Cara Menghemat Kuota Internet

Cara Menghemat Kuota Internet

Kuota internet dari provider-provider di Indonesia yang ditawarkan sangat beragam dan jumlahnya sebenarnya relative buat setiap orang, bisa saja buat seseorang jumlah tertentu masih kurang tapi itu sangat banyak untuk orang lain. Jika kurang, kita harus cari cara untuk menghemat kuota internet agar jangan sampai bulan belum habis tapi kuota internet sudah sekarat.


Tingkat pengguna internet di Indonesia sudah sangat berkembang dari tahun ke tahun. Sudah hampir semua lapisan masyarakat mengerti dengan dunia internet apalagi di kota-kota besar. Untuk masyarakat yang ada di daerah-daerah juga lama kelamaan sudah semakin mengenal dunia internet walaupun kita tahu kondisi di daerah terutama yang ada di pelosok masih sangat sulit untuk mendapatkan jaringan internet.

Untuk kehidupan di kota-kota besar seperti Jakarta sudah sangat gampang mendapatkan koneksi internet, sepertinya sudah hampir seluruh wilayah Jakarta bisa mendapatkan koneksi internet dengan mudah. Bahkan banyak juga masyarakat yang memanfaatkan kuota internet gratis dengan mendatangi tempat-tempat umum yang menyediakan koneksi internet seperti café, bandara atau juga tempat yang disediakan oleh Telkom.

Kuota internet sudah menjadi kebutuhan pokok di zaman sekarang ini di mana setiap bulan pasti kita menyisihkan dana untuk mengisi kuota internet, baik itu kuota internet mobile atau juga kuota internet di rumah. Jumlah kuota yang dibutuhkan setiap orang pastinya berbeda-beda berdasarkan prilaku berselancar internet yang sering dilakukan, apakah hanya sekedar membaca berita dan media sosial atau hobi menonton streaming video melalui youtube atau platform sejenisnya.

Semakin tinggi kecepatan internet yang didapat akan semakin memaksa kita untuk menghabisi kuota internet lebih banyak lagi. Sekarang ini teknologi internet sudah ada di tahap 4G di mana untuk menonton video streaming secara live dengan kualitas full HD 1080p sudah sangat cukup. Teknologi terus berkembang dan untuk kecepatan 5G saat ini sudah ada di negara-negara lain seperti Amerika dan Eropa, itu pasti akan sangat menyedot kuota internet lebih banyak lagi.

Baca Juga : Provider Internet Rumah Terbaik {alertInfo}

Cara Menghemat Kuota Internet

Dengan banyaknya hiburan yang bisa dinikmati melalui internet kita harus pintar-pintar mengatur arus kuota internet kita setiap bulannya agar tidak kehabisan sebelum waktunya yang mengakibatkan tagihan membengkak. Berikut tips atau cara yang bisa kalian terapkan untuk menghemar kuota internet kalian.

1. Matikan Auto Download

Semua pasti saat ini menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp, Telegram atau aplikasi chat sejenis lainnya. Di aplikasi chat biasanya kita bergabung ke dalam sebuah grup yang berisikan sekumpulan orang seperti grup keluarga misalnya atau grup sekolah dan kampus. Data yang dibagikan di grup yang paling menyedot kuota adalah video dan foto, terutama video.

Biasanya akan ada pengaturan apakah data seperti foto atau video yang dibagikan di grup akan langsung didownload atau tidak. Fitur auto-download ini memiliki keunggulan dan kerugian, keuntungannya adalah kita bisa langsung melihat file yang dibagikan jika dibagikan secara bertubi-tubi tapi sayangnya jika kita mengaktifkan fitur ini jika ada file video yang dibagikan dan kebetulan filenya berukuran besar maka kuota akan tersedot sangat besar.

2. Gunakan Data Seluler

Untuk aplikasi seperti Facebook ada pilihan untuk mengaktifkan data seluler, ini bertujuan agar foto dan video yang ada di beranda kalian tidak akan otomatis terbuka. Prinsipnya hampir sama dengan poin nomor satu tadi sehingga kuota kalian tidak akan langsung disedot, apalagi jika kalian mengaktifkan fitur auto play di aplikasi Facebook kalian, akan sangat menguras kuota karena tampilan video membutuhkan lebih banyak kuota daripada foto.

$ads={1}

3. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Untuk beberapa aplikasi besar dan terkenal menyediakan aplikasi dalam versi yang lebih ringan atau disebut lite. Kalian tetap bisa bermedia sosial menggunakan aplikasi tersebut namun dengan batasan tertentu pastinya untuk meminimalkan kuota internet yang digunakan.

Aplikasi yang menyediakan versi litenya adalah seperti Facebook, Instagram dan bahkan Line juga ada, kalau belum pernah tahu kalian bisa mencobanya. Bukan hanya dari fitur semacam autoplay video saja yang dibatasi tapi tampilannya juga dibuat seminimalis mungkin, namanya juga lite.

4. Turunkan Kualitas Video

Buat kalian yang suka menonton video di youtube ntah itu nonton video biasa atau yang live apalagi, kalian bisa turunkan kualitas videonya agar tidak terlalu banyak menguras kuota internet. Untuk ukuran smartphone biasanya tampilan yang paling pas ada di 720p karena untuk ukuran layar sekecil itu kualitas 1080p tidak akan terlalu kelihatan perbedaannya dengan 720p kecuali kalian menontonnya di TV dengan layar yang lebih besar.

Tapi bukan berarti juga harus turun jauh demi menghemat kuota internet tapi membuat kalian sendiri tidak nyaman menontonnya. Untuk ukuran 240p ke bawah sebenarnya sudah tidak layak lagi ditonton karena pixelnya akan terasa sekali mengotak-ngotak. Ukuran standar sebaiknya ada di 360p dan 480p, untuk tampilan puas kalian bisa menaikkan ke 720p dan jika ingin tampilan yang lebih baik lagi fpsnya kalian naikkan ke 60fps.

5. Hindari Aplikasi Tiktok, Instagram dkk.

Kenapa spesifik ke Tiktok dan Instagram? Karena kontennya kebanyakan video apalagi tiktok, semuanya pasti video sehingga kuota yang dihabiskan akan semakin banyak.

Walaupun hanya sekedar scroll fyp di tiktok atau cari konten di discovernya instagram, kuota kalian akan dikuras habis-habisan karena semua videonya langsung terbuka walaupun hanya sekedar preview saja.

6. Pergi ke Tempat Gratis Wifi

Sekarang ini sudah banyak tempat-tempat yang memberikan layanan internet gratis seperti di cafe yang biasanya digandrungi anak-anak muda. Biasanya banyak anak muda memanfaatkannya untuk mengerjakan tugas atau bahkan mabar dengan temannya bermain mobile legends atau PUBG.

Tapi yang perlu kalian ingat juga jangan hanya karena mengincar internet gratis tapi kalian menghabiskan uang cukup banyak untuk membeli menunya, itu sama saja kalian membeli kuota internet sendiri. Kalian bisa juga memanfaatkan tempat-tempat yang benar-benar gratis seperti tempat yang disediakan oleh Telkom misalnya, biasanya mereka menyediakan beberapa tempat di tengah kota untuk berselancar internet atau bahkan ada beberapa taman yang menyediakan juga.

7. Mainkan Game Offline

Tips ini cocok buat kalian yang hobi bermain game terutama game online. Ya walaupun sebenarnya kuota tidak terlalu banyak dihabiskan jika bermain game online, tapi kan tetap saja menggunakan kuota internet. Karena sering juga kita temukan beberapa pemain yang AFK saat bermain dengan alasan habis kuota.

Bagaimana dong kalau mau main game tapi kuota menipis? Kalian bisa memainkan game yang offline saja, paling gampangnya ya kalian memainkan game konsol seperti PlayStation atau Nintendo Switch yang sama sekali tidak menggunakan internet. Game mobile yang offline juga banyak yang bagus, kalian bisa mencarinya di playstore atau appstore kalian masing-masing.

8. Save Video Untuk Ditonton Nanti

Cara ini sebenarnya saya lihat dari kebiasaan teman saya. Jadi jika kalian sedang berada di tempat yang menyediakan internet gratis dan unlimited kalian bisa menyimpan videonya terlebih dahulu untuk ditonton lagi saat kalian berada di luar. Youtube juga sudah memberikan fitur watch later ini sehingga kalian tidak perlu bolak-balik menghabiskan kuota jika ingin menonton sebuah video berulang kali.

Penutup

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengemat kuota internet. Saya sendiri biasanya menghabiskan kuota internet di smartphone setiap bulannya 10-15 GB sisanya saya menggunakan internet rumah yang unlimited agar lebih hemat.

6 Komentar

  1. Tapi pas PPKM gini ga bisa nongkrong sambil nitip download di area wifi gratisan hehe. Saya juga sering save video sampe bergiga-giga di hape, biar pas internet lagi mati ga gabut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHA jangan sampe penuh juga tuh hapenya gan, bisa lemot ntar 😂

      Hapus
  2. Teima kasih Tipsnya Bang Siregar. selama ini saya tak pernah menghemat kuota internet, karena tidak mengerti. Selamat malam. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama pemakaian wajar sih kuota biasa gak akan habis sih bu. Kalau ada hobi nonton video baru tuh kuota bisa boros banget 😅

      Hapus
  3. Poin 5 setuju banget +yt, aplikasi yang paling nyedot paket data. 🤦‍♂️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi gan, soalnya kan autoplay gitu, jadi kesedot terus

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama