5 Game Yang Pernah Populer di Zamannya (Part 1)

Game Yang Pernah Populer di Zamannya

Game Yang Pernah Populer di Zamannya
- Perkembangan game dari waktu ke waktu sangat menunjukkan perkembangan yang sangat baik, terlebih di segi grafiknya yang meningkat dari waktu ke waktu dan menunjukkan gambar yang semakin riil. Tapi bukan hanya game sekelas AAA (baca : triple A) saja yang pernah populer di kalangan para gamer, banyak game-game yang sederhana dan mungkin hanya diproduksi versi mobilenya saja tapi mendapatkan peringkat yang cukup baik di eranya.

10 Game Yang Pernah Populer di Zamannya

Berikut ini setidaknya ada 10 daftar game yang pernah populer dan bisa dibilang sangat digemari pada saat itu tapi sekarang mungkin lambat laun ketenarannya sudah menurun.

$ads={1}

1. Zynga Poker

Game Zynga Poker Facebook

Di awal peluncuran Facebook di tahun 2009 di Indonesia sebagai pesaing Friendster pada saat itu yang menjadi situs sosial media paling digemari kawula muda Indonesia, Facebook memberikan sesuatu yang menarik dan berbeda dari Friendster yaitu ada game di dalamnya. Tidak lama Facebook meluncur di dunia internet, masuklah Zynga sebagai developer game terkenal menyuguhkan game-game terbaiknya yang salah satunya sangat populer pada saat itu yaitu Zynga Poker.

Ya, ini mungkin merupakan cikal bakal game poker online yang ada sampai sekarang ini. Zynga Poker dulu bisa dimainkan ketika kita log in ke akun Facebook kita. Kita bisa bermain dengan teman-teman yang ada di lingkaran pertemanan kita ataupun dengan orang asing yang diambil secara random oleh sistem permainannya. Selain bermain juga kita bisa ngobrol di sana dan saling bertukar hadiah. Pertukaran hadiah atau chip ini juga dulu sempat dimanfaatkan beberapa orang untuk mencari uang karena ada banyak jasa untuk mengisi chip poker di masa itu.

Saya pribadi baru mengetahui jenis permainan poker sejak adanya Zynga Poker ini dan sangat ketagihan pada saat itu sampai-sampai saya selalu menyempatkan diri datang ke warnet hanya untuk bermain Poker, sungguh menyenangkan. Sekarang ini game poker sudah banyak kita jumpai di Playstore sehingga gampang untuk mencoba memainkannya.

2. Angry Bird

Game Angry Bird

Game yang satu ini pernah saya mainkan untuk pertama kalinya di tahun 2012 atau 2013. Kalau tidak salah awalnya game ini hanya eksklusif ada di perangkat Apple saja. Saya yang memainkannya pertama kali langsung sngat menyukai game ini. Gamenya sangat sederhana dan bisa dibilang gampang kalau kita tidak terlalu memperhatikan bintang sempurna di tiap levelnya.

Sesuai namanya, game ini memerankan seekor burung berwarna merah yang memiliki tempramental yang tinggi, musuhnya adalah kumpulan babi berwarna hijau. Cara bermain game ini sangat sederhana, kita cukup melemparkan burung menggunakan sebuah ketapel ke arah babi-babi yang sudah menunggu di seberang.

Jenis burungnya berbeda-beda, ada yang berwarna merah, kuning, putih dan lainnya. Tiap burung juga memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang bisa menambah kecepatan, ada yang bisa membuang bom, bertambah banyak dll. Pintar-pintar kita saja mengombinasikannya untuk mendapatkan poin setinggi-tingginya.

3. Clash of Clans

Game Clash of Clans

Game besutan negara Finlandia ini pernah populer dan bahkan populer di sekitar tahun 2013. Menjadi game mobile terbaik saat itu. Di kantor pada saat itu hampir semua anak muda memainkan game ini. Game ini sampai sekarang pun masih ada dan bahkan turnamennya masih ada, tapi tetap saja pamornya sudah sangat berlalu saat ini.

Bermain game Clash of Clans ini menguji strategi playernya untuk memilih troops yang diinginkan dan penempatannya pun harus tepat. Selain menyerang juga kita harus menciptakan base yang bisa tahan banting jika diserang oleh player lain. Penempatan pertahanan benar-benar harus tepat, jangan sampai musuh bisa menyerang town hall kita.

Perhitungan game ini sederhana, jika kalian bisa menghancurkan setidaknya setengah base maka mendapatkan satu bintang, menghancurkan town hall musuh maka mendapatkan satu bintang lagi, dan jika bisa menghancurkan semuanya maka akan sempurna menjadi tiga bintang.

4. Candy Crush Saga

Game Candy Crush Saga

Populernya game ini hampir berbarengan dengan masa jayanya Clash of Clans. Saat itu ponsel android mulai menjamur dan game yang banyak didownload salah satunya adalah Candy Crush.

Sebuah game yang sangat sederhana, mencocokkan jenis-jenis permen yang ada di dalam kotak. Semakin banyak permen yang bisa diaatukan maka akan memberikan efek yang berbeda-beda. Efek yang diberikan juga bisa digabungkan lagi sehingga akan memberikan efek yang jauh lebih besar lagi.

Jumlah level yang disediakan sangat banyak, hingga ratusan jumlahnya. Saya dulu memainkannya hingga level 200an saja kalau tidak salah. Teman saya dulu ada yang saking sudah terlalu jauh levelnya hingga diberikan hadiah oleh pihak developer gamenya, dahsyat.

5. Flappy Bird

Game Flappy Bird

Game dengan piksel sederhana ini pernah sangat populer di zamannya, karena apa? Karena sulit! Sangat sulit. Tampilannya sangatlah sederhana dan memainkannya pun hanya melompat-lompatkan bebek atau burung agak tidak terkena rintangan pipa di atas dan bawah.

Game ini kabarnya adalah game besutan orang yang berasal dari Vietnam dan langsung dibeli oleh developer game dengan harga yang sangat tinggi pada saat iti karena kepopulerannya. Tapi sekarang sudah jarang sekali orang tahu apalagi memainkan game ini, umurnya benar-benar hanya seumur jagung.

Penutup

Masih ada beberapa game lagi yang memang sangat populer di zamannya tapi mungkin nanti akan dibahas di postingan berikutnya. Ada nggak game barusan yang pernah kalian mainkan?

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama