Seberapa Banyak Kebutuhan Kuota Internetmu?

Apa itu kuota?

Seberapa Banyak Kebutuhan Kuota Internetmu?
- Setiap orang punya kebutuhannya masing-masing dan berbeda-beda. Setiap kebutuhan juga sudah punya posisi kepentingannya masing-masing, mana yang harus didahulukan dan ada yang masih bisa dikesampingkan. Kebutuhan internet juga sekarang ini sudah masuk ke kebutuhan yang harus dipenuhi karena banyak kegiatan kita sehari-hari yang sangat mengandalkan internet.

Kebutuhan internet juga saat ini sudah terbagi dua, ada internet yang tersambung langsung di ponsel dan ada juga internet yang biasanya langsung disambungkan ke rumah melalui jaringan fiber optik. Buat masyarakat perkotaan biasanya sudah menggunakan dua jenis internet ini sehingga mereka hanya menggunakan internet di ponselnya pada saat di luar dan jika sudah pulang ke rumah akan memanfaatkan jaringan wifi saja. Itu banyak dilakukan karena memang bisa lebih hemat karena kuota internet jaringan fiber optik di rumah-rumah biasanya jauh lebih besar, berbeda dengan paket-paket internet ponsel saat ini.

Lalu pertanyaannya adalah seberapa banyak kuota internet yang biasanya kalian perlukan dalam pemakaian sebulan. Berbeda orang maka akan berbeda keperluan dan kebutuhan maka akan berbeda pula kuota internet yang dibutuhkan. Dari tadi kita membahas soal kuota, sebenarnya apa itu kuota?

Kuota adalah sama pengertiannya dengan kuota dengan konteks lain, yaitu jumlah. Sebagai contoh misalnya kuota haji itu artinya adalah jumlah individu yang bisa diikutkan ke program naik haji. Karena sekarang konteksnya adalah internet maka kuota internet adalah jumlah data internet yang digunakan baik keluar ataupun masuk.

Kebutuhan tiap orang akan kuota internet berbeda berdasarkan prilaku berinternet mereka. Ada yang hobinya nonton streaming maka akan membutuhkan kuota internet yang lebih banyak ketimbang mereka yang hanya ingin bersosial media saja. Ada lagi yang hobinya bermain game online maka sebenarnya kuota tidak menjadi prioritas utama tetapi kestabilan jaringan internet yang sangat dibutuhkan.

Kalau buat saya pribadi biasanya saya membutuhkan satu sampai dua GB data pada saat weekday di jam kantor. Kebanyakan data tersebut saya gunakan saat menonton konten tiktok. Sisanya sepulang ke rumah saya memanfaatkan jaringan wifi di rumah agar menghemat kuota internet handphone saya.

Kalau sudah di rumah saya biasanya menggunakan cukup banyak kuota karena biasanya saya menonton TV, youtube atau aplikasi streaming video lainnya di TV saya. Itu bisa saya lakukan sampai malam hari maksimal jam sebelas atau jam 12 malam. Berbeda lagi saat weekend maka kuota internet saya dominan memanfaatkan jaringan wifi rumah.

Jadi untuk internet di smartphone saya memerlukan kuota internet sekitar 45GB sebulan dan paket internet rumah saya biasanya menggunakan speed yang 30 mbps, paket tersebut sudah memiliki kuota yang sangat cukup digunakan saya dan keluarga selama sebulan. Kuota internet tersebut sudah paling pas buat kebutuhan saya, biasanya di akhir bulan masih tersisa sedikit saja.

Bahkan provider juga sampai membuat paket internet yang bermacam-macam. Banyak provider membeda-bedakan paket internetnya sesuai dengan kebutuhan. Jadi untuk yang hobi streaming bisa membeli paket kuota khusus untuk menonton saja. Begitu juga dengan buat yang hobi main Tiktok biasanya provider juga menyediakan paket internet khusus bermain Tiktok saja.

Sebagai tips kalian bisa menggunakan aplikasi yang bisa menghitung jumlah data internet yang kalian gunakan setiap saat. Dari aplikasi tersebut kalian bisa lihat berapa kuota yang kalian butuhkan setiap harinya, bahkan rata-rata penggunaan dalam satu bulan bisa kalian lihat sehingga akan semakin mudah menentukan kuota internet pilihan kalian.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama