RajaBackLink.com

OtoKlix, Aplikasi Servis Mobil Online Zaman Now

Aplikasi Servis Mobil Online

Kebutuhan manusia secara umum dibagi menjadi tiga; primer, sekunder dan tersier. Contoh kebutuhan primer adalah seperti pakaian, makanan dan tempat tinggal. Contoh kebutuhan sekunder adalah seperti alat mandi, pendidikan dan hiburan. Sementara yang terakhir kebutuhan tersier, contohnya adalah seperti perhiasan, konsol game atau juga mobil. Banyak kebutuhan yang sejatinya merupakan kebutuhan sekunder atau tersier tapi di masa sekarang ini "mengharuskan" kita memindahkannya menjadi kebutuhan primer.

Tidak percaya? Contoh gampangnya adalah smartphone, sejatinya ponsel adalah kebutuhan tersier makanya tidak heran di pelosok-pelosok atau di keluarga yang dengan taraf kehidupan rendah tidak akan melek teknologi. Tapi di kehidupan kita yang inginnya selalu berkembang tentu ponsel menjadi kebutuhan primer, bisa dibilang 99% masyarakat perkotaan memiliki ponsel untuk berkomunikasi. Contoh lainnya adalah mobil, sama seperti ponsel bahwa sejatinya mobil merupakan kebutuhan tersier tetapi di zaman sekarang ini mobil sangat dibutuhkan banyak keluarga apalagi di saat-saat tertentu bahwa mobil benar-benar dibutuhkan.

Seberapa penting kendaraan pribadi?

Keluarga kecil di Indonesia ini sudah sangat banyak yang mempertimbangkan dalam hidupnya kalau mobil memang dibutuhkan. Kenapa? Karena memang keadaan yang memaksa baik itu keadaan internal ataupun eksternal. Apalagi sudah memiliki buah hati, semakin sulit rasanya jika berpergian tidak menggunakan mobil pribadi. Pemerintah selalu menghimbau agar masyarakat lebih banyak menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi, tapi tidak bisa dipungkiri kita bisa melihat dengan jelas kualitas transportasi umum negara kita. Fleksibilitas menjadi faktor utama yang membuat masyarakat masih memilih kendaraan pribadi ketimbang kendaraan umum. Jangkauan transportasi umum yang tidak memungkinkan kita untuk melakukan satu kali perjalanan membuat masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi di mana tinggal pergi dari tempat asal dan sampai di tempat tujuan langsung dalam satu kali perjalanan.

Maka dari itu jumlah kendaraan pribadi di negara kita khususnya di ibukota Jakarta selalu meningkat walaupun sempat peningkatannya menurun di tahun 2020 karena adanya pandemi COVID-19. Tapi di tahun 2021 ini pemerintah kembali memberikan subsidi yang membuat masyakarat semakin mudah untuk memiliki mobil idaman yaitu dengan menghapuskan PPnBM selama beberapa periode. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya program menarik dari bank untuk menarik hati para calon pembeli seperti adanya diskon uang muka ataupun penghapusan uang muka itu sendiri.

Membeli mobil idaman juga melewati serangkaian proses, banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat hendak membeli mobil. Kita harus lihat kebutuhannya untuk apa, jenis mobil yang diinginkan dari merk apa, membeli mobil dalam kondisi baru atau bekas hingga model dan warna yang diinginkan semuanya harus diperhatikan. Apalagi buat keluarga muda, suami dan istri tentunya harus berdiskusi terlebih dahulu untuk memantapkan pilihan mobil idaman mereka.

Perawatan Mobil

Tapi tidak sedikit dari pengguna mobil yang hanya memikirkan dana untuk membeli sebuah mobil baik itu uang mukanya dan juga cicilannya sampai lunas. Banyak dari mereka lupa kalau mobil juga harus dirawat, butuh waktu, tenaga dan biaya untuk merawat sebuah mobil. Masih banyak yang enggan untuk menyisihkan dananya untuk merawat mobil padahal sebenarnya perawatan yang buruk justru semakin membuat kondisi mobil semakin jelek dan membutuhkan biaya perawatan yang lebih mahal pada akhirnya. Belum lagi jika mobil yang digunakan adalah mobil bekas, kita tidak tahu histori mobil yang kita beli apakah dalam keadaan prima atau sudah pernah mengalami kerusakan. Hal-hal barusan yang harus diperhatikan dan dilakukan pengecekan dan perawatan untuk memastikan kondisi kendaraan kita selalu prima.

Jadwal Perawatan Mobil

Banyak yang menjadi penyebab pengguna kendaraan malas untuk melakukan perawatan kendaraan pribadinya dan harus mencari servis mobil terdekat. Banyak orang tidak punya waktu untuk datang ke bengkel karena kesibukan kerja atau urusan keluarga, ada juga orang yang tidak menyiapkan dana setiap periode dua atau tiga bulan untuk biaya perawatan mobil sehingga jika jadwal perawatan sudah tiba mereka belum siap dari segi biayanya. Ada juga orang yang lupa sehingga dari teknologi juga sudah dibuatkan pengingat di kendaraan (kendaraan tertentu) sehingga pengguna bisa mengetahui kapan mereka harus melakukan perawatan kendaraan ke bengkel.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kemalasan perawatan itu semua justru akan memperparah kondisi kendaraan yang ujung-ujungnya kita akan mengeluarkan biaya yang lebih karena sudah timbulnya kerusakan. Contoh gampangnya adalah jika ban kempes atau kurang angina dan kita mengabaikan, pada saat di perjalanan kita masuk ke lubang dengan kecepatan tinggi bisa menyebabkan ban pecah. Ujung-ujungnya apa? Ganti ban. Yang awalnya hanya harus isi angin saja tapi akhirnya malah harus mengganti ban yang membutuhkan dana yang jauh lebih besar.

Banyak juga orang malas ke bengkel karena ramainya antrian di akhir pekan. Sudah jauh-jauh datang ke bengkel ternyata dapat nomor antrian paling belakang dan lebih apesnya lagi malah tidak dapat nomor antrian dan harus datang ke bengkel di hari lain. Khususnya di ibukota, masyarakat banyak mengidam-idamkan servis mobil online di Jakarta. Maka dari itu Otoklix memberikan solusi buat kalian yang mengalami masalah di atas. Kalian bisa melakukan booking service tanpa harus takut tidak dapat nomor antrian dan dipastikan mobil dilakukan perawatan dan selesai di hari itu juga. Kalian bisa berkonsultasi terlebih dahulu untuk memastikan apa saja yang perlu dicek sehingga dari segi biaya juga kita bisa mempersiapkannya terlebih dahulu.

Apa sih Otoklix itu?

Otoklix adalah sebuat platform atau aplikasi yang memungkinkan kita untuk melakukan servis atau konsultasi servis hanya dengan menggunakan ponsel kita. Perawatan yang dilakukan di sini meliputi servis berkala, ganti oli, cek spare part dan masih banyak lagi. Jangakauannya luas dan banyak tersebar di Jabodetabek. Otoklix sudah melakukan perawatan untuk lebih dari 55.000 mobil, lebih dari 50 mitra bengkelnya juga sudah tersebar di Jabodetabek dan juga kalian bisa menghemat hingga 30% biaya perawatan dibandingkan dengan bengkel resmi.

Tampilan Dashboard Otoklix

Aplikasi servis mobil online ini bisa kalian akses melalui komputer ataupun ponsel. Kita akan bahas satu per satu layanan perawatan apa saja yang bisa kalian dapatkan dengan Otoklix.

1. Servis Berkala

Kita tentu saja bisa melakukan servis berkala dan ada pilihan paket ekonomis, standar dan premium di dalamnya. Yang membedakan paket servis tersebut adalah pada oli yang digunakan, kalian sesuaikan dengan budget yang ada. Sekedar saran, gunakan jenis dan merk oli yang sama setiap melakukan servis ganti oli karena bahan pembuat olinya berbeda-beda tiap merk. Jangan saat ada uang lebih kalian gunakan oli yang agak mahal dan di jadwal perawatan berikutnya menggunakan oli yang biasa.

2. Ban

Untuk pengecekan dan perawatan ban kalian bisa melakukan spooring dan balancing, spooring merupakan proses meluruskan posisi roda mobil kembali seperti awal yang pabrikan atur sedangkan balancing adalah proses menyamakan berat semua roda sehingga bias berputar dengan lancar. Kalian bisa memilih salah satu perawatan saja atau keduanya sekaligus dengan potongan harga tentunya.

3. Air Contitioner (AC)

Perawatan AC juga tidak kalah pentingnya dilakukan, apalagi di Jakarta yang cuacanya panas dan berdebu pasti membuat kinerja AC semakin keras. Perawatan AC ini meliputi pembersihan filter dan pengecekan freon apakah ada kebocoran.

4. Rem

Perawatan rem ini meliputi perawatan sistem pengereman seperti pembersihan kampas dan pengecekan fluida (minyak rem). Kampas yang sudah habis menyebabkan goresan di piringan rem dan kekuatan pengereman akan berkurang, bisa menyebabkan kecelakaan. Minyak rem juga harus selalu dicek apakah masih di ambang batas atau ada kebocoran di sistemnya.

5. Cuci

Selain perawatan kinerja mobil, Otoklix juga menyediakan jasa cuci mobil baik itu hidrolik atau express. Cuci express kadang dibutuhkan jika kalian tiba-tiba harus pergi ke pesta misalnya tapi mobil masih dalam keadaan kotor, malu kan. Untuk cuci mobil ini meliputi pembersihan cuci bodi, vacuum jok dan wax ban. Khusus untuk cuci hidrolik saat ini hanya berlaku di Otoklix Kebayoran Lama.

6. Detailing

Tidak hanya perawatan saja, bahkan sampai detailing pun bisa dilakukan oleh mereka. Detailing yang dilakukan ada interior dan juga eksterior. Proses ini meliputi pembersihan ruang mobil secara menyeluruh dari kotoran, debu dan jamur yang menempel pada kabin dan juga untuk eksteriornya meliputi pembersihan bodi mobil dan kaca dari polutan, menghilangkan jamur dan baret halus serta memberikan perlindungan tambahan menggunakan wax.

Keunggulan OtoKlix

Kalian bisa melakukan booking terlebih dahulu sehingga tidak perlu capek-capek mengantri, waktu kalian tentunya semakin efisien. Sebelum melakukan booking juga kalian bisa konsultasi terlebih dahulu dengan Otoklix, mengetahui perawatan apa saja yang perlu dilakukan karena perawatan yang dilakukan berbeda-beda di kilometer yang berbeda.

Keunggulan OtoKlix

Dengan adanya aplikasi servis mobil online ini juga membuat semua histori servis mobil kalian tersimpan rapi. Jadi kalian bisa memantau servis apa saja yang sudah dikerjakan dan sudah tahu jadwal berikutnya kapan. Tidak ada lagi cerita dikibulin montir harus ganti spare part asal-asalan karena semua yang diganti juga sudah direkam di aplikasi Otoklix.

Otoklix juga menyediakan layanan darurat di jalan, layanan yang sangat membantu kita jika ada masalah saat kita di jalan dan tidak mengerti apa yang harus dilakukan. Mereka menyediakan layanan chat terlebih dahulu dengan service advisor.

Soal harga juga adanya jaminan harga dan kualitas yang sama di seluruh cabang Otoklix sehingga kalian tidak perlu ragu untuk datang ke cabang bengkel yang mana pun. Promo juga banyak disediakan sehingga biaya perawatan semakin murah dan terjangkau, Otoklix juga menerapkan sistem poin di setiap layanannya. Harga layanan Otoklix juga lebih murah jika dibandingkan dengan bengkel resmi, kalian bisa menghemat 30% hingga 50% loh. Otoklix juga memberikan garansi layanannya hingga 30 hari.

Proses Daftar dan Servis



Melakukan pendaftaran di Otoklix sangat gampang, silahkan download terlebih dahulu aplikasinya di playstore atau juga kalian bisa mengakses melalui website Otoklix. Setelah itu kalian cukup melengkapi data mulai dari nama lengkap, email dan nomor ponsel yang kalian gunakan. Setelah bergabung dan masuk ke aplikasinya, kalian bisa daftarkan terlebih dahulu data mobil kalian (jenis mobil dan plat nomor). Setelah itu tinggal pilih perawatan yang mau dilakukan atau berdasarkan rekomendasi dari tim hasil dari konsultasi servis. Setelah itu lakukan booking dan bayar melalui aplikasi, pembayaran mudah dan aman dan tentunya juga kalian bebas dari antrian.

Kesimpulan

Otoklix memberikan pelayanan yang sangat lengkap bahkan bukan hanya perawatan mesin tapi sampai perawatan bodi mobil itu sendiri. Proses bookingnya juga gampang dan bias dilakukan kapan saja, belum lagi adanya layanan konsultasi sebelum melakukan servis membuat hati pelanggan tidak was-was dengan biaya yang membengkak. Jaminan mutu juga diberikan mereka dengan jaminan kualitas yang sama di cabang Otoklix di mana pun dan juga adanya garansi 30 hari yang meyakinkan pelanggan dengan kualitasnya. Layanan darurat juga tidak kalah pentingnya di saat kita sendiri di tengah jalan tidak perlu khawatir lagi karena adanya bantuan dari layanan darurat Otoklix. Buruan download aplikasinya sekarang juga dan daftarkan mobil kalian.

6 Komentar

  1. Berkat teknologi yang susah jadi gampang, yang jauh jadi dekat ya, Mas Frans. Terima kasih ulasannya. Detil dan informatif. Salam kenal.

    BalasHapus
  2. Hai, terima kasih sudah berpartisipasi. Jangan lupa untuk mengisi detail yang diminta pada “Form Submit Blog Competition” melalui bit.ly/formblog-oto agar artikelmu bisa ikut penilaian kami ya...

    BalasHapus
  3. asik ya ada otoklix..
    kalo mau service mobil gak perlu antri lagi, karena bisa booking dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali mbak, buat waktu jadi semakin efisien.

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama