5 Film Sepakbola Yang Wajib Kamu Tonton

Film Sepakbola Yang Wajib Kamu Tonton

5 Film Sepakbola Yang Wajib Kamu Tonton
- Sepakbola merupakan olahraga yang paling populer di Indonesia, mulai dari lingkungan di perkampungan sampai ke perkotaan pasti banyak sekali yang menggandrungi olahraga sepak bola. Kalau di kampong-kampung biasanya memanfaatkan tanah kosong yang luas sebagai lapangannya, biasanya bermain sepak bola dengan alat seadanya; tanpa menggunakan sepatu dan biasanya gawang hanya menggunakan sepatu atau paling hebat ya menggunakan kayu atau bambu saja sudah cukup di kanan kirinya. Kalau fasilitas di perkotaan sudah lebih modern, dengan menggunakan peralatan yang lebih lengkap dan adanya lapangan sepakbola atau futsal yang bisa disewakan untuk bermain.

Kalian penggila sepakbola juga pasti senang menonton pertandingan sepakbola ntah itu menonton langsung di stadion atau melalui siaran televisi. Tapi tontonan sepakbola bukan hanya itu saja, banyak juga film atau serial yang mengangkat kisah mengenai sepakbola baik itu yang menyuguhkan cerita fiksi saja dan juga banyak yang mengisahkan kejadian yang sebenarnya atau yang biasa kita sebut dengan dokumenter. Buat kalian penggila sepakbola, berikut ini ada lima film sepakbola yang wajib kalian tonton untuk semakin menggugah semangat untuk bermain.

$ads={1}

Sunderland Til I Die

Liga Inggris saat ini sudah menjadi liga sepakbola nomor satu di dunia dilihat dari segi apapun, liga paling mahal, liga paling banyak penontonnya, liga paling kompetitif hingga liga yang paling banyak disiarkan di televisi. Kalian penggemar liga Inggris pasti tahu dong dengan salah satu klub yang pernah berjaya di masa dulunya yaitu Sunderland. Sunderland yang bisa dibilang masih masuk ke jajaran tim sukses di liga Inggris karena sudah pernah memenangkan liga Inggris sebanyak enam kali, walaupun itu semua didapatkan lebih dari seratusan tahun yang lalu.

Sunderland juga sudah memenangkan banyak trofi di negaranya seperti FA Cup hingga piala yang paling anyar direbut oleh Sunderland adalah EFL Trophy di tahun 2020-2021. Ironisnya klub ini sekarang bercokol di kompetisi liga Inggris kasta ketiga yaitu League One. Terakhir kali Sunderland menikmati megahnya liga Inggris kasta tertinggi di tahun 2007 lalu, lebih dari satu dekade yang lalu.

Di serial Sunderland Till I Die ini menceritakan perjuangan klub, jalannya pertandingan ataupun saat tim sedang berlatih. Sudut pandang yang diambil benar-benar diambil dari dalam stadion dan lapangan. Yang selama ini kita lihat hanyalah pertandingan saja dan sudut pandangnya dari tempat duduk penonton, di serial ini kalian bias serasa sedang tour di dalam stadion Sunderland karena pengambilan gambarnya benar-benar dari dalam stadion. DI serial ini juga mengambil pendapat dari pemain dan pelatihnya yang diwawancarai secara langsung.

Buat kalian mungkin ada yang sudah angkatan tua dan siapa tahu mengidolai klub Inggris yang satu ini, serial Sunderland Till I Die ini cocok sekali untuk ditonton.

First Team Juventus

Setelah tadi dari Liga Inggris kali ini kita akan bahas salah satu klub eropa tersukses yang berasal dari Liga Italia, Juventus. Liga Italia merupakan liga yang paling mengerikan dan sangat dikenal di era 90an hingga awal 2000an. Klub-klub yang sangat dikenal saat itu seperti Juventus, AC Milan, Inter Milan, AS Roma hingga SS Lazio. Era kepopuleran liga Italia semakin menurun setelah adanya insiden Calciopoli di tahun 2006 yang melibatkan beberapa klub di Liga Italia dan salah satunya adalah Juventus. Calciopoli adalah adanya pengaturan skor yang terjadi di Liga Italia sehingga membuat permainan menjadi tidak fair.

Pada saat itu Juventus menduduki peringkat pertama dan menjuarai Liga Italia tapi karena adanya insiden itu akhirnya gelar juara diberikan ke peringkat dua saat itu yaitu Inter Milan. Juventus yang mendapatkan hukuman paling berat akhirnya didegradasi ke seri B (kasta kedua Liga Italia). Juventus yang saat itu diperkuat oleh pemain-pemain top seperti Buffon dan Del Piero harus pasrah menerima keputusan tersebut. Beberapa pemain juga memilih bertahan di klub karena yakin akan kembali ke liga teratas di musim selanjutnya. Memang benar, Juventus hanya membutuhkan satu musim saja di seri B untuk kembali naik ke seri A.

Serial First Team Juventus ini hampir sama dengan serial Sunderland sebelumnya yaitu menceritakan tentang perjalanan Juventus selama berlatih dan bertanding di Seri A. Serial ini cocok sekali buat kalian penggemar Liga Italia, khususnya fans dari klub Juventus. Kalian akan serasa menjadi bagian dari team official Juventus yang berputar-putar di dalam tim menonton kegiatan mereka dari jarak yang jauh lebih dekat ketimbang sudut pandang dari tribun stadion.

Azzurri Road to Wembley

Dua rekomendasi barusan merupakan serial dan kali ini adalah sebuah film berdurasi kurang lebih 60 menit yang berkisah tentang tim nasional Italia yang memenangkan Piala Eropa kemarin. Italia berhasil merebut Piala Eropa yang sebelumnya dipegang oleh Portugal empat tahun silam. Italia yang selama ini dicap sudah menurun performanya akhirnya berhasil menjawab semua cemoohan tersebut setelah terakhir kali tim nasional Italia berhasil mendapatkan Piala Dunia di tahun 2006.

Tim yang dinakhodai oleh Roberto Mancini ini berhasil memenagkan kompetisi Piala Eropa ini setelah bertanding melawan Inggris di final. Italia berhasil mengalahkan Inggris hingga babak tambahan dan berakhir melalui babak adu penalti setelah skor imbang 1-1 hingga menit 120. Italia berhasil mengalah Inggris dengan skor 3-2 di babak penalti.

Di film Azzurri Road to Wembley ini kalian akan melihat bagaimana pelatih Roberto Mancini memberikan arahan kepada timnya dan memberikan motivasi agar tim Italia tetap tenang dan bisa memenangkan pertandingan. Perjalanan tim nasional Italia hingga mencapai partai final juga bisa kalian saksikan melalui film ini. Di dalam film ini juga ada beberapa wawancara yang dilakukan kepada beberapa pemain mengenai hasil yang mereka dapatkan. Saya pribadi sebagai fans sejati tim nasional Italia sangat berapi-api saat menonton film yang satu ini hingga 60 menit dirasa sangat kurang.

Pele

Setelah tadi ada tiga film yang menceritakan mengenai sebuah tim dan kali ini ada sebuah film yang menceritakan biografi tentang salah satu pesepak bola terbaik dunia yang berasal dari negara Brazil, Pele.

Film ini menceritakan tentang perjalanan karir dan hidup Pele sebagai pemain sepak bola dengan segala pro dan kontra dalam kehidupan pribadinya. Pele yang sangat mahir bermain bola hingga mencetak rekor-rekor pribadinya di dunia sepakbola dan masih banyak yang sampai saat ini pun belum ada orang yang bisa menyainginya. Pele sudah dianggap sebagai mascot ataupun pahlawan oleh masyarakat Brazil.

Kalau kalian penggemar tim nasional Brazil di eranya Neymar saat ini atau mungkin eranya Ronaldo di tahun 1990an mungkin akan sangat menyukai film biografi yang satu ini. Film yang berdurasi hampir dua jam ini sangat layak untuk kalian coba tonton.

Becoming Champions

Rekomendasi film yang terakhir yang akan dibahas di sini adalah sebuah serial yang hanya terdiri dari satu season dan memiliki 9 episode. Menyuguhkan cerita mengenai beberapa negara terkuat di dunia sepak bola, mulai dari Uruguay yang dulu juga merupakan saingan terberat untuk negara-negara eropa dan amerika lainnya hingga ke negara-negara eropa seperti Italia ataupun Spanyol.

Bagaimana masing-masing tim nasional berevolusi dari segi komposisi pemainnya. Beberapa negara yang memiliki pemain terbaiknya yang ternyata tidak diikuti oleh generasi selanjutnya yang membuat performa negara tersebut menjadi naik dan turun.

Negara-negara yang dibahas di film Becoming Champions ini ada 8 negara yaitu Uruguay, Italia, Jerman, Brazil, Inggris, Argentina, Perancis dan yang terakhir adalah Spanyol. Masing-masing negara memiliki episodenya masing-masing agar penonton bias lebih fokus untuk mendapatkan intisari dari cerita yang disuguhkan.

Penutup

Semua film tadi bisa kalian tonton melalui Netflix ataupun platform penyedia tontonan lainnya. Dan masih banyak lagi film mengenai sepakbola lainnya yang bisa kalian tonton. Semoga rekomendasi film tadi bias membuat kalian semakin giat dan bersemangat lagi untuk bermain sepak bola walaupun dalam keadaan pandemi begini dan juga semakin menambah kecintaan kalian terhadap dunia sepakbola.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama