Anakdomba.id Ganti Tampilan Blog

Anakdomba.id Ganti Template Premium

Seperti yang sudah saya jelaskan di laman tentang saya bahwa saya sudah memulai dunia blog sejak kuliah di tahun 2010. Sempat aktif ngeblog hingga tiga atau empat tahun lamanya dan akhirnya menyatakan hiatus dan aktif kembali di awal tahun 2021 ini. Dulu awalnya mengenal dunia blog karena tidak sengaja membaca buku mengenai melamar pekerjaan dan disebutkan buat sebuah blog, di situlah awal mulanya saya mengenal istilah blog.

Masuk ke dunia blog dan baru merasakan kenikmatan tersendiri melihat hasil tulisan kita sendiri di internet membuat saya banyak menghabiskan waktu untuk mengurus blog. Hampir semua blogger pemula akan melakukan hal yang sama saat memulai blog seperti salah satunya adalah mengubah tampilan blog. Saya juga sangat sering mengganti template blog saya dulu karena selalu merasa kurang puas, ada saja yang kurang sreg di tampilannya. Kenapa? Ya, karena template blog gratis, tinggal download template blog dan pasang di blog.

Anakdomba.id Ganti Template

Blog anakdomba ini juga awalnya menggunakan template gratis dari templateify untuk melihat-lihat dulu apakah memang sudah suka. Dari awal saya sudah suka dan sudah berjanji jika memang yakin pasti akan menggunakan template premiumnya dengan membayar lisensi. Pada akhirnya blog ini memutuskan mengganti tampilannya per tanggal 27 April 2021 kemarin.

Kenapa Ganti Template?

Jawabannya satu, karena suka. Bahkan template blog gratisnya saja saya sudah suka karena sesuai selera saya di mana hanya ada dua kolom dan tampilannya simple (tidak banyak pernak-pernik mengganggu). Karena saya suka dan saya ingin menghargai si desainer sehingga saya memutuskan untuk membeli template premiumnya. Selain itu juga tentunya ada perbedaan antara template standar dan premium yang membuat saya semakin tertarik.

 

Apa Perbedaan Template Sebelum dan Sesudah?

Mengenai perbedaannya, di sini akan saya bagi menjadi dua bagian yaitu perbedaan antara desain sebelum dan sesudah kemudian yang kedua adalah perbedaan antara template standar dan premium. Sebelum ke sana, di bawah ini merupakan tampilan blog saya sebelumnya dan yang sekarang ini, tampilan halaman utama dan halaman dalam blognya.

Template Anakdomba.id Sebelum dan Sesudah

Template Anakdomba.id Sebelum dan Sesudah


Perbedaan Desain Template Blog Sebelum dan Sesudah

Desain template blog yang saya gunakan sebelumnya disebut dengan desain Freebify sementara desain yang saya gunakan saat ini adalah desain Tech Mag dari templateify. Secara keseluruhan tampilannya sebenarnya hampir mirip, hanya saja perbedaannya terletak di halaman awalnya di mana sebelumnya saya menampilkan postingan khusus yang dihighlight sangat besar sementara sekarang ada empat postingan yang dihighlight di halaman depan dengan tampilan yang lebih kecil.

Tampilan Anakdomba.id Setelah Ganti Template Premium

Kemudian untuk tampilan postingan di halaman depan sebelumnya hanya menampilkan gambar postingan dan ada judul postingan di bawahnya sementara yang sekarang selain itu ada cuplikan sedikit mengenai isi postingan atau yang disebut dengan snippet.

Sementara untuk widget atau gadget yang berbeda adalah di bagian bawah atau hampir ke footer di mana sebelumnya saya masih bisa menampilkan widget di bawah hingga 3 kolom sementara sekarang sudah tidak ada, hanya ada section mengenai blog ini dan akun sosial media sehingga tampilannya semakin simple.

Perbedaan Template Blog Gratis dan Premium

Sekarang saya akan jelaskan apa yang membedakan antara yang sebelumnya (gratis) dan yang sekarang ini (premium berbayar). Sebenarnya banyak tapi mungkin akan saya jelaskan dari segi tampilan saja. Yang pertama adalah tampilan preview di tab atas blog ini di mana sekarang jika cursor diarahkan ke link navbar di atas akan menampilkan beberapa postingan di bawahnya, ini mereka sebut dengan ajax mega menu.

Tampilan Template Premium Blog Anakdomba.id

Kemudian perbedaan berikutnya adalah di kolom postingan blog di bagian akhir sudah bisa disematkan kolom mengenai penulis, kalau di versi gratisnya masih belum bisa. Kemudian di side bar juga bisa menampilkan postingan-postingan tertentu berdasarkan tag yang kita mau tampilkan. Dan di atas itu semua jika menggunakan template premium ini akan diberikan updatenya seumur hidup jika memang ada perubahan di templatenya.

Untuk kolom komentar juga memungkinkan kita untuk memilih jenis komentar dengan menggunakan akun facebook karena seperti kita tahu media sosial yang sangat berkembang pesat saat ini adalah facebook. Tapi untuk saat ini saya belum menggunakannya, masih setia menggunakan kolom komentar berbasis blogger.

Penutup

Semoga dengan diubahnya tampilan blog anakdomba.id ini semakin membuat pengunjung merasa semakin nyaman dan betah melihat tampilannya dan juga semakin mudah mencari informasi yang ada di blog ini. Mengenai harganya tidaklah mahal, hanya cukup merogoh kocek sebesar $9.95 saja. Saya membelinya menggunakan kartu kredit karena memang penyedia template ini bukan orang Indonesia. Itu saja curahan hati saya kali ini mengenai blog anakdomba.id. Bagaimana? Kalian suka nggak dengan tampilannya? Kalau kalian suka dan ingin membelinya, kalian tinggal beli melalui link pembelian ini.

6 Komentar

  1. Selamat template barunya, segar dan keren.

    BalasHapus
  2. selamat atas kelahiran template barunya.. hehe
    semoga makin semangat dan rajin ngeblog ya.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ashiaapp..semoga mbak. konsisten itu penting. semoga dengan target-target yang sudah dipasang bisa buat saya tetap konsisten :D

      Hapus
  3. Template nya keren, ringan banget juga mas

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama