Apakah Internet Ngebut di Indonesia?

Internet Ngebut

Apakah Internet Ngebut di Indonesia?
– Mana yang kalian pilih jika saat beraktivitas di luar tapi kondisi ponsel kalian baterai penuh tapi tidak ada kuota internet, atau kuota internet masih banyak tapi baterai ponsel sudah sangat low? Kondisinya kalian sedang di perjalanan jauh, tidak membawa charger sendiri dan di sekitar memang tidak ada alat untuk mengecas, tidak ada fasilitas untuk isi ulang pulsa atau kuota internet, mana yang kalian pilih? Pasti sangat susah kan. Memang, itu membuktikan bahwa sekarang ini bisa dibilang hidup akan terasa sangat hampa jika tidak ada internet. Keseharian orang sudah sangat erat dengan teknologi internet. Baik pekerjaan ataupun hiburan semuanya memerlukan koneksi internet.

Kalau di Indonesia, seberapa kencang sih kecepatan internetnya? Atau mungkin kita lihat dari daerah kita masing-masing, karena berbeda daerah maka kecepatan internetnya bisa sangat berbeda dan mungkin timpang.

Berikut ini disadur dari berita Kompas, ada beberapa negara yang dinobatkan memiliki kecepatan internet tercepat di seluruh dunia. Untuk akses internet seluler yang artinya kecepatan mengakses data internet melalui perangkat ponsel kalian. Untuk akses internet seluler ini, negara dengan kecepatan internet paling kencang adalah Uni Emirat Arab dengan kecepatan rata-rata mencapai 238,06 mpbs.

Kecepatan 238,06 mbps ini jika dikonversikan ke MB/s maka menjadi sekitar 30MB/s. Itu artinya kalian bisa mendownload data sebesar 30MB hanya dalam satu detik saja. Sebagai contoh, jika kalian mendownload file berukuran 1GB maka waktu yang kalian butuhkan untuk mendownload seluruhnya adalah sekitar 33 detik, hanya setengah menit lebih sedikit, benar-benar internet ngebut di negara ini.

Selanjutnya setelah Uni Emirat Arab, ada negara Korea Selatan dan Norwegia dengan kecepatan akses internet selulernya secara berurutan adalah 202,61 mpbs dan 177,72 mbps. Untuk sepuluh negara dengan kecepatan internet tercepat di dunia didominasi oleh negara-negara Timur Tengah dan Eropa. Di peringkat sepuluhnya saja ada Swiss dengan kecepatan rata-ratanya mencapai 135,7 mbps, masih bisa dibilang sangat kencang.

Internet kencang di beberapa negara tadi coba kita bandingkan dengan keadaan yang ada di Indonesia. Indonesia saat ini untuk kecepatan akses internet selulernya baru ada di peringkat ke 100 dari 142 negara dengan kecepatan rata-ratanya di level 23,12 mbps. Kecepatan ini juga merupakan kecepatan rata-rata, jika kalian tinggal di pulau Jawa dan kemudian membandingkan dengan orang yang tinggal di pulau lain maka bisa jadi kecepatan internet yang kalian dapatkan akan berbeda.

Untuk kota-kota besar, sudah banyak pilihan provider internet sehingga akan lebih mudah membandingkannya dan menyesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Tapi kalau di daerah kita bisa lihat kalau pilihannya sangat terbatas jadi kecepatan internet tersebut memang tidak merata. Belum lagi mungkin daerah-daerah yang sulit digapai menara BTS seperti daerah pegunungan, kecepatan internet di daerah seperti itu akan sangat sulit mencapai kecepatan optimalnya.

Semoga ke depannya pemerintah semakin gencar membuat pembangunan dan bisa menyalurkan internet ke daerah-daerah di pelosok sekalipun karena kita tahu jumlah pengguna internet di Indonesia juga sudah berkembang pesat sehingga butuh fasilitas yang memadai untuk menunjang kebutuhan seluruh masyarakat dan pengguna layanan internet.

Semakin banyak Menara BTS yang bisa dibangun maka semakin banyak juga wilayah di seluruh negeri ini yang bisa menjangkau teknologi internet. Ini juga sangat bermanfaat buat generasi-generasi muda yang sudah pasti di masa mendatang teknologi internet ini tidak kebayang seberapa canggihnya lagi.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama