Mencegah Bahaya Narkoba Buat Para Remaja

Idntimes Pencegahan Bahaya Narkoba

Mencegah Bahaya Narkoba Buat Para Remaja
- Narkoba merupakan obat-obatan terlarang yang tidak boleh dipergunakan oleh siapapun dan itu sudah diatur di dalam undang-undang negara kita sehingga siapa yang mengkonsumsi narkoba akan dikenakan hukuman pidana. Terlebih lagi siapapun yang mengedarkan narkoba akan mendapatkan hukuman yang berat bahkan bisa sampai hukuman mati.

Peredaran narkoba saat ini bukan lagi hanya ada di sekitar kalangan orang tertentu saja. Tetapi sudah sampai ke semua kalangan, dari yang memiliki taraf hidup tinggi maupun rendah dan mulai dari orang dewasa sampai kalangan remaja. Dilansir dari situs idntimes juga menjelaskan penyebaran narkoba di kalangan remaja sangat meningkat.

Perlu upaya-upaya khusus dan konsisten agar bahaya penyebaran narkoba di kalangan remaja ini bisa ditekan semaksimal mungkin. Berikut ini kita akan bahas beberapa upaya untuk mencegah masuknya bahaya narkoba ke kalangan remaja.

Edukasi Bahaya Narkoba

Sejak dini anak-anak harus sudah dibekali dengan edukasi mengenai bahaya narkoba. Semakin banyak informasi yang mereka tahu maka akan semakin sadar dan tinggi tingkat kewaspadaannya terhadap narkoba.

Anak-anak diajarkan mengenai jenis-jenis narkoba, bagaimana biasanya orang menggunakannya dan dari mana saja kemungkinan peredaran itu bersumber. Sebagai contoh sabu-sabu yang menjadi primadona di kalangan pengguna narkoba, anak-anak diajarkan seperti apa wujud sabu itu agar mereka bisa lebih waspada jika melihat bungkusan aneh berisikan bubuk putih. Juga alat-alat yang biasanya digunakan harus diinformasikan ke anak-anak.

Beberapa lembaga penanggulangan narkoba juga biasanya keliling ke sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi semacam ini untuk menyalurkan informasi yang sangat berguna buat kalangan remaja ini.

Penuhi Kegiatan Positif

Untuk mengalihkan kemungkinan anak-anak berpikir untuk mencoba narkoba maka sebaiknya penuhi kegiatan mereka sehari-hari agar bisa lebih fokus ke kegiatannya. Semakin aktif anak tersebut maka akan semakin kecil kemungkinan mereka terpapar bahayanya narkoba.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak seperti belajar kelompok, mengikuti les pelajaran, berolahraga atau juga bermain bersama teman-temannya termasuk kegiatan yang positif. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut di luar jam sekolah maka pengaruh narkoba itu akan sulit untuk masuk ke kehidupannya.

Pengetahuan Agama

Agama juga sudah pasti menjadi pondasi terbaik untuk terhindar dari narkoba ini. Bekali anak dengan pengetahuan agama agar di dalam dirinya tercetak dengan baik bahwa penggunaan obat-obat terlarang ini merupakan salah satu tindakan yang berdosa karena menyia-nyiakan hidupnya untuk sesuatu hal yang tidak berguna.

Dengan pembekalan agama yang baik mudah-mudahan bisa dan lebih mudah untuk mengerti bahwa itu merupakan perbuatan salah dan berdosa. Makanya tidak heran di pusat rehabilitasi narkoba juga selalu diisi dengan kegiatan yang berhubungan dengan agama juga.

Pentingnya Pengawasan Orang Tua dan Guru

Orang tua dan guru juga memiliki peran yang sangat penting untuk selalu mengawasi pergerakan anak-anaknya. Dan juga jangan sungkan untuk tetap mengingatkan apabila mulai dirasa ada yang janggal dari prilaku anak sehari-hari.

Orang tua melakukan pengawasan saat di rumah dan guru mengawasi anak selama di sekolah. Sekolah juga wajib mempunyai regulasi yang baik untuk tetap menjaga anak di lingkungan belajar yang sehat.

Untuk orang tua yang bekerja maka sudah pasti harus ada orang yang membantu menjaga anak saat di rumah, setidaknya ada orang dewasa yang tetap mengontrol kegiatan anak sehari-hari.

Penutup

Dari semua upaya yang dilakukan tetap harus didasari oleh kemauan diri sendiri. Diharapkan dengan semua pembekalan tadi bisa membuat diri remaja-remaja ini semakin sadar akan bahaya narkoba dan bisa terhindar sampai mereka dewasa.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama