RajaBackLink.com

8 Tips Pemula Pengguna Nintendo Switch

Tips Pemula Pengguna Nintendo Switch

Tips Pemula Pengguna Nintendo Switch
 - Buat kalian yang baru saja meminang Nintendo Switch sebagai konsol terbaru kalian mungkin ada beberapa pertanyaan yang mengganjal saat akan meminang atau bahkan saat sudah membeli dan mencobanya. Pertanyaan-pertanyaan ini juga banyak sekali diutarakan di grup facebook khususnya buat mereka yang belum pernah memiliki konsol Nintendo.

Tips Pemula Pengguna Nintendo Switch

Beberapa pertanyaan berikut ini ada yang hanya pertanyaan simple saja tapi tetap saja banyak orang yang belum mengetahuinya. Kita langsung cek saja satu per satu.

1. Pilih Lite atau Regular

Sebelum membeli pasti pertanyaan pertamanya adalah mau yang lite atau regular, malah sekarang ditambah lagi ada varian yang terbaru yaitu OLED. Untuk menentukan bagian ini tinggal disesuaikan dengan cara bermain kalian saja apakah akan lebih sering memainkannya dengan cara dibawa ke mana-mana atau lebih senang memainkannya melalui TV. Kalau untuk versi OLED lain cerita lagi karena hanya berbeda di segi tampilan visualnya saja dan itu tidak terlalu berbeda. Beberapa waktu lalu juga blog anakdomba sudah pernah membahas lebih detail apakah harus memilih versi regular atau lite.


2. Game Nintendo Switch Tidak Regional Locked

Kalau kalian membeli game Nintendo Switch maka di kotak dan cartridgenya akan ada penanda game itu untuk regional mana apakah EUR (Europe), US (Amerika Serikat) dan lainnya. Tapi apakah konsol US harus menggunakan cartridge US saja dan tidak bisa menggunakan regional lain? Jawabannya tidak. Konsol Nintendo Switch bisa memainkan game dari regional mana pun jadi kalian tidak perlu khawatir dengan hal ini.

3. Aksesori Yang Penting

Banyak sekali aksesori yang bertebaran untuk melengkapi pengalaman kalian memainkan Nintendo Switch. Tapi tidak semua aksesori sebenarnya dibutuhkan dan bisa menunjang performa Switch dengan baik.Belum lagi Nintendo Switch termasuk konsol yang bisa menghabiskan kocek sangat banyak. Jadi untuk menghindari kantong boncos mungkin kalian bisa pilah dulu mana yang sangat berguna seperti hardcase, screen protector, case grip atau yang lainnya.

Baca Juga : 5 Aksesori Penting Nintendo Switch {alertInfo}

4. Memory Card

Memory Card Nintendo Switch

Untuk kalian penyuka game digital pasti membutuhkan memory card tambahan karena memory internal Nintendo Switch hanya 32 GB yang sangat tidak mungkin untuk mengoleksi banyak game-game seru di Nintendo Switch. Memory Card yang digunakan untuk Nintendo Switch juga bermacam-macam, ada yang keluaran khusus Nintendo Switch tapi harganya yang selangit, bisa hampir dua kali lipat memory card biasa. Sebenarnya tidak perlu harus yang menggunakan logo Nintendo Switch kecuali kalian suka mengoleksinya juga.

5. Game Digital atau Fisik

Untuk memilih game juga bisa kalian sesuaikan sendiri apakah digital atau fisik. Harga yang ditawarkan untuk peluncuran pertama bisa dibilang sama antar keduanya, tergantung rate dolar jika kalian membeli versi digital. Untuk potongan harga biasanya eshop memberikan potongan harga yang cukup besar setiap tahunnya untuk game-game yang memang sudah lama diluncurkan dan bukan merupakan game andalan Nintendo. Blog anakdomba juga sudah pernah membahas mengenai hal ini, sebaiknya kalian harus memilih game fisik atau digital.


6. Pembayaran Game Digital

Pembayaran Game Digital Nintendo Eshop

Untuk metode pembayaran game digital di eshop kalian bisa menggunakan beberapa cara apakah mengisi dompetnya dengan dolar atau langsung membayarnya dengan kartu kredit. Saya pribadi biasanya langsung menggunakan kartu kredit, tanpa ribet. Kalian bisa mengisi dompet eshop kalian dengan menggunakan jasa isi yang ada di Indonesia seperti di Tokopedia, Jenius atau cara lainnya. Sebagai tips juga saat melakukan pembayaran kalian bisa memilih postal code di beberapa daerah di Amerika Serikat untuk menghindari tambahan harga game melalui pajak.

7. Online Shop Aman Terpercaya

Online shop ada yang seller langsung seperti melalui Instagram ataupun melalui marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Saya biasanya melakukan transaksi di Tokopedia dan kebetulan pertama kali saya membeli konsol Nintendo Switch dan gamenya di toko Butik Games. Selain Butik juga masih banyak beberapa seller besar yang pastinya aman dan terpercaya seperti PSE, Drakuli, Waroeng Game dan masih banyak lagi.

8. Tips Pengisian Daya

Untuk pengisian daya juga masih banyak pengguna yang ragu bagaimana cara yang tepat apakah dicharge  dan setelah penuh harus langsung dicabut atau tidak. Beberapa waktu belakangan ini Nintendo secara resmi menyatakan bahwa konsol Nintendo aman tetap dalam keadaan dicolok ke listrik walaupun baterainya sudah diisi penuh. Hanya saja sebaiknya untuk menghindari kerusakan kalian sebaiknya mencabutnya setelah penuh karena takut ada arus yang naik turun di aliran listrik rumah kalian yang bisa berakibat kerusakan ke alat elektronik.

Penutup

Itu tadi beberapa pertanyaan yang masih banyak mengganjal di beberapa pengguna Nintendo Switch khususnya mereka yang baru saja memilikinya. Semoga tips-tips di atas bisa membantu sedikit pertanyaan kalian.

2 Komentar

  1. Nunggu murah dulu mau beli yg second, ngiler sama koleksi JRPG-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah murah banget kok sekarang mas. jauh banget dari harga saya beli dulu pas corona :D

      Hapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama