7 Cara Menghemat Energi

Cara Menghemat Energi

7 Cara Menghemat Energi
- Energi pasti sangat dibutuhkan di dalam kehidupan manusia, bahkan manusia sendiri pun untuk menghidupkan tubuhnya sendiri membutuhkan energi yaitu dari makanan. Energi yang kita gunakan di kehidupan sehari-hari semakin lama semakin banyak berkurang sehingga kita harus mencari cara untuk menjaga keberadaannya dengan menghemat penggunaan energi secara global dan dimulai dari lingkungan sekitar kita terlebih dahulu.

Coba tuliskan apa saja kegiatan kalian seharian mulai dari kalian bangun pagi kemudian beraktivitas sampai kembali beristirahat di malam hari. Hampir semua kegiatan kita sehari-hari menggunakan sumber energi yang ada seperti menggunakan energi listrik untuk perabotan rumah, energi bahan bakar saat kita menggunakan kendaraan dan juga energi lainnya yang bisa kita temukan di alam sekitar kita.

Sumber energi yang paling mainstream atau paling sering kita dengar adalah dari minyak bumi. Minyak bumi yang berasal dari fosil-fosil zaman purbakala mengendap dan menghasilkan minyak bumi yang berlimpah di kehidupan kita sekarang ini. Minyak bumi bisa diolah menjadi berbagai macam bahan bakar untuk kendaraan seperti solar, bensin dan bahkan hasil sampah terakhirnya saja bisa dibuat menjadi bahan campuran aspal jalan.

Selain minyak bumi juga untuk pembangkit listrik paling banyak menggunakan batu bara khususnya di negara kita Indonesia. Batu bara digunakan sebagai bahan bakar untuk memanaskan fluida di dalam pembangkit listrik betenaga uap. Di negara-negara maju lainnya selain menggunakan batu bara mereka lebih memilih menggunakan uranium sebagai bahan bakar pembangkit listriknya karena dianggap lebih efektif dan efisien walaupun dengan resiko kegagalan yang bisa berakibat sangat fatal.

$ads={1}

Cara Menghemat Energi

Semua sumber daya alam itu tentunya akan habis jika kita hanya menggunakannya saja tanpa memikirkan bagaimana tindak konservasi energi. Kita harus bisa menghemat penggunaan energi di masa sekarang sebagai tabungan buat generasi selanjutnya di masa yang akan datang. Menghemat energi bisa kita mulai dari rumah kita dulu kemudian berkembang ke daerah sekitar kita.

1. Matikan Peralatan Yang Tidak Digunakan

Kelihatannya sepele tapi memang nyatanya masih banyak orang yang tidak mematikan perangkat elektronik di rumahnya walaupun peralatan itu tidak digunakan. Masih banyak yang berpikir "ah itu kan paling hanya sedikit listrik yang dipakai", padahal prilaku ini dikerjakan berulang-ulang terus menerus setiap hari maka akan menghabiskan energi yang banyak juga. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya cabut perangkat elektronik dari sumber listrik agar aliran listrik benar-benar terputus.

Baca Juga : Cara Menghemat Kuota Internet {alertInfo}

2. Gunakan Perangkat Elektronik Hemat Energi

Kita ambil salah satu contoh yaitu lampu, zaman dulu lampu itu kebanyakan masih menggunakan teknologi wolfram sehingga dayanya sangat tinggi. Untuk mendapatkan ruangan yang terang biasanya menggunakan bohlam dengan daya 100 watt. Setelah itu masyarakat mulai berpindah ke lampu hemat energi yang bersinar putih, daya yang dibutuhkan jauh berkurang dari yang biasanya 100 watt bisa hanya menjadi 20 atau 30-an watt. Ditambah lagi zaman sekarang ada teknologi terbaru lagi yaitu lampu LED di mana 20 dan 30 watt tadi bisa setara dengan lampu LED dengan daya yang hanya sekitar 10 watt. Sangat hemat energi!

3. Gunakan Perangkat Elektronik Inverter

Teknologi inverter ini bisa kita temukan di beberapa perangkat yang biasanya berfungsi untuk mendinginkan seperti kulkas dan Air Conditioner (AC). Teknologi ini memungkinkan kita untuk menghemat energi karena peralatannya sudah diprogram untuk itu. Bagaimana cara kerjanya? Contohnya kulkas, jika isi kulkas tidak terlalu penuh maka kompresor tidak perlu terlalu lelah untuk menghasilkan dingin yang berlebihan sehingga teknologi ini bisa diaktifkan agar kompresor hanya menggunakan tenaganya kurang dari 100%. Dengan tenaga yang lebih rendah tapi tetap bisa mendinginkan isi kulkas karena memang kulkasnya tidak penuh. Jika kulkas penuh maka teknologi ini kurang bisa dimanfaatkan secara maksimal atau justru fungsi kulkasnya jadi tidak tepat dan bisa-bisa bahan makanan di dalam kulkas menjadi rusak.

4. Gunakan Perangkat Berstandar SNI

Memilih peralatan elektronik yang sudah teruji sangatlah gampang, kita bisa hanya dengan melihat apakah sudah ada logo SNI di perangkat atau di kemasannya, jika sudah ada maka sudah dipastikan peralatan itu dipastikan aman. Kenapa harus menggunakan peralatan berstandar SNI? Sekarang ini banyak peralatan elektronik abal-abal yang hanya mengandalkan harga yang murah tapi karena kualitasnya yang jelek justru konsumsi listriknya bisa lebih besar dari peralatan elektronik lainnya. Jadi sebaiknya kalian cek peralatan elektronik di rumah apakah sudah berlogo SNI semua atau belum.

5. Buat Sirkulasi Udara Yang Baik di Rumah

Daya AC merupakan daya yang paling besar digunakan di kebanyakan rumah tangga di Indonesia. AC paling sering digunakan saat siang hari karena cuaca mulai panas disebabkan oleh sinar matahari dan juga digunakan saat malam hari saat tidur agar tidurnya lebih nyaman dengan suhu yang pas. Pada siang hari kalian bisa menghemat penggunaan AC dengan membuat sirkulasi udara yang baik di rumah. Jika udara bisa mengalir dengan baik dari depan rumah dan dibuang lewat belakang maka suhu rumah pasti tidak akan sepanas rumah yang aliran udaranya terperangkap. Dengan begitu penggunaan AC bisa berkurang walau hanya sejam dua jam tapi tetap saja itu sudah cukup untuk menghemat energi.

Baca Juga : Provider Internet Rumah Terbaik {alertInfo}

6. Buat Ruang Terbuka Yang Cukup di Rumah

Hampir mirip dengan poin 5 barusan, kali ini adalah untuk menghemat penggunaan lampu di rumah. Usahakan rumah kalian memiliki ruang terbuka yang cukup sehingga di saat siang hari bisa hanya dengan mengandalkan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah untuk menerangi seisi rumah. Kalian juga membuka jendela agar cahaya yang masuk lebih maksimal. Dengan begitu kalian bisa mengurangi penggunaan lampu di siang hari atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali.

Teknologi Inverter dan Solar Panel Hemat Energi


7. Gunakan Energi Matahari

Selain mengandalkan listrik rumah kalian juga bisa mengandalkan energi matahari dengan menggunakan panel surya. Walaupun energi yang didapat tidak sebanyak listrik PLN yang sudah disambungkan ke rumah, tapi ini cukup untuk sekedar menyalakan lampu rumah, menyalakan pemanas air atau peralatan-peralatan rendah daya lainnya. Teknologi ini memang masih mahal saat ini tapi hitung-hitungannya dalam jangka panjang "katanya" masih lebih menguntungkan karena energi matahari bisa didapat secara gratis.

Penutup

Kegiatan positif ini harus ditanamkan sejak kecil dan semuanya dimulai dari lingkungan keluarga dan selanjutnya lingkungan sekitar. Perbuatan kecil untuk menghemat energi bisa memberikan efek yang sangat besar untuk ketahanan energi di dunia ini. Semakin banyak orang yang sadar bahwa energi akan habis jika tidak dikonservasi maka dunia ini akan semakin baik.

2 Komentar

  1. Bagus nih mas saran2nya.
    Soalnya emang banyak banget yang masih males tahu dalam menghemat energi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, padahal penting banget buat generasi selanjutnya di masa depan

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama