Salurkan Hobi Menulis Melalui Blog

Cloud hosting indonesia

Salurkan Hobi Menulis Melalui Blog
– salah satu hobi yang digemari orang hingga saat ini adalah menulis. Kegiatan menulis ini buat saya pribadi sudah sering saya temukan di lingkungan sekitar saya. Anak-anak sekolah khususnya perempuan biasanya suka menulis suatu cerita atau kisah tentang dirinya dan lingkungannya di sebuah diari. Saat saya bersekolah dulu saya mempunyai banyak teman-teman perempuan yang melakukan aktivitas ini.

Hobi menulis juga sekarang ini sudah bisa disalurkan melalui media digital. Banyak orang yang membuat tulisan-tulisannya menggunakan perangkat digital seperti komputer, tablet atau bahkan ponsel mereka. Dan juga bukan hanya itu saja, dunia digital juga memungkinkan tulisan kita dibaca oleh orang lain melalui koneksi internet. Salah satu metode untuk menyalurkan tulisan kita secara online yaitu dengan menulis blog di situs yang sering disebut dengan istilah blogging.

Saya sendiri pertama kali mengenai dunia blog di tahun 2010 saat saya masih kuliah dulu. Perkenalan saya dengan dunia blog juga sebenarnya secara tidak sengaja karena membaca artikel di sebuah buku. Tapi karena dulu saat kuliah mulai berada di tahun-tahun akhir dan sibuk dengan pengerjaan skripsi maka saya memutuskan vakum di dunia blog. Dan pada akhirnya saya mulai kembali ke dunia blog lagi sejak tahun 2021 yang lalu.

Dunia blog yang sekarang ini jika saya bandingkan dengan dunia blog saat saya pertama kali dulu sudah sangat berbeda. Di zaman dulu karena masih berada di dunia dengan teknologi internet secanggih sekarang jadi bisa dibilang masih norak dengan dunia blog ini. Kalau dulu banyak blog yang menggunakan pernak-pernik di blognya yang sebenarnya dilihat justru mengganggu pemandangan. Tapi kalau dibandingkan dengan blog-blog kebanyakan sekarang ini, blog sekarang ini lebih terlihat rapi dan minimalis.

Jenis blog yang selama ini saya lihat juga secara garis besar terbagi dua macam yaitu blog dengan konten kegiatan sehari-hari (semacam diari juga) dan selanjutnya ada blog dengan konten yang lebih memuat banyak informasi buat para pembacanya. Biasanya juga jenis blog dengan muatan informasi ini biasanya ditujukan agar suatu saat blog ini bisa bermanfaat dan menghasilkan buat pemilik blog.

Media penyedia blog yang sampai saat ini masih eksis sejak lama dan masih banyak digandrungi adalah blogspot dan wordpress. Keduanya memiliki nilai plus minus dan saya pribadi sudah menggunakan blogspot sejak pertama kali sampai sekarang. Banyak orang yang lebih menyukai wordpress karena katanya lebih mudah dan adanya plug in yang bisa dipasang untuk meningkatkan performa blog. Tapi buat saya pribadi karena sejak awal sudah klik dengan blogspot maka saya tetap menggunakan platform milik google ini.

Kalau kalian mau blognya semakin keren juga pasti sudah tahu bahwa kalian bisa membeli domain per tahunnya sehingga alamat blog kalian akan semakin mudah diingat dan terlihat lebih keren. Selain domain juga biasanya orang menggunakan hosting apalagi jika menggunakan wordpress yang berbayar. Istilah gampangnya web hosting ini adalah media penyimpanan tulisan-tulisan kita secara online.

Untuk menggunakan layanan hostingan ini sudah pasti kita harus membayar biaya tertentu untuk menyimpan semua data-data kita secara online. Biayanya bermacam-macam mulai dari kapasitas kecil hingga besar dan ada juga yang sudah memberikan layanan unlimited hosting murah. Sistem hosting ini juga ada beberapa macam dan salah satunya adalah cloud hosting, cloud hosting Indonesia juga saat ini sudah banyak disediakan dengan biaya yang sangat terjangkau.

Buat kalian yang ingin serius menggeluti dunia blog secara professional bisa disesuaikan dengan kebutuhan menggunakan platform yang mana dan berapa kebutuhan domain dan hosting yang kalian butuhkan. Di atas itu semua juga butuh kekonsistenan dari diri sendiri untuk tetap membuat konten-konten di blog agar blog kita benar-benar terlihat hidup selalu.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama