4 Game Jadul PC Windows

Game Jadul PC Windows

Game Jadul PC Windows
- Sekarang ini game sudah sangat banyak diciptakan dan platform untuk memainkannya pun sudah bermacam-macam. Perkembangan game juga sudah sangat jauh sekali jika dibandingkan dengan zaman dahulu. Dalam satu dekade saja perubahan game sudah sangat berkembang pesat baik dari segi visualnya dan juga jenis permainannya.

Game Classic Pengguna Windows

Buat kalian yang sudah mengenal komputer sejak tahun 90an dulu pasti salah satu hiburan saat bermain komputer tentunya adalah game yang sudah ada disematkan di setiap PC Windows kalian. Postingan kali ini kita akan flashback mengenai beberapa game yang dulu ada dan wajib dimainkan di PC kalian. Buat kalian yang ada di generasi zaman sekarang mungkin masih ada beberapa yang mengenal game-game ini.

$ads={1}

1. Pinball

Anak-anak zaman sekarang mungkin sudah banyak yang tidak mengetahui permainan ini. Tapi kalau kalian bermain ke arena permainan arcade yang ada di mall-mall seperti Timezone dan yang lainnya pasti menemukan ada permainan ini.

Permainannya cukup simple, hanya dengan melemparkan bola yang sudah disediakan dan tidak boleh jatuh dengan cara memukulnya menggunakan dua buah tuas di bawah sebelah kanan dan kiri. Kalian bisa mengarahkannya ke arah mana pun yang penting bolanya tidak jatuh.

Saya ingat sekali dulu senang sekali bermain ini sampai-sampai di komputer milik teman saya pun saya mencatatkan rekor tertinggi di sana. Dulu ada trik di permainan ini agar bisa mendapatkan nilai bonus yang tinggi, dengan cara mengarahkan dan memasukkan bola ke satu lubang yang nilainya sangat tinggi. Tapi permainan ini sudah tidak ada di windows zaman sekarang ini, mungkin karena memang bisa dibilang game ini sudah ketinggalan zaman dan demi efisiensi maka Windows menghapusnya.

2. Minesweeper

Game Jadul PC Windows Minesweeper

Permainan ini juga prinsipnya gampang, hanya menebak di kotak mana ada ranjau darat dan kalian harus menghindarinya. Karena kalau kalian menekan kotak yang ada ranjau darat di dalamnya maka kalian akan kalah. Minesweeper ini bisa kalian mainkan juga di ponsel kalian sekarang ini, sudah banyak developer game yang membuatnya dan bisa dimainkan secara gratis.

Jujur saya awalnya tidak terlalu mengerti bermain Minsweeper ini, saya awalnya hanya asal menebak saja di mana ranjau dara itu diletakkan. Sehingga dulu saya hanya asal klak-klik saja saat bermain ini. Dan ternyata trik bermain Minesweeper ini adalah dengan menghitung angka yang sudah disediakan. Setiap kali kita menekan kotak maka akan keluar angka di kotak-kotak sekitarnya yang berarti ada sejumlah ranjau di kotak-kotak di sekitar itu.

3. Solitaire

Game Jadul PC Windows Solitaire

Permainan kartu yang satu ini juga tidak kalah asyik dimainkan bahkan hingga saat ini pun solitaire masih diproduksi dan bisa kalian dimainkan melalui PlayStore atau AppStore kalian. Tingkat kesulitan bermainnya pun dibagi menjadi tiga tingkat di mana level terendah kalian akan memainkan satu buah daun saja, kemudian di level menengah kalian akan memainkan dua jenis daun dan di level tersulit kalian harus memainkan semua jenis daun.

Inti permainan ini juga sebenarnya simple, kalian harus mengurutkan kartu-kartu yang sudah dibuka secara acak, kalian mengurutkan mulai dari A sampai ke K. Letak kesulitannya adalah jika sudah tidak ada lagi kartu yang bisa kalian urutkan maka kalian harus mengambil kartu tambahan yang bisa mengacak kartu yang sudah kalian urutkan sebelumnya. Level terendah bisa kalian selesaikan dengan mudah karena hanya menggunakan satu daun saja, tapi jika kalian memainkan level di atasnya maka kalian harus menggunakan lebih dari satu daun dan aturannya pun berubah sedikit, selain harus berurutan angkanya kalian juga harus mengurutkan daunnya secara bergantian, semakin sulit kan.

4. Chess

Game Jadul PC Windows Chess

Chess juga masuk ke game default untuk operasi sistem Windows, tepatnya sejak Windows Vista atau Windows 7 karena di Windows XP ke belakang Chess masih belum ada. Permainan catur sudah pasti semuanya tahu bagaimana memainkannya, sudah pernah juga dibahas di postingan cara bermain catur online ini.

Kalian bisa bermain catur melawan komputer dengan level mulai dari 1 sampai 10. Semakin tinggi level permainan maka kecepatan komputer juga semakin tinggi. Saya biasanya bermain di level 7 atau 8 untuk mendapatkan level yang setara dengan saya. Kalau ketinggian sudah tidak asyik lagi karena terlalu sulit dan juga kalau terlalu rendah pun jadi tidak seru karena terlalu gampang.

Penutup

Itu tadi beberapa permainan yang wajib ada dan dimainkan di PC kalian zaman dulu. Semua permainan itu bisa kalian mainkan juga sekarang melalui ponsel kalian. Grafiknya masih sangat sederhana tapi keseruan yang didapat sudah sangat maksimal di zamannya.

Sumber Gambar :
groovypost.com
nextofwindows.com
arstechnica.com
nesabamedia.com

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama