Cara Mudah Bermain Sudoku

Cara Mudah Bermain Sudoku

Cara Mudah Bermain Sudoku
- Sudoku merupakan game yang pertama kali diciptakan di media Prancis yang kemudian dipopulerkan oleh Jepang dengan nama Sudoku. Sudoku merupakan salah satu game asah otak yang bisa kalian nikmati atau juga malah membuat stres karena tingkat kesulitannya.

Pada dasarnya permainan Sudoku ini adalah mengisi angka dari 0 sampai 9 ke dalam kotak-kotak kosong yang sudah disediakan. Tapi kenapa permainan ini bisa menjadi sulit dan menarik? Karena aturan permainan ini adalah memasukkan angka-angka tersebut tapi tidak boleh ada pengulangan angka di kotak atau pun baris yang sama.

Sebagai contoh, jika kalian memainkan sudoku dengan ukuran kotak 9x9 maka kalian harus mengisi angka 0 sampai 9 tadi di tiap baris dan kolom tapi tidak boleh ada pengulangan angka, masing-masing angka hanya boleh satu di kolom atau baris yang sama. Kotak 9x9 tadi juga dibagi lagi menjadi kotak yang lebih kecil berukuran 3x3 sebanyak 9 buah sehingga di dalam sebuah kotak besar berukuran 9x9 tadi memiliki kotak-kotak kecil berukuran 3x3 di dalamnya.

Aturan main tidak boleh ada pengulangan angka tadi tidak hanya di dalam baris dan kolom yang sama saja tapi juga di kotak kecil berukuran 3x3 yang baru kita jelaskan tadi. Di dalam kotak kecil berukurn 3x3 tersebut juga kalian hanya boleh memasukkan angka 0 sampai 9 masing-masing satu kali saja.Karena aturan permainan inilah membuat Sudoku menjadi salah satu permainan asah otak yang banyak digemari orang-orang.

Di awal permainan kalian akan diberikan beberapa clue angka di beberapa kotak yang bisa memudahkan kalian untuk memulai permainan asah otak ini. Semakin tinggi level kesulitannya maka biasanya clue yang diberikan awal tidak terlalu membantu karena memang sangat sulit.

Kalian bisa memanfaatkan clue ini di awal dengan cara melihat angka berapa yang diberikan. Misalnya kalian mendapati angka 4 maka secara logika angka 4 itu tidak boleh ada di garis yang sama lagi baik itu horizontal maupun vertikal. Selain itu juga secara logika kalian bisa berpikir kalau angka 4 itu tidak boleh lagi ada di kotak kecil berukuran 3x3 tersebut.

Sehingga cara mudahnya untuk di awal permainan adalah cari angka-angka clue yang sama di tiap-tiap kotak kecil 3x3 tersebut lalu kalian tarik garis ke atas bawah atau samping kanan kiri maka kalian bisa menentukan angka berapa yang bisa kalian isi untuk tahap awal.

Sebagai contoh, misalnya kalian menemukan angka 4 tadi di kotak kecil yang pertama di baris kedua, kemudian kalian lihat dua kotak kecil lainnya di samping kanannya, misalnya ada angka 4 di kotak kecil sebelahnya di baris pertama. Maka dari itu kalian sudah menyimpulkan bahwa di kotak kecil terakhir yang paling kanan, angka 4 sudah pasti ada di baris yang ketiga karena baris pertama dan kedua sudah tidak boleh lagi ada angka 4 sesuai dengan aturan permainan ini.

Jika kalian sudah bisa mendapatkan angka pertama kalian, ini akan membuka jalan kalian ke depan menjadi sangat mudah. Kalian bisa memulai dengan angka yang sama, jika kalian memulai tadi mencari angka 4 maka kalian cari saja angka 4 itu di mana posisinya di tiap kotak-kotak kecil tadi.

Setelah satu angka selesai kalian bisa mengulang dengan cara yang sama tadi dengan memanfaatkan angka clue yang lain. Semakin sedikit kotak yang akan kalian isi maka akan semakin mudah dan cepat permainan ini akan diselesaikan.

Penutup

Di zaman dulu permainan ini disebar luas di media-media cetak seperti koran dan majalah. Di era modern ini kalian bisa memainkannya secara digital baik itu melalui website atau juga aplikasi permainan di ponsel kalian.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama