Tips Jualan Online Buat Pemula

Tips Jualan Online

Tips Jualan Online Buat Pemula
– Berjualan online sekarang ini sudah banyak dipilih orang-orang baik itu yang berjualan menjadi mata pencaharian utamanya atau juga hanya sebagai sampingan saja. Berjualan bisa dibilang jalan terakhir orang-orang yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan maka tidak heran baik itu jualan offline dengan memiliki toko atau lapak dan juga berjualan online saat ini ramai di 

Ditambah lagi kondisi saat ini sejak dua tahun lalu pandemi menyerang, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya dan memilih untuk berjualan. Karena memang berjualan tidak mewajibkan terlalu banyak persayaratan untuk bisa memulai. Pada prinsipnya kita hanya perlu menyiapkan barang dagangan kita dan mencari orang yang mau membeli barang tersebut.

Belum lagi kemajuan teknologi semakin memudahkan orang untuk bertransaksi jual beli secara online. Karena itu berjualan online bisa menjadi pilihan yang sangat baik buat kalian yang pemula dan ingin mencobanya.

Tips Jualan Online Buat Pemula

Berikut ini beberapa tips buat kalian yang ingin mencoba menjadi penjual online pemula.

Pilih Produk

Di tahap awal sudah pasti kalian harus menentukan produk apa yang ingin kalian jual. Kalian harus mengetahui apakah barang tersebut memang banyak dibutuhkan orang atau tidak, pergerakannya akan cepat atau tidak sehingga kalian bisa menentukan harga jual yang pas nantinya.

Untuk memudahkan pemilihan produk kalian bisa mulai dari diri sendiri dulu, barang apa yang kalian butuhkan dalam beberapa waktu belakangan ini, seberapa sering kalian mencarinya dan membutuhkannya.

Jika kalian sudah membuat daftar barang-barang yang kira-kira memiliki target pasar yang besar maka kalian tinggal cek kebutuhannya secara online. Selain itu juga kalian harus tahu bahwa semakin dibutuhkan suatu produk maka saingan kalian juga pasti akan banyak.

Sebar di Semua Marketplace

Setiap produk sebaiknya kalian sebar di semua marketplace yang ada saat ini terutama dua marketplace yang paling ramah di telinga masyarakat yaitu Tokopedia dan Shopee. Semakin banyak marketplace kalian sebarkan produk yang akan dijual maka akan semakin meningkatkan kemungkinan barang tersebut terjual.

Sebelum ke situ juga sebenarnya kalian bisa memasarkan produk di circle terkecil kalian seperti teman sekolah atau kerja atau juga tetangga yang memang kira-kira pasarnya masih masuk untuk mereka.

Media social juga kalian bisa manfaatkan seperti membuat postingan di facebook atau Instagram, tapi untuk pemula maka facebook akan menjadi pilihan terbaik karena kalian sudah pasti memiliki banyak teman di media sosial tersebut.

Jelaskan Produk

Saat memberi keterangan produk di kolom deskripsi, usahakan agar keterangan yang kalian berikan itu benar-benar jelas dan lengkap, jangan setengah-setengah. Sehingga itu membuat pembeli merasa yakin dengan spesifikasi yang dia inginkan.

Kalian juga bisa menambahkan beberapa foto produk dan bahkan video untuk semakin memperjelas. Sebagai tips kalian bisa menyematkan satu foto ptoduk aslinya sehingga pembeli bisa membayangkan aslinya seperti apa. Karena kita tahu terkadang foto-foto produk dari internet atau sumber aslinya sudah terlalu banyak melewati proses editing.

Ambil Untung Tipis

Untuk pemula kalian tidak perlu mengambil untung yang besar dulu, yang paling utama sebagai penjual pemula adalah kalian mendapatkan nama dulu di kalangan pembeli. Kalian harus berusaha mendapatkan market terlebih dahulu walaupun dengan untung yang tipis.

Kalian harus ingat kalau yang berjualan dengan produk yang sama pasti banyak juga, maka dari itu kalian harus bisa memenangkan pasar terlebih dahulu. Setelahnya barulah kalian bisa perlahan-lahan meningkatkan keuntungan kalian.

Manfaatkan Iklan

Untuk mempermudah produk kalian bisa dilihat calon pembeli sudah pasti salah satu caranya adalah dengan menggunakan iklan. Layanan iklan banyak digunakan penjual pemula untuk mendapatkan pelanggan seperti layanan iklan Facebook Ads, Tokopedia dan ada juga situs layanan iklan mandiri seperti https://iklanwangi.com.

Layanan-layanan iklan tadi kalian bisa manfaatkan karena bentuk iklannya juga bisa dikustomisasi. Apa artinya? Artinya kalian bisa menyesuaikan target pasar yang kalian inginkan baik itu berdasarkan umur pembeli, gaya hidupnya, hobinya dan lain-lain.

Penutup

Jika kalian sudah mengikuti beberapa tips tadi mudah-mudahan produk kalian bisa dikenal dan mungkin saja pembeli jika merasa puas akan kembali lagi membeli produk di tempat kalian lagi. Dan jangan lupa untuk tetap konsisten dengan terus berusaha walaupun masih dari dasar sekali.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama