Tips Buat Blogmu Tampak Profesional

Tips Blogger

Tips Buat Blogmu Tampak Profesional
- Tampilan blog yang dimiliki blogger profesional dan blogger pemula biasanya akan sangat terlihat jelas. Jika kalian pernah melihat tampilan blogger profesional yang sudah lama berkecimpung di dunia blog pasti rasanya sangat betah melihat tampilan dan konten-kontennya.

Tampilan blog yang profesional akan membuat pengunjung merasa nyaman dan yakin dengan konten yang disajikan. Belum lagi jika kita ngomongin soal iklan atau investor yang mau bekerjasama maka akan semakin meningkatkan kredibilitas blog atau situs kita di mata mereka.

Tips Buat Blogmu Lebih Profesional

Salah satu tips blogger ini sebenarnya sudah banyak dibahas oleh blogger-blogger senior dan profesional lainnya. Tapi tak ada salahnya jika kita merangkumnya agar lebih mudah dicerna.

Gunakan Template Berbayar

Apakah template blog yang berbayar merupakan harga mati agar blog tampak profesional? Tentu tidak, tapi hampir semua template berbayar itu memiliki beberapa keuntungan ketimbang yang versi gratisan.

Template berbayar biasanya sudah menyesuaikan dengan fitur-fitur yang ada saat ini sehingga sudah pasti tampilannya tidak ketinggalan zaman. Selain itu juga template berbayar biasanya sudah disetting agar mobile friendly dan sudah ramah SEO.

Fitur mobile friendly dan ramah SEO ini sangat penting buat kelangsungan blog kita. Kita tahu pengguna dan mungkin sebagian besar pengunjung situs atau blog kita yaitu melalui smartphone. Sehingga tampilan yang mobile friendly sudah jadi barang tentu agar blog kita terlihat kece.

Buat Tampilan Minimalis

Tampilan mininalis di sini artinya adalah tampilan yang tidak terlalu banyak menggunakan printilan-printilan baik itu berguna atau tidak yang justru bisa membuat tampilan menjadi tidak enak dipandang.

Warna yang kalian pilih juga bisa disesuaikan dengan situs kebanyakan dan sebaiknya hindari penggunaan warna yang terlalu cerah apalagi warna-warni. Sebaiknya pilih warna yang monochrome dan sebaiknya pembedaan warna di satu situs hanya tingkat kecerahannya saja, tidak perlu menggunakan warna yang berbeda-beda.

Kecepatan loading situs juga sangat penting dan jika situs kalian sudah minimalis maka waktu loadingnya akan semakin cepat dan tidak akan membuat orang merasa lemot saat berkunjung.

Panjang tampilan situs kalian juga sebaiknya tidak terlalu panjang sampai ke bawah. Kalian bisa menggunakan fitur semacam read more untuk mempersingkat tampilan home atau konten blog kalian.

Maksimalkan Widget

Selain poin tampilan barusan, widget juga sebenarnya hampir mirip dan masuk ke poin tersebut. Jika kalian mau tampilan yang minimalis dan profesional maka sebaiknya gunakan widget seperlunya saja.

Banyak widget yang bisa dipasang di sebuah blog tapi kalian harus tahu kalau semakin banyak widget yang dipasang maka akan semakin membuat situs blog kalian berat dan lama untuk melakukan loading. Terlebih lagi sebenarnya banyak widget yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan khususnya di situs blog kalian.

Ubah Nama Domain

Sudah pasti jika kalian mau terlihat profesional maka situs blog kalian wajib dan harus memiliki domain pribadi. Alamat domain pribadi akan sangat terlihat cantik dan profesional sekali.

Kalau kalian menggunakan platform blog gratisan seperti blogger juga kalian bisa menggunakan alamat domain sendiri sehingga alamatnya semakin singkat dan gampang diingat.

Proses menyambungkan blogger kalian ke alamat domain yang sudah kalian pilih juga sangat gampang. Seperti hanya melalukan penyetingan di bagian CNAME DNS blogger kalian dan hal-hal semacamnya. Kalian bisa pelajari pelan-pelan bagaimana cara membuatnya karena memang gampang.

Jika kalian sudah mengubah alamat domain menjadi pribadi sudah pasti kredibilitas situs blog kalian meningkat berkali-kali lipat.

Penutup

Tampilan yang sederhana justru akan semakin menampilkan hal yang elegan di blog kalian. Hal tersebut membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama mengunjungi situs blog kalian

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama