Review Game Jadul Sim City 2000

Sim City 2000

Review Game Jadul SimCity 2000 - Genre game sejak dulu hingga saat ini terus berkembang. Beberapa genre game juga sudah diciptakan sejak awal-awal video game diciptakan. Genre game seperti versus, balapan, sport dan bahkan game simulasi juga sudah diciptakan sejak lama.

Khususnya game simulasi, banyak orang yang mengira genre game ini baru-baru ini saja diciptakan. Khususnya di Indonesia sebenarnya kenapa anggapan itu terjadi karena genre game lainnya seperti sport dan balapan lebih banyak peminatnya sehingga menutup keberadaan game jenis simulasi seperti itu.

Di zaman sekarang ini game simulasi sudah terbagi-bagi lagi ke banyak cabang permainan seperti simulasi membangun kota, membangun rumah sakit, taman bermain hingga membangun sebuah cafe misalnya.

Salah satu game simulasi yang mau kita bahas saat ini adalah game simulasi membangun kota. Yang saat ini masih eksis adalah seperti game Cities Skyline. Game simulasi membangun kota ini sebenarnya sudah sejak dulu dibuat.

Game Jadul PS1

Sebagai contoh adalah game Sim City 2000 yang ada di konsol Playstation 1 dulu. Di zaman tahun 90an atau 2000an awal dulu game ini sudah ada dan bisa dimainkan di konsol. Hingga teknologi game berkembang dan genre game ini juga sempat terkenal dengan game Cities XL yang kemudian sekarang ini lebih dikenal dengan Cities Skyline.

Dan kali ini kita akan review game jadul PS1: SimCity 2000. Game simulasi membangun kota ini pertama kali saya mainkan dulu saat duduk di bangku sekolah, tepatnya SMP. Awalnya teman saya menceritakan soal game barunya dan saya tertarik untuk meminjam dan mencobanya di konsol Playstation.

Permainan ini berbarengan dengan game simulasi lainnya di zamannya seperti Theme Hospital yang mengelola rumah sakit, SIM Theme Park yang mengelola taman bermain dan Harvest Moon yang merupakan simulasi bertani.

Seperti Apa Permainannya?

Game Sim City 2000 ini membuat kita menjadi seorang gubernur yang berwewenang untuk membangun sebuah kota mulai dari jalanan, bangunan perumahan, fasilitas umum hingga bangunan-bangun perkantoran.

Semua bangunan di kota kita harus saling berintegrasi agar tidak menimbulkan satu sama lain yang bisa membuat performa kemakmuran kota kita menjadi jelek.

Untuj mempercantik kota kita juga bahkan diberikan pilihan untuk menaikkan dan menurunkan kontur tanah sehingga kita bisa membuat daerah yang berbukit-bukit agar tidak terlihat monoton saja kalau semuanya datar.

Salah satu hal yang paling sering terjadi saat bermain game simulasi membangun kota adalah kemacetan yang sudah pasti tidak dapat dihindari. Semakin banyak jalanan kalian buat justru bisa membuat kemacetan di mana-mana.

Belum lagi, untuk menambah tantangan kalian dalam membangun kota, game ini menciptakan masalah-masalah yang bisa terjadi selain kemacetan tadi. Ada musibah seperti kebakaran hutan, gempa bumi, banjir yang meluap dan bahkan ada serangan alien dari luar angkasa untuk menghancurkan kota kalian.

Masalah-masalah inilah yang kemudian harus segera kalian selesaikan dan siapkan solusinya untuk mencegah atau paling tidak mengurangi kemungkinan terjadi lagi di masa depan.

Grafik Ketinggalan Zaman?

Kalau kita lihat saat ini grafiknya memang sudah sangat ketinggalan zaman sekali. Sangat terlihat kotak-kotak dan kompilasi warnanya masih sangat sederhana. Bahkan kalau kita bandingkan dengan game mobile saat ini sekali pun, game mobile sudah sangat bagus grafiknya.

Tapi tetap saja, dengan grafik yang sangat sederhana tersebut, di zamannya dulu kita tidak ada masalah dengan grafik ini. Karena memang saat itu semua permainan seperti itu grafiknya sehingga game ini masih keren sekali untuk dimainkan.

Penutup

Walaupun game simulasi kota yang satu ini sudah ketinggalan dari segi grafik dan fitur permainan, tapi buat kalian yang sudah berumur dan pernah memainkannya dulu, tidak ada salahnya untuk memainkannya lagi sekarang untuk sekedar bernostalgia di masa kecil dulu.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama