5 Fitur Baru Whatsapp Selama Tahun 2021

Fitur Baru Whatsapp

5 Fitur Baru Whatsapp Selama Tahun 2021
- Aplikasi pesan instan paling populer, Whatsapp, terus melakukan pembaruan dan improvisasi untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna dalam berinteraksi. Fitur terbaru yang dirilis Whatsapp yaitu fitur pesan hilang otomatis yang dapat digunakan mulai 6 Desember lalu. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur pesannya agar hilang secara otomatis dalam jangka waktu tertentu.

$ads={1}

Fitur Baru Whatsapp Selama Tahun 2021

Kehadiran fitur ini semakin menambah daftar fitur baru yang dirilis Whatsapp selama tahun 2021. Berikut adalah daftarnya.

1. Sepanjang tahun 2020, terjadi peningkatan yang signifikan pada jumlah percakapan telepon Whatsapp, baik panggilan suara maupun video. Bahkan pada malam Tahun Baru 2021, Whatsapp memecahkan rekor panggilan telepon terbanyak yang pernah dilakukan dalam satu hari yaitu sebanyak 1,4 miliar panggilan suara dan video. Pemakaian fasilitas internet dan sosial media memang meningkat pesat di pandemi ini. Masyarakat menggunakan internet untuk hiburan dan sosialisasi, dari sosial media hingga akses ke situs tertentu seperti bk8 login. Hingga akhirnya pada 6 April 2021, fitur panggilan suara dan video yang semula hanya bisa dilakukan melalui smartphone, mulai dapat dinikmati di aplikasi desktop Whatsapp. Fitur ini bertujuan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk saling bekerja sama dan membebaskan tangan pengguna untuk bergerak sambil berbicara tanpa harus memegang smartphone.

2. Untuk pengguna Whatsapp Business, Whatsapp meluncurkan fitur baru yang membuat pesan bisnis lebih cepat dan mudah, pada 21 Juni 2021. Fitur perpesanan baru ini membantu pelaku bisnis untuk menyelesaikan bisnisnya dengan lebih cepat, yaitu dengan menyediakan opsi hingga 10 jawaban untuk membalas pesan pelanggan tanpa perlu mengetik tanggapan satu per satu.

3. Fitur baru kembali diluncurkan Whatsapp pada 3 Agustus 2021, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan panggilan baru pada panggilan grup yang sedang berlangsung. Sehingga jika ada anggota grup yang melewatkan panggilan ketika telepon berdering, mereka masih dapat bergabung walaupun panggilan grup sudah berlangsung lebih dulu. Pengguna juga dapat meninggalkan panggilan kemudian bergabung kembali selama panggilan masih berlangsung, serta dapat melihat informasi mengenai siapa saja yang sudah bergabung dan yang sudah diundang tetapi belum bergabung.

4. Pada 2 September 2021, Whatsapp secara resmi merilis fitur Lihat Sekali. Fitur ini memungkinkan pengguna yang ingin menjaga privasi saat mengirim foto atau video, di mana penerima hanya memiliki satu kali kesempatan untuk melihat apa yang dikirim, kemudian pesan tersebut akan otomatis menghilang setelah dilihat.

5. Fitur terbaru yang dirilis 6 Desember 2021 yaitu fitur pesan sementara atau hilang otomatis. Fitur ini sebenarnya sudah diluncurkan pada November 2020 lalu. Akan tetapi, pengguna hanya diberikan pilihan untuk menghapus pesan secara otomatis setelah 7 hari. Setelah pembaruan, pengguna memiliki beberapa pilihan waktu yaitu 24 jam, 7 hari, hingga 90 hari. Berdasarkan unggahan Whatsapp di blog resminya, tujuan dari fitur ini adalah untuk “menghubungkan dunia secara pribadi”. Fitur ini bisa digunakan baik di chat pribadi maupun grup. Untuk semua chat pribadi, fitur ini dapat diaktifkan secara default dengan cara masuk ke menu pengaturan, ketuk “akun” lalu privasi, dan pengatur waktu pesan default. Sedangkan khusus untuk chat grup, admin dari grup tersebut dapat mengatur agar admin menjadi satu-satunya yang bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut. Fitur baru ini juga sampai saat ini masih terus dikembangkan.

Penutup

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 untuk perangkat iOS, Whatsapp terus membuat pembaruan dan fitur yang inovatif. Maka tak heran jika Whatsapp menjadi aplikasi pesan instan yang paling populer dan jumlah penggunanya terus meningkat. Hingga saat ini tercatat lebih dari 2 miliar pengguna aktif WhatsApp di seluruh dunia.

Sumber gambar :
kompas.com

2 Komentar

  1. Yang saya suka, Beberapa tampilan lebih bersih, contohnya tampilan profil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. whatsapp memang terkenal banget karena kesimpleannya dan kesederhanaan tampilannya gan ya :D

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama