Pilihan Cara Bayar Tagihan Listrik Zaman Now

Pilihan Cara Bayar Listrik Online

Bayar tagihan listrik sekarang ini sudah sangat mudah sehingga seharusnya sudah tidak ada lagi alasan telat bayar listrik. Cukup memanfaatkan fasilitas umum yang ada di sekitar rumah atau bahkan menggunakan aplikasi untuk membayar tagihan listrik secara online. Bahkan anak kecil pun sekarang sudah bisa membayar tagihan listrik sendiri.


Pembayaran Digital Semakin Mudah

Untuk kota-kota besar dan berkembang di Indonesia ini, menggunakan pembayaran digital pasti sudah menjadi hal yang biasa. Sekedar membeli pulsa atau bayar tagihan listrik sudah hampir semua masyarakat memilih untuk melakukan pembayaran secara digital karena tidak perlu menyimpan uang fisik di rumah dengan jumlah yang banyak. Mungkin untuk daerah yang pedalaman saja atau daerah yang ada di pelosok masih memanfaatkan kantor PLN untuk membayar tagihan listrik.

Kenapa mayoritas masyarakat memilih metode pembayaran digital untuk bayar tagihan listrik? Karena memang sangat mudah dan gampang, tidak capek harus keluar rumah dan banyak promo atau diskon yang ditawarkan penyedia jasa pembayarannya. Waktu yang dibutuhkan juga sangat cepat, hanya perlu koneksi internet, masuk ke akun masing-masing dan beberapa menit kemudian semua transaksi selesai.

Fitur keamanannya juga terjaga, hal ini yang sangat penting dalam metode pembayaran digital karena kita tidak bertemu langsung dengan penyedia jasanya. Hal ini juga yang banyak membuat masyarakat di daerah pelosok belum berani melakukannya karena kurangnya pengetahuan akan keamanan pembayaran secara digital. Dalam setiap pembayaran digital pasti di langkah terakhirnya adalah proses pengecekan ulang sehingga seharusnya tidak akan ada kesalahan data yang berakibat salah bayar.

Promo dan diskon yang ditawarkan juga bermacam-macam, ada yang memberikan potongan harga langsung sehingga jumlah yang dibayarkan lebih murah dari harga aslinya, ada yang memberikan cashback setelah transaksi berhasil yang nantinya bisa dikumpulkan dan dipergunakan kembali untuk bertransaksi, ada juga yang menggunakan sistem poin dan jika sudah terkumpul dengan jumlah tertentu bisa ditukarkan dengan merchandise atau hadiah lainnya.

$ads={1}

Pilihan Cara Bayar Tagihan Listrik

Keuntungan-keuntungan tadi membuat orang lebih memilih membayar tagihan listrik secara online dan pihak penyedia jasa juga berlomba-lomba untuk memberikan layanan pembayaran digital ini. Dengan cara apa saja kalian bisa melakukan pembayaran tagihan listrik secara online?

1. ATM

Dengan mesin ATM kalian bisa melakukan transaksi tidak hanya urusan perbankan tapi juga seperti membayar tagihan listrik ini. Metode ini paling sering digunakan oleh orang tua yang kemungkinan karena merasa lebih aman ketimbang menggunakan handphone atau juga karena orang tua cenderung lebih gaptek dan sulit menggunakan handphone, termasuk mama saya.

2. Mobile Banking

Hampir sama dengan cara sebelumnya di mana bank menyediakan jasa untuk membayar tagihan listrik melalui layanannya tapi melalui aplikasi yang diinstall di handphone kalian seperti mandiri livin, mbanking BNI dll. Kalian cukup masuk ke akun rekening masing-masing dan pilih pembayaran listrik, selesai.

3. Indomaret dkk.

Kalian juga bisa memanfaatkan indomaret, alfamart dan gerai lainnya untuk melakukan pembayaran listrik secara online. Indomaret dan lainnya sudah tersebar di banyak daerah di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke pelosok sekalipun. Jadi buat masyarakat yang ada di daerah bisa menggunakan indomaret dkk. sebagai layanan jasa untuk membayar tagihan listriknya.

4. Aplikasi

Nah, inilah metode yang paling banyak digandrungi hampir seluruh masyarakat Indonesia, melalui aplikasi seperti Tokopedia, Shopee, Blibli dan bahkan TopIndoPay seperti postingan saya beberapa waktu yang lalu. Aplikasi-aplikasi ini memberikan banyak promo dan diskon yang menggiurkan, mereka semua berlomba-lomba untuk menarik pelanggan dengan strateginya masing-masing.


Penutup

Semua metode di atas sama-sama praktis dan tidak perlu harus ke kantor PLN untuk membayar tagihan walaupun beberapa cara tetap harus keluar rumah seperti ke ATM dan indomaret. Tapi metode lain bisa kalian praktekkan jika malas untuk keluar rumah atau sedang sibuk-sibuknya sekolah atau bekerja. Saya pribadi sih untuk bayar tagihan listrik online lebih memilih menggunakan aplikasi karena banyak promo dan diskon yang ditawarkan, bahkan aplikasi pendatang baru seperti TopindoPay pun punya banyak kelebihan sehingga pengguna merasa sangat terbantu dengan adanya layanan-layanan ini.

2 Komentar

  1. Saya sslah satu orang yang belum berani melakukan pembayaran dengan sistem digital. He he ... Dasar nenek udik. Selamat sore, Banv Siregar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kenapa bu, cepat dan sangat praktis banget loh. Mungkin sekali2 bisa dicoba sambil dibimbing yang tahu Bu 😁

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama