Tips Memilih Hunian Apartemen di Jakarta

Tips Memilih Apartemen

Tips Memilih Hunian Apartemen
– Jenis hunian sekarang ini sudah banyak macamnya, dulu yang hanya terbatas di hunian seperti rumah saja dan sekarang sudah banyak alternative hunian selain rumah yang bisa kalian pilih, salah satunya adalah apartemen.

Khususnya buat kalian yang hidup dan bekerja di ibukota seperti Jakarta, apartemen bisa menjadi pilihan terbaik karena harga sewa apartemen yang cenderung lebih murah dan juga memiliki keunggulannya dibandingkan dengan hunian rumah tapak biasa.

Tips Memilih Hunian Apartemen

Sebelum kalian memutuskan untuk memilih apartemen sebagai hunian atau kalian mau sekedar mencari referensi sebagai pembanding dengan jenis hunian lainnya, berikut ini hal-hal yang perlu kalian perhatikan kalau kalian mau menyewa apartemen.

Lokasi

Mau hunian jenis apapun ntah itu rumah, kos atau apartemen sudah pasti melihat posisi adalah kepentingan nomor satu. Jangan karena mau mencari harga yang murah tapi rela mendapatkan tempat tinggal yang jauh dari kantor yang akibatnya kalian bisa hanya tua di jalan.

Untuk kota-kota besar seperti ibukota Jakarta, apartemen memiliki keunggulan yang mungkin sangat sulit ditandingi oleh rumah tapak yaitu soal lokasinya yang biasanya ada di tengah kota. Lokasi yang strategis menjadi daya Tarik maksimal buat penghuni apartemen karena tidak akan merasakan Lelah saat berangkat atau pulang kantor karena jarak yang dekat.

Fasilitas Apartemen

Setiap apartemen memiliki fasilitasnya masing-masing dan berbeda-beda. Fasilitas yang paling umum diberikan oleh apartemen adalah seperti Gedung parkir, kolam renang, café atau kantin dan lain-lain. Tapi ada juga beberapa apartemen yang sampai memberikan fasilitas seperti gym atau salon di dalamnya.

Semakin banyak fasilitas yang diberikan tentunya membuat penghuni semakin betah untuk tidak keluar hunian sering-sering. Banyaknya fasilitas juga sudah pasti berbanding lurus dengan harga sewa apartemen yang ditawarkan, tinggal kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian.

Fasilitas Umum

Tidak hanya fasilitas dalam apartemen saja yang perlu kalian perhatikan, fasilitas umum di sekitar apartemen juga bisa menjadi poin pertimbangan penting saat kalian mau melakukan sewa apartemen. Fasilitas umum yang wajib ada di sekitar hunian kalian adalah seperti pusat perbelanjaan, sarana transportasi dan rumah sakit.

Fasilitas umum lain yang bisa menunjang kehidupan kalian juga bisa melengkapi walaupun yang utama adalah yang kita bahas barusan. Lokasi apartemen yang strategis biasanya sudah bisa menjangkau fasilitas-fasilitas umum barusan hanya dalam beberapa menit. Bahkan sudah banyak apartemen yang bisa menjangkau sarana transportasi seperti halte busway atau LRT hanya dengan berjalan kaki.

Akses

Bukan hanya lokasi yang menentukan kenyamanan sebuah apartemen, akses untuk mencapainya juga harus mudah. Apartemen yang baik adalah apartemen yang bisa didapat dengan menggunakan minimal satu jenis transportasi seperti busway, kereta atau pun angkot.

Kemudahan akses ini meningkatkan kenyaman dan rasa aman dari penghuni karena tidak perlu pusing-pusing mencari kendaraan umum kalau memang tidak menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi yang rawan banjir juga menghambat akses sebuah apartemen maka sebaiknya pilihlah apartemen yang tidak banjir. Walaupun unit kalian ada di atas dan memang tidak akan kebanjiran tapi setidaknya banjir di area bawah apartemen akan menyulitkan kalian untuk masuk dan tentunya berbahaya.

Tipe

Tipe apartemen yang bisa kalian sewa atau huni bermacam-macam, ada yang tipe studio yang isinya hanya satu ruangan dan satu kamar mandi. Satu ruangan ini sudah mencakup semua area komunal kalian, ruang santai, ruang tidur, ruang keluarga dan dapur digabung menjadi satu. Buat kalian yang masih lajang maka apartemen tipe studio ini akan sangat cocok karena ruangannya compact dan lebih rendah perawatan.

Kalau kalian sudah berkeluarga, di atas tipe studio juga ada tipe apartemen dengan kamar tidur di dalamnya sehingga kamar tidur dan ruang lainnya terpisah. Ruangan dengan kamar tidur biasanya menyediakan mulai dari satu hingga ada yang tiga kamar tidur. Buat keluarga yang mempunyai anak lebih dari satu bisa memilih tipe ini.

Harga

Semua aspek-aspek tadi sudah pasti akan mempengaruhi harga apartemen ataupun sewanya. Semakin lengkap fasilitasnya, semakin gampang aksesnya, semakin besar areanya maka harga sewa apartemennya akan tinggi.

Jika kalian mau menyewa apartemen juga bisa, jadi tidak harus membeli tapi kalian menyewa, sama dengan menyewa kontrakan rumah biasa saja. Sewa apartemen tahunan sudah banyak ada di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Sebagai informasi, biasanya untuk tipe studio yang terkecil bisa disewa mulai dari 24 juta rupiah per tahunnya.

Penutup

Sebaiknya kalian jika belum pernah tinggal di apartemen ada baiknya kunjungi dulu apartemen incaran kalian, lihat situasi di sana apakah aspek-aspek tadi sudah sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian. Jika masih ragu juga kalian bisa mencobanya dengan menyewa beberapa bulan saja dan jika dirasa oke maka kalian bisa melanjutkan tinggal di sana untuk waktu yang lebih lama lagi.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama