7 Tips Mudah Bermain Scrabble

Tips Mudah Bermain Scrabble

Tips Mudah Bermain Scrabble
- Scrabble sangat populer di eropa dan amerika, biasanya dimainkan bersama dengan keluarga di atas meja. Kalau di Indonesia biasanya jenis permainan di atas meja yang populer adalah ular tangga, ludo atau juga monopoli, kalau di luar negeri scrabble juga menjadi langganan permainan yang wajib dimainkan.

Bermain scrabble intinya adalah bermain kata, sebuah permainan tebak kata, games tebak kata, membuat sebuah kata menggunakan huruf-huruf yang hanya ada di meja kita. Dengan maksimal menggunakan 7 huruf yang ada maka kita bebas membuat kata apa saja yang pastinya sesuai dengan ejaan english.

$ads={1}

Setiap huruf memiliki nilainya masing-masing berdasarkan tingkat kesulitan dan jarangnya huruf tersebut muncul di dalam sebuah kata. Semua huruf akan ditotal nilainya dan pemain akan memainkan semua huruf yang disediakan sampai habis dan kemudian di akhir permainan total skor tertinggi menjadi pemenangnya.

Tips Mudah Bermain Scrabble

Buat kalian yang gemar bermain scrabble dan biasanya memainkannya di meja atau aplikasi handphone dan bermain melawan orang bule sekalipun, kalian bisa mengikuti beberapa tips ini agar mudah memenangkan permainan.

Kata Pertama Minimal 5 Karakter

Jika di awal permainan kalian mendapatkan kesempatan pertama membuat kata maka usahakan kata pertama kalian memiliki lima abjad. Kenapa? Karena ada bonus double letter di kesempatan pertama dan kalian harus bisa memanfaatkannya. Karena selain itu juga kata pertama di setiap permainan akan dikali dua.

Manfaatkan Titik Bonus

Di papan scrabble ada banyak bonus yang bisa membantu kita mendapatkan nilai yang lebih tinggi. Mulai dari double letter yang artinya menggandakan nilai huruf yang diletakkan di kotaknya, hingga triple word yang artinya akan mentiga kali lipatkan kata yang dibuat melewati kotak bonus tersebut. Usahakan setiap kata yang kalian buat melewati kotak-kotak bonus ini.

Buat Kata Dengan 7 Huruf

Huruf yang disediakan dalam satu kali giliran adalah 7 huruf. Kalau kalian bisa membuat kata dengan menggunakan semua huruf yang disediakan maka skor kata kalian akan dikali dua maka nilainya akan semakin tinggi. Belum lagi ditambah bonus-bonus yang pasti akan dilalui dengan kata 7 huruf.

Swap Huruf Sulit dan Nilai Kecil

Di permainan scrabble kalian diberikan kesempatan untuk mengganti huruf yang kalian anggap sulit dengan huruf acak. Kalian bebas mengganti berapa huruf, mau satu atau semua huruf sekaligus. Tipsnya adalah kalian ganti huruf yang kira-kira sulit dijadikan sebuah kata atau juga huruf yang nilainya kecil agar nantina kata yang kalian buat bisa bernilai tinggi.

Pergunakan Huruf Kosong Sebaik Mungkin

Jika kalian mendapatkan huruf yang kosong itu artinya kalian bebas mengisi kotak tersebut dengan huruf apa saja, jadi kalian bisa memanfaatkannya untuk membuat kata sesuka kalian. Tapi perlu kalian ingat, nilai kotak kosong itu adalah nol jadi tidak akan dihitung nilai hurufnya.

Manfaatkan Huruf S

Kalian pasti sudah tahu kalau bahasa inggris banyak menggunakan huruf S karena bentuk plural dari noun banyak menggunakan S. Jadi kalian bisa memanfaatkan kata yang sudah dibuat lawan dengan menambahkan huruf S lagi di belakang yang artinya akan menciptakan kata baru lagi.

Harus Habis Duluan

Usahakan kalian harus menghabiskan huruf-huruf duluan ketimbang lawan kalian karena di akhir penilaian setiap huruf yang masih dimiliki akan mengurangi nilai kita. Jadi kalau kalian bisa menghabiskan duluan maka nilai huruf yang masih dimiliki lawan kalian akan mengurangi total skornya. Saya sendiri sering kali memanfaatkan trik ini jika perbedaan skor sangat sengit.

Penutup

Kalian bisa memanfaatkan tips dan trik barusan dan kemungkinan besar kalian akan menang walaupun lawan kalian orang bule sekalipun. Silahkan mencoba.

Sumber gambar : thesprucecrafts.com

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama