RajaBackLink.com

Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi

Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi

Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi
- Pandemi covid-19 sudah datang ke dunia ini sejak akhir tahun 2019 lalu yang awalnya berasal dari suatu daerah di daratan Cina, Wuhan. Virus corona ini sangat cepat menyebar khususnya di negara Cina tersebut dan hingga pada akhirnya merebak ke seluruh penjuru dunia.

Negara kita Indonesia yang awalnya dikatakan "kebal" karena pada saat itu angka positif di Indonesia masih nol sementara negara-negara lain khususnya Asia Tenggara sudah ada banyak kasus positif. Masyarakat Indonesia sempat jumawa saat itu dan benar-benar tidak terlalu ambil pusing dengan bahaya corona.

Hingga pada akhirnya virus corona masuk ke Indonesia dan pasiennya diberi kode angka pada saat itu yang artinya beliau adalah pasien corona nomor berapa. Kabarnya kalau tidak salah awalnya berasal dari pasien yang baru saja datang dari Jepang. Sejak pasien yang pertama itu angka positif di Indonesia meningkat setiap harinya hingga orang penting seperti Menteri Perhubungan pada saat itu pun terkena virus corona.

Lakukan Selalu Protokol Kesehatan 5M

Yang pada awalnya pemerintah Indonesia dan seluruh dunia menggalakkan selalu mengenai protokol kesehatan 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Hingga akhirnya angka positif corona semakin menggila di dunia ini maka pemerintah akhinya menambahkan lagi menjadi 5M yaitu menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Selain itu juga kita harus tetap menjaga tubuh kita tetap sehat dan kuat. Imunitas tubuh kita harus tetap terjaga karena menurut survei kalaupun virus masuk tapi tubuh kita benar-benar fit maka kita bisa tidak terkena dampaknya. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita baik dari dalam maupun luar.

Tips Menjaga Kesehatan dari Dalam dan Luar


Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi

Kali ini saya mau bahas mengenai apa-apa saja yang bisa kita lakukan di tempat masing-masing untuk menjaga kesehatan apalagi di saat pandemi begini.

1. Makan Makanan Bergizi

Yang pertama sudah jelas kita harus makan makanan yang bergizi, kita harus memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh sudah cukup baik dan seimbang atau belum. Dengan mengonsumi buah-buahan dan sayuran juga bisa menambah kompleksitas dari makanan yang kita makan. Semua kebutuhan dapur bisa kalian temukan di Aplikasi Super, super lengkap di sana.

Dan juga jika memang dibutuhkan kita bisa mengonsumsi multivitamin juga untuk penambah vitamin yang masuk ke dalam tubuh kita. Tapi penggunaan multivitamin juga kita harus hati-hati karena penggunaan yang berlebihan justru akan membahayakan kita karena ginjal kita akan diserang.

Maka dari itu dokter hanya menganjurkan mengonsumsi multivitamin jika diperlukan. Jika kita merasa gizi yang kita makan sudah cukup maka tidak perlu lagi menambahkan dari multivitamin yang bisa memberikan efek buruk ke ginjal kita. Dan sebagai informasi jika memang kita harus mengonsumi multivitamin maka sebaiknya rajin minum air putih dan usahakan saat buang air kecil warnanya sampai tidak menguning.

2. Berolahraga

Berolahraga juga masih banyak dilupakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia dengan seribu alasan. Padahal berolahraga tidak perlu berat-berat dan tidak harus menggunakan fasilitas yang ribet untuk memulainya. Yang dibutuhkan adalah konsistensi, semakin sering maka akan semakin baik. Berolahraga selama setengah jam saja setiap hari akan jauh lebih baik jika melakukannya selama 3 jam sekaligus tapi sekali seminggu saja.

Menjaga Kesehatan dengan Berolahraga

Kegiatan berolahraga bisa kita lakukan di luar rumah maupun di dalam rumah. Di luar rumah kita bisa melakukan jogging atau lari kecil di sekitaran komplek rumah. Sebaiknya lakukan di saat pagi atau sore hari dan usahakan di saat tidak terlalu banyak orang agar terhindar dari kerumunan.

Selain itu juga kita bisa memanfaatkan sarana olahraga di luar rumah untuk bermain seperti bulutangkis atau juga berenang. Kita bisa berolahraga sambil bermain yang membuat waktunya semakin tidak terasa. Ditambah lagi jika kita melakukannya bersama keluarga akan semakin seru. Tapi kembali lagi, lakukan di saat yang paling sepi agar menghindari kerumunan.

Itu tadi olahraga yang bisa kita lakukan di luar rumah, kalau kita malas untuk keluar rumah kita juga masih bisa berolahraga di dalam rumah seperti yoga misalnya. Kaum hawa banyak yang menekuni olahraga ini karena baik untuk fisik dan juga pikiran.

Selain yoga juga kita bisa menggunakan alat seperti threadmill untuk berlari. Kalau kita tidak memiliki peralatan olahraga kita juga bisa berolahraga di tempat seperti push up, sit up, crunch dan lainnya. Walaupun hanya berolahraga di tempat tapi fitness tadi cukup mengeluarkan keringat yang cukup banyak.

3. Menyalurkan Hobi

Berkebun Bisa Menghilangkan Stress

Untuk meningkatkan imun tubuh maka salah satu cara adalah kita tidak boleh stress. Dan untuk melepaskan stress kita bisa menyalurkan hobi kita seperti berkebun misalnya. Sejak pandemi mulai merebak, hobi yang satu ini kembali muncul dan banyak digemari orang-orang dan banyak juga dari mereka yang menjadikan sumber mata pencaharian tambahan.

Buat kalian yang punya hewan peliharaan juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stress. Bagi yang memiliki anjing atau kucing bisa bermain drngan hewan peliharaannya. Buat yang punya burung biasanya adalah memandikannya dan bernyanyi bersama. Ada juga yang hobi ikan biasanya dengan memberi makan ikan saja sudah sangat menggemberikan buat para pencinta ikan.

Selain itu juga buat kalian yang hobi main game bisa banget menghilangkan stress dengan bermain game. Tentunya kalian harus memainkan game yang benar-benar fun, hindari game yang kompetitif karena justru akan meningkatkan tingkat stress kalian. Kalian bisa bermain bersama keluarga atau juga memanfaatkan fitur online di beberapa game.

Penutup

Banyak cara untuk menjaga kesehatan dan imun tubuh kita khususnya saat pandemi begini. Intinya adalah setiap individu harus merasa bahagia tanpa stress karena justru di saat kita merasa stress maka penyakit akan semakin mudah untuk masuk. Seimbangkan gizi makanan dan selalu lakukan pola hidup sehat agar semuanya tetap prima dan kita terbebas dari segala penyakit.

4 Komentar

  1. bener banget ini, hindari stress dan berusaha untuk bahagia meski untuk hal-hal sepele

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara gak sadar memang tingkat stress yang banyak buat orang jadi sakit

      Hapus
  2. bener bangeeet nih. jaga kesehatan penting banget, terlebih di masa pandemi gini.
    sehat selalu untuk kita semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga semua selalu sehat-sehat ya mbak. semoga juga dengan vaksinasi pandemi bisa menghilang secepatnya.

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama