ekstensi domain barusan. Kalian bisa saja menggunakan ekstensi lain yang mungkin lebih murah seperti .web.id, .xyz, .info dan lain-lain. Tapi takutnya pengunjung salah menuliskan ekstensinya menjadi .com karena memang sudah familiar sekali.

Website Audit

Jika kalian masih sangat pemula juga bisa melakukan audit website dengan menggunakan jasa website audit. Dengan adanya jasa ini kalian bisa mendapatkan situs yang sudah dipastikan SEOnya berjalan dengan baik.

Jasa website audit ini sangat membantu buat kalian yang masih awam dengan apa yang harus dilakukan agar situs kalian gampang dikenal oleh orang lain.

Dengan adanya website audit ini, situs kalian akan sudah sangat proper mulai dari tampilannya yang sudah sesuai dengan SEO sampai teknik-teknjk yang benar-benar dibutuhkan dalam SEO.

Penutup

Tetap konsisten mengisi konten blog atau situs kalian agar kondisinya selalu terupdate dan google akan sangat senang denga situs yang kontennya selalu update.

2 Komentar

  1. Sampai sekarang, saya juga kadang masih bingung dengan SEO ini. Saya tidak begitu menerapkan ini di blog saya. Tapi anehnya, ada beberapa tulisan yang memang muncul di page one google. Fokus saya hanya menulis dengan konsisten di blog. Tapi setelah membaca ini, saya akan mencoba menerapkan SEO untuk blog saya. Terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sih mas, kunci utamanya masih di konsistensi sepertinya 😁

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama