RajaBackLink.com

Bahaya Jika Bermain Game Terlalu Lama

Bahaya Main Game

Bahaya Jika Bermain Game Terlalu Lama
– Bermain game terlalu lama sudah pasti memberikan efek yang buruk karena benar kata orang kalau segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tidak akan baik. Walaupun kalian sedang asyik bermain game dengan kerabat atau sendirian tapi kalian juga harus tetap tahu waktu, kalian harus bisa membatasi diri sendiri agar tidak terlalu kecanduan bermain game.

Pro player pun yang jam bermain gamenya bisa mencapai 20 jam sehari tetap diharuskan untuk istirahat, tidak boleh nonstop. Tapi seorang pro player berbeda dengan kita yang hanya pemain amatir karena mereka didukung oleh fasilitas yang baik terutama ada asupan tambahan buat energi mereka. Buat kita yang hanya bermain untuk have fun saja sebaiknya tidak lebih dari 2 atau 3 jam sehari bermain game.

$ads={1}

Bahaya Bermain Game

Jika Terlalu Lama Memang benar segala hal yang dilakukan terlalu lama akan berakibat buruk, termasuk salah satunya bermain game. Bermain game yang awalnya berniat untuk menghilangkan stress tapi jika terlalu lama membuat lelah dan bisa-bisa berujung ke kondisi sakit atau badan tidak fit. Berikut ini beberapa dampak yang mungkin bisa kalian alami jika terlalu lama bermain game.

Mata Lelah

Indera yang sangat banyak porsi kerjanya saat bermain game adalah mata, mata yang harus fokus ke layar komputer atau handphone akan sangat lelah jika dipaksa bermain terlalu lama. Belum lagi kedipan yang jarang membuat mata akan semakin rentan kemasukan debu dari luar yang bisa membuat iritasi di lapisan luar bola mata, akibatnya membuat mata bisa berair.

Belum lagi radiasi yang dipancarkan dari layar saat bermain bisa membuat mata cepat lelah walaupun sekarang ini sudah diciptakan alat semacam kacamata yang bisa menangkal radiasi yang ditimbulkan dari layar komputer kalian. Walaupun begitu kalian harus tetap mengistirahatkan mata kalian jika memang tidak mau mata kalian rusak atau harus menggunakan kacamata.

Badan Pegal

Posisi saat bermain juga sangat menentukan kenyamanan kalian saat bermain. Beberapa orang ada yang senang bermain sambil posisi santai menyandar atau rebahan di sofa atau tempat tidur, ada juga yang lebih suka duduk di bangku saat bermain. Senyaman-nyamannya posisi kalian saat bermain pun tapi jika kalian bermain dalam waktu yang lama maka badan kalian akan terasa pegal.

Buat sebagian orang bahkan sudah menyiapkan bangku gaming yang bisa dibilang sangat nyaman karena selain bahannya yang sudah pasti empuk dan memiliki tempat lengan bertumpu juga posisi duduknya bisa diubah ketinggiannya, sehingga posisi bermain akan semakin ideal dan nyaman. Tapi walaupun begitu tetap saja kalian akan merasa pegal jika hanya duduk diam tidak bergerak ke mana-mana.

Tangan Kesemutan

Posisi bermain juga saat tangan kalian terlipat atau mungkin tertindih dengan badan akan bisa menyebabkan kesemutan. Kesemutan biasanya terjadi karena adanya pembuluh darah yang terhambat sehingga memberikan efek kebas atau kesemutan paling sering di jari-jari kalian. Obat kesemutan biasanya kalian bisa dengan melemaskan tangan kalian dan jangan digerakkan terlebih dahulu, biarkan darahnya mengalir maka kesemutan bisa hilang sendiri. Tapi jika kalian merasakan kesemutan yang teramat sangat bisa mendiskusikannya dengan dokter kalian masing-masing.

Stress

Kembali, seperti yang kita bahas tadi, tujuan utama bermain game sejatinya adalah mencari kesenangan dan keceriaan. Tapi karena belakangan jenis game yang beredar kebanyakan adalah game kompetitif yang membutuhkan kecekatan lebih untuk memenangkan dan menyelesaikan sebuah game. Jika kalian terlalu memaksakan bermain game kompetitif bisa-bisa kerusakan saraf akan terjadi yang membuat kalian lelah atau mungkin stress. Otak yang jenuh sebaiknya diistirahatkan untuk beberapa waktu. Setelah sudah merasa enak dan enteng maka kalian bisa lanjutkan lagi bermain game.

Penutup

Sebaiknya kalau kalian termasuk orang yang hobi bermain game, artinya setiap hari harus bermain game, maka sebaiknya kalian membuat jadwal atau target harian maksimal berapa jam kalian harus sudah berhenti bermain game dan beristirahat. Toh, game seperti game offline bisa disimpan dan dilanjutkan di keesokan harinya.

1 Komentar

  1. ah bener ini, kadang suka lihat anak2 di taman depan rumah teriak dgn kata2 kasar pas mereka mabar.. hehehe.. bukan fun lagi tapi sudah stress kan ya jatuhnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama