Tips Menyiasati Minyak Goreng Langka

Minyak Goreng Langka

Tips Menyiasati Kelangkaan Minyak Goreng
- Akhir-akhir ini berita yang sedang heboh bukan hanya pandemi Covid-19 yang masih menghantui, bukan hanya motoGP yang akan dihelat di Mandalika Indonesia, bukan hanya Rusia yang masih menginvasi wilayah Ukraina hingga saat ini tapi juga ada yang jauh lebih menghebohkan dari itu semua, minyak goreng langka di Indonesia.

Benar, ini merupakan sebuah anomali karena kita tahu Indonesia yang dengan hamparan perkebunan kelapa sawitnya yang berlimpah dan merupakan salah satu produsen minyak goreng sawit terbesar di dunia tapi saat ini Indonesia justru mengalami kelangkaan minyak goreng padahal minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan dasar di rumah tangga penduduk Indonesia.

Karena minyak goreng yang langka, sesuai dengan hukum ekonomi maka wajar saja harganya jadi melambung tinggi, bisa melewati 100%. Pemerintah sempat mengeluarkan kebijakan menetapkan harga eceran tertinggi minyak goreng di seluruh Indonesia hanya Rp 14.000 saja per liternya. Tapi karena banyaknya mafia membuat minyak goreng hilang dari peredaran dan sudah banyak pihak yang ketahuan memang sengaja menimbun minyak goreng ini untuk dijual kembali dengan harga yang tinggi.

Kebijakan tersebut tidak bertahan lama karena tidak sampai sebulan pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan bahwa harga minyak goreng tidak memiliki ambang batas atas lagi, tetapi disesuaikan dengan kebutuhan pasar di daerah masing-masing. Dengan adanya kebijakan itu maka harga minyak goreng saat ini diperjual belikan di harga Rp 25.000 per liternya, naik dua kali lipat.

$ads={1}

Tips Hemat Penggunaan Minyak Goreng Yang Langka

Kenaikan harga ini tentu membuat ibu-ibu menjerit dan berusaha mencari solusi untuk ini. Belum lagi buat para penjual gorengan yang sudah pasti menggunakan minyak goreng sangat banyak setiap harinya. Tips-tips berikut ini bisa kalian simak kalau kalian memang kesulitan dengan langkanya minyak goreng saat ini.

1. Ganti Menu Masakan

Kebanyakan menu makanan Asia khususnya di Indonesia memang adalah makanan yang digoreng, mulai dari lauk pauknya, makanan pendampingnya sampai ke cemilan pun kebanyalan digoreng. Karena minyak goreng yang sedang langka kalian bisa mengganti cara mengolahnya dari menggoreng ke merebus misalnya atau menumis yang hanya menggunakan minyak goreng sedikit saja. Yang biasanya menu makanannya adalah ikan goreng atau ikan balado bisa diubah menjadi sup ikan atau gulai ikan yang pastinya menggunakan minyak yang lebih sedikit ketimbang menggoreng.

2. Gunakan Mentega

Mentega Sebagai Pengganti Minyak Goreng

Mentega yang berbahan baku sama dengan minyak goreng memang sangat bisa menjadi pengganti minyak goreng. Kalau hanya sekedar mau menggoreng telur atau hidangan lain yang simple kalian bisa menggunakan mentega menjadi pengganti minyak goreng. Nilai plus dari mentega juga sudah pasti rasanya akan jauh lebih gurih dari minyak goreng. Walaupun memang kalau mau menggoreng dalam jumlah banyak, mentega kurang cocok digunakan karena akan menghabiskan biaya yang lebih besar daripada minyak goreng.

3. Gunakan Peralatan Anti Lengket

Alih-alih mengganti minyak goreng dengan mentega, kalian bisa juga dengan menggunakan wajan anti lengket atau sejenisnya. Karena fungsi minyak goreng dan mentega sebenarnya juga agar makanan tidak lengket maka kalau kalian menggunakan wajan anti lengket, kalian bisa menggoreng telur tanpa minyak. Lebih hemat dan lebih sehat pastinya. Wajan anti lengket terbaik biasanya yang terbuat dari keramik, harganya jauh lebih mahal ketimbang wajan lainnya. Kalau mau yang lebih murah kalian bisa pakai wajan anti lengket yang hanya dilapisi di permukaannya saja, tapi ya sudah pasti tingkat keawetannya akan lebih jelek dari wajan full keramik.

4. Gunakan Kulit Ayam

Minyak Goreng Kulit Ayam

Baru-baru ini ada video di youtube yang memberikan tutorial menghasilkan minyak dari kulit ayam. Kulit ayam cukup kalian goreng saja dan akan mengeluarkan minyak, sisihkan minyak yang sudah dihasilkan tadi dan goreng terus kulit ayam untuk mendapatkan minyak lebih banyak lagi. Minyak hasil dari kulit ayam ini bisa kalian gunakan untuk media menggoreng dan sudah pasti rasanya nikmat sekali karena asli dari kulit ayam. Untuk versi non halal juga kalian bisa menggunakan lemak babi karena kandungan minyaknya juga banyak.

5. Gunakan Air Fryer

Air Fryer akhir-akhir ini jadi alat yang sangat dicari-cari ibu rumah tangga karena dengan alat ini kalian bisa menggoreng tanpa menggunakan minyak. Sesuai dengan namanya, kalian bisa menggoreng dengan menggunakan udara saja. Teknologi ini sangat membantu buat kalian yang mau hidup lebih sehat dengan mengurangi penggunaan minyak atau juga seperti saat ini yang harga minyak goreng sedang naik pesat sehingga air fryer bisa menjadi alat yang sangat berguna.

Penutup

Lima tips barusan bisa kalian praktekkan untuk menghemat penggunaan minyak goreng di rumah tangga. Saat ini minyak goreng dijual dengan harga sekitar Rp 25.000 per liter. Semoga lambat laun harga minyak goreng ini bisa turun dan kembali ke harga normalnya.

10 Komentar

  1. Saya lagi pengen air fryer, selain minyak mahal, goreng tanpa minyak tentu lebih sehat.

    BalasHapus
  2. Sip banget solusinya. Memang minyak mahal harus kurangi goreng-gorengan. Semoga besok bisa turun lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga secepatnya normal kembali ya mbak 😁

      Hapus
  3. Gara2 kelangkaan ini jg terpaksa ikut2 beli air fryer mas

    BalasHapus
  4. Hahahaha akupun pakai beberapa cara di atas mas. Menu skr aku bikin yg ga pake minyak banyak. Rata2 Tumis, atau rebus. Yg deep fried udh ga ada di menuku. Kalopun kangen makan deep fried beli ajalah. Msh LBH murah 😅.

    Tinggal cara kulit ayam aku blm coba. Boleh juga caranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deep fried bener2 pantang itu mbak sekarang ini wkwkwkwk

      Hapus
  5. Wah ngebayangin kulit ayam digoreng kriuk gitu kog enak banget ya hihihi ditambah minyak yang dihasilkan itu buat tambahan makan mie atau tumis-tumis jadi lezat banget lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya saya juga mikirnya ke situ sih mbak, pasti enak banget rasanya, gurih 😆

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama