Cara Mudah Membuat Google Form dan Gratis

Cara Membuat Google Form Mudah dan Gratis

Cara Membuat Google Form Mudah dan Gratis
- Google memiliki banyak sekali fitur di dalamnya, bukan hanya sekedar mesin pencarian saja tetapi sekarang ini mungkin sudah ratusan produk yang dimiliki Google. Salah satunya adalah Google Form ini di mana kalian bisa menggunakan google formulir gratis untuk mendapatkan tanggapan audiens yang kalian inginkan. Belakangan ini pamor Google Form juga meningkat karena saat pandemi banyak kantor dan sekolah yang tutup sehingga semua layanan berubah menjadi online. Beberapa orang memanfaatkan Google Form untuk ujian sekolah dan ada juga yang memanfaatkan Google Form untuk absensi.

Saya sendiri dulunya sering mendapatkan link untuk mengisi Google Form dari teman-teman di grup, biasanya mereka meminta tanggapan atas beberapa pertanyaan yang mereka ajukan untuk kebutuhan survey mereka. Di kantor saya sendiri Google Form akhir-akhir ini digunakan untuk mengendalikan penyebaran virus covid-19 di lingkungan sekitar kantor. Setiap hari pegawai kantor diminta untuk mengisi formulir yang sudah disiapkan untuk mengetahui mobilitasnya dan sekaligus sebagai absensi juga.

$ads={1}

Cara Membuat Google Form

Maka dari itu kalian bisa memanfaatkan Google Form ini secara gratis untuk kebutuhan kalian seperti contoh-contoh di atas tadi. Caranya juga tidak sulit, kalian hanya butuh akses internet dan akun Google karena memang ini layanannya Google.

1. Kunjungi Situs Google Form

Kunjungi Situs Google Form

Kalian bisa mengunjunginya dengan menuliskan "Google Form" di kolom pencarian Google kalian dan biasanya baris pertama setelah iklan akan langsung muncul urlnya. Atau kalian bisa langsung kunjungi saja link ini tinggal klik dan masuk menggunakan akun Google kalian. Tampilan Google Form di desktop akan muncul seperti gambar di atas.

2. Mulai Membuat Formulir

Mulai Membuat Formulir Google

Kalian bisa langsung membuat formulir yang kalian inginkan dengan memilih "Start A New Form" di atas, jika kalian mau membuatnya dari awal sekali artinya kalian membuat printilannya satu per satu seperti gambar, model pertanyaan, model jawaban dll dari awal maka kalian bisa pilih "Blank". Tapi jika kalian mau menggunakan beberapa template yang sudah disediakan Google juga bisa banget, kalian tinggal lihat saja template-template yang sudah disiapkan oleh Google, banyak sekali. Dan tentunya template ini masih bisa kalian ubah-ubah sehingga sudah mendapatkan gambarannya sedikit dan pengerjaan kalian pun menjadi semakin mudah.

Baca Juga : 5 Cara Download Video dari Youtube {alertInfo}

3. Buat Formulir Sendiri

Mulai Membuat Formulir Google

Jika kalian memutuskan untuk memulainya dari awal maka silahkan klik "Blank" yang ada di atas dan akan tampil seperti gambar di atas ini. Kalian bisa memulai dengan memberikan judul formulir yang ingin kalian buat beserta deskripsinya, sebagai contoh kalian membuat judul "Formulir Pengendalian Covid-19 di Perumahan ABC" dan deskripsinya kalian tuliskan maksud dan tujuan formulir ini disebarkan untuk diisi.

Setelah itu di bawahnya kalian bisa langsung membuat pertanyaan di kolom "Untitled Question" tersebut dan pilihan cara menjawabnya bisa kalian sesuaikan dengan keinginan kalian apakah jawabannya berupa mengisi kolom dengan cara mengetik atau kalian sudah menyiapkan pilihan jawaban. Untuk mengubah pilihan jawaban kalian bisa pilih "Multiple Choice" yang ada di sebelah kanan pertanyaan kalian.

Di situ kalian bisa membuat kustomisasi jawaban seperti yang kalian inginkan, di sana ada seperti "Short Answer" jika kalian ingin jawaban yang singkat seperti nama orang misalnya, ada juga "Paragraph" jika kalian ingin peserta menjawab dengan menjelaskan sesuatu, ada juga "Multiple Choice" sehingga peserta bisa memilih jawaban yang sudah disediakan, ada juga "Checkboxes" jika kalian menyiapkan jawaban yang lebih dari satu dan masih banyak lagi kalian bisa lihat sendiri di sana.

4. Edit Formulir Juga Bisa

Membuat dan Mengubah Formulir Google

Formulir yang sudah kalian buat juga bisa diedit lagi dan dipercantik dengan menambahkan gambar atau video, kalian bisa menggunakan menu bar yang ada di samping kolom pertanyaan kalian yang ada di kanan. Melalui bar itu kalian bisa menambahkan judul dan deskripsi tertentu untuk satu kolom pertanyaan itu saja, kalian juga bisa menambahkan foto dan video untuk membuat formulirnya lebih menarik dan kalian juga bisa menambahkan section baru sehingga seperti ada pembeda jenis pertanyaan antara section pertama dan yang selanjutnya.

Kemudian juga kalian bisa mengedit kolom pertanyaan kalian melalui pilihan yang ada di bawah kolom tersebut. Kalian bisa menggandakan pertanyaannya jika templatenya sudah oke dan hanya ingin mengganti pertanyaannya saja sehingga lebih cepat pengerjaannya. Kalian juga bisa menghapus kolom pertanyaan melalui pilihan di bawah tersebut dan juga bisa menentukan pertanyaan itu apakah wajib dijawab atau tidak melalui tombol gulir "Required" yang ada di bawah. Jika kalian mengaktifkan pertanyaan wajib ini maka nanti di formulir akan muncul biasanya tanda kutip berwarna merah yang artinya peserta wajib menjawab pertanyaan dan jika belum menjawab maka formulir tidak akan bisa diserahkan.

5. Lihat Jawaban Formulir

Jawaban Google Form

Setelah kalian menyelesaikan semua pengerjaannya maka kalian bisa menyebarkannya ke audiens yang kalian inginkan seperti di grup WA atau melalui media sosial. Untuk mengecek jawaban dari audiens kalian cukup masuk kembali ke formulir yang kalian ingin periksa kemudian di atas ada kolom "Responses" dan tinggal klik saja. Di situ nanti kalian akan bisa melihat jumlah responden yang menjawab ada berapa orang dan tentunya masing-masing jawaban mereka bisa kalian cek di sana.

Penutup

Sangat mudah kan membuat formulir dengan menggunakan Google Form? Pastikan kalian dan peserta formulir memiliki akun Google karena untuk mengaksesnya memerlukan akun Google dan masuk ke akun masing-masing. Google Form ini bisa dibuat tidak hanya di desktop, kalian juga bisa membuatnya melalui ponsel. Selamat Mencoba.

3 Komentar

  1. Aku termasuk yg familiar sama GForm, sering bikin kalau komunitasku lg ada project kerjasama review sama brand hihihi.

    GForm ini memudahkan bgt pokoknya, simpel lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memudahkan banget ya mbak untuk mendapatkan jawaban dari komunitas sekaligus 😁

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama